Sukses

Opie Kumis: Jadi Pelawak Jangan Mudah Tersinggung

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia, regenerasi pelawak Tanah Air telah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Hal itu juga disadari oleh salah satu komedian senior terkenal, Opie Kumis.

Beruntung, wajah Opie Kumis masih sering muncul bersama para pelawak muda di layar kaca. Lihat saja penampilannya bersama Raffi Ahmad hingga Ruben Onsu di berbagai stasiun televisi.

Rupanya, Opie Kumis punya rahasia di balik penampilannya yang masih eksis hingga sekarang. Terdengar sederhana, seniman 58 itu rupanya tak mudah tersinggung dengan perkataan orang lain.

"Begini, yang penting kita jadi pelawak jangan ketersinggungan," ujar Opie Kumis saat ditemui di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).

 

2 dari 3 halaman

Tua Tak Laku

"Sekarang yang laku kan bukan yang tua, tapi yang laku Raffi Ahmad, Ruben (Onsu), yang muda-muda. Yang tua diundang ke rumah dia sebagai tamu, kalau dia bilang, 'Eh sepatu lu buka, ini ubin gua cakep', jangan tersinggung," lanjut Opie Kumis.

 

3 dari 3 halaman

Berbaur

Kata Opie Kumis, tak ada pilihan lain bagi para pelawak senior selain berbaur dengan yang muda. Maklum saja, persaingan para seniman di dunia hiburan saat ini memang tergolong sengit.

"Karena kalau pelawak tua cepat tersinggung, sudah, enggak ada yang pakai. Itu kuncinya agar anak muda bilang, 'ajak Bang Opie saja, dia enggak ketersinggungan'. Kalau kita ketersinggungan, anak muda ngeri sama kita. Musti berbaur sama yang muda," tutup Opie Kumis.