Sukses

Kesehatan Jet Li Menurun, Penyebabnya Bikin Ngeri

Penyakit yang diidap Jet Li berpengaruh kepada jantungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Jet Li sempat dikabarkan menurun pada pertengahan 2017. Aktor laga sekaligus atlet wushu itu memang saat ini telah memasuki 54 tahun, usia rawan bagi yang kurang pandai dalam menjaga kesehatan.

Aktor kelahiran 26 April 1963 ini diketahui mengidap penyakit hyperthyroid sejak 2013, yang sempat memburuk pada 2016. Penyakit yang diidap Jet Li itu berpengaruh pada jantungnya. Ini adalah akibat mengonsumsi obat-obatan secara rutin. Sehingga, ia tidak bisa menjalani olahraga berat.

Bintang Film Jet Li (kanan) memberi salam kepada Menpora Imam Nahrawi pada Pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (13/11/2015) WIB. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun).

Dikabarkan media Singapura Toggle.sg, beberapa waktu lalu, kondisi fisik mantan juara wushu itu memburuk karena dampak dari film action yang ia bintangi sejak lama. Kondisi tersebut mempengaruhi tulangnya, hingga muncul rumor bahwa ia harus menggunakan kursi roda.

Namun begitu, rumor tersebut dibantah Jet Li, disampaikan Toggle.sg. Ia ternyata masih bisa berjalan tanpa alat bantu itu. Sejatinya, dokter memperingatkan Jet Li untuk berhenti membintangi film laga jika sang aktor tak ingin berakhir menggunakan kursi roda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ingin Dikhawatirkan

Jet Li. (Bintang/EPA)

"Tak ada yang perlu dikhawatirkan soal kesehatan saya. Akhir-akhir ini banyak yang memberitakan jika saya akan duduk di kursi roda," ujar Jet Li pada Straits Times. "Bahkan teman saya khawatir dan bertanya-tanya soal keadaan saya. Saya tidak tahu perusahaan kursi roda mana yang memberitakan seperti itu," ujarnya lagi.

Selain itu, aktor laga asal Hong Kong yang kerap tampil di film-film Hollywood itu sempat dikabarkan meninggal dunia pada 13 Juli 2017. Kabar meninggal itu pertama kali dimuat di situs Nicropedia yang ternyata adalah hoaks. Jet Li sendiri memang seringkali diberitakan meninggal dunia.

Duta Wushu Dunia Jet Li memberi salam kepada tamu saat acara pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, (13/11/2015). Kejuaraan Dunia Wushu  diikuti 904 atlet dari 74 negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar

Meskipun kesehatannya telah menurun, Jet Li belum berencana pensiun dari dunia hiburan dalam waktu dekat. "Andai saya pensiun sekarang, saya akan terikat dengan kursi roda nantinya. Namun, andai saya tidak pensiun, nantinya saya akan memiliki kursi roda berlian," ujarnya, disampaikan Toggle.sg.

Jet Li sendiri memang sudah mulai jarang terlihat berakting di film-film laga. Ia sempat dikabarkan lebih berfokus pada pemulihan kesehatannya sembari membaca kitab suci Budha. Doa dari para penggemar terus mengalir kepada aktor yang telah membintangi puluhan film itu.

3 dari 3 halaman

Ingin Muda Secara Mental

Merebaknya kabar hoax di dunia hiburan membuat banyak pihak harus lebih berhati-hati dalam menerima informasi. Pasalnya baru saja tersebar berita mengenai meninggalnya Jet Li yang ternyata hoax juga. (AFP/Bintang.com)

Namun begitu, pada 2016 ia ternyata sempat menyatakan bahwa dirinya telah pulih dari penyakitnya. Jet Li juga pernah meluruskan bahwa dirinya menerima sedikit tawaran film karena sibuk dengan pekerjaan amal, bukan karena kondisi kesehatannya, dikabarkan Straitstimes.com.

Selain itu Jet Li juga mengaku sangat ingin mendapatkan kembali masa mudanya secara mental, bukan secara fisik. "Saya merasa yang terpenting adalah pola pikirmu. Kamu bisa menjalani operasi kosmetik agar terlihat lebih muda, tapi apa gunanya jika kau berpikir seperti orang tua. Tapi kau bisa berusia 80 tahun, bersikap positif dan masih memiliki pandangan orang muda."

Terakhir kali, Jet Li tampil dalam film League of Gods yang dirilis pada 2016 lalu. Di film laga fantasi itu, ia menjadi tokoh utamanya yang bernama Jiang Ziya, seorang bijaksana yang membantu para protagonis, namun ia dipengaruhi oleh mantra yang membalikkan usianya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini