Sukses

Cerita Memes Jalani Penataran Isi Pancasila Selama 100 Jam

Memes masih ingat betul isi butir-butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) yang ia terima hampir 30 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2016 kemarin, untuk pertama kalinya Hari Lahir Pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni.

Peringatan tersebut pun sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting Pancasila sebagai ideologi bangsa ini. Terutama bagi generasi muda saat ini yang jauh lebih milenial.

 Memes [foto: instagram.com/memes605]

Namun, cerita berbeda dialami oleh penyanyi senior Memes. Pelantun "Terlanjur Sayang" itu mengaku pernah menjalani penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) selama 100 jam saat masih duduk di bangku perkuliahan.

"Bagi generasi lalu masih ingatkah kita saat mengikuti Penataran P4? Saya Indonesia, saya Pancasila! Pernah ikut penataran P4 selama 100 jam?sy pernah, waktu pertama masuk kuliah di 29 thn lalu," ungkap istri Addie MS tersebut di akun Instagramnya, Kamis (1/6/2017).

Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sendiri dibentuk pada masa orde baru yang bertujuan untuk membuat masyarakat bisa menghayati dan mengamalkan isi Pancasila. P4 menjabarkan kelima asas dalam Pancasila menjadi 36 butir dan kini telah berkembang menjadi 45 butir.

 Memes Jalani Penataran Isi Pancasila Selama 100 Jam Saat Kuliah.

Meski penataran itu sudah hampir 30 tahun lalu dialaminya, Memes masih ingat betul semua butir P4 yang kemudian dia jabarkan satu per satu ke Instagram pribadinya. "Sbg pengingat, kukirimkan ulang butir-butir Pancasila yg sdh lama dilupakan agar ada jejak digitalnya," papar Memes.

Butir-butir P4 tersebut ia unggah bersama sebuah foto dirinya mengenakan kebaya putih sambil memegang sebuah kipas di dadanya sebagai bentuk penghormatannya untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.