Sukses

Minta Maaf soal Ucapan tentang Depresi, Baekhyun EXO Dipuji

Liputan6.com, Seoul - Baekhyun EXO baru-baru ini menjadi sorotan publik karena komentar yang ia nyatakan mengenai depresi dalam sebuah jumpa penggemar akhir 2017 lalu. Kala itu, ia tengah menanggapi pernyataan seorang penggemar yang mengaku tengah mengalami depresi.

Baekhyun EXO mengatakan bahwa ia tidak mengerti bagaimana seseorang bisa mengalami depresi.

"Aku tidak mengkritik. Aku tahu kalian tidak dapat memaksa diri kalian untuk memikirkan hal yang baik, tapi banyak orang baik di sekitar kalian. Kalian punya teman dan kalian punya aku dan member lainnya," tutur Baekhyun EXO kala itu.

 

Namun, sebagian warganet justru merasa ucapan ini tidak pantas, terutama karena rekannya di SM Entertainment, Jonghyun SHINee, baru meninggal dunia lantaran bunuh diri setelah mengalami depresi berkepanjangan.

Padahal, sang penggemar yang berbicara dengan Baekhyun EXO itu sudah menegaskan bahwa konteks kalimat pelantun "Dream" ini tidak bermasalah. Dilansir dari Koreaboo, Selasa (2/1/2018) penggemar tersebut bahkan merasa mendapat semangat dari ucapan Baekhyun.

Soompi juga melaporkan bahwa pangkal dari kontroversi ini terjadi karena ada warganet yang memotong ucapan lengkap dari Baekhyun EXO. Alhasil, perkataan Baekhyun tersebut menjadi melenceng dari konteks yang seharusnya.

 

1 dari 3 halaman

Permintaan Maaf Baekhyun EXO

Tak ingin kontroversi ini terus melebar, Baekhyun EXO akhirnya mengutarakan permohonan maaf lewat Instagram pribadinya. Pertama-tama, ia mengatakan bahwa beberapa waktu belakangan, ia merasa membicarakan topik depresi adalah satu hal yang sangat sensitif.

Namun, saat berbicara dengan sang penggemar yang depresi tersebut, Baekhyun merasa khawatir, dan ingin bertindak menolongnya. Pasalnya, sang penggemar banyak membicarakan hal yang kelam dan menyedihkan.

"Aku ingin memberinya saran, sesuatu yang dapat menolongnya secara cepat. Aku ingin menolongnya di waktu susah ini. Aku ingin bertindak cepat dan menolongnya," tulis Baekhyun.

Dalam keadaan mendesak itu, Baekhyun mengatakan ia tidak berpikir panjang dalam menyusun kata-kata. "Aku tidak punya waktu untuk mempersiapkan pikiranku. Aku mengeluarkan kata-kata itu tanpa pengalaman atau berpikir panjang. Aku sangat menyesal dengan pilihan kata yang kugunakan hari itu. Aku hanya ingin menjadi penyemangatnya saat itu," tulisnya menambahkan.

Terakhir, ia mengatakan bahwa ia sebenarnya juga khawatir saat menulis pernyataan maaf ini. "Saat menulis ini, aku takut akan ada kesalahan dalam surat ini. Namun, aku hanya ingin menyatakan permintaan maaf," tuturnya. Ia juga berjanji tidak akan melakukan hal serupa ke depannya.

 

2 dari 3 halaman

Dipuji

Permintaan maaf Baekhyun EXO ini kemudian mendapat tanggapan positif dari warganet. Komentar dukungan terhadap Baekhyun bahkan mendapat dukungan mencapai ribuan upvotes, termasuk karena keberaniannya meminta maaf.

"Ingatlah bahwa banyak yang mencintai dan menyemangatimu," tulis seorang warganet dalam sebuah artikel di Naver, yang mendapat lebih dari 20 ribu upvotes.

"Terima kasih atas keberanianmu," tutur warganet lain dengan 13 ribu upvote.

Artikel Selanjutnya
Jadi Mantan Personel EXO, Luhan Masih Dapat Ucapan Ulang Tahun dari EXO-L
Artikel Selanjutnya
EXO-CBX dan Sehun Sedang Ada Masalah?