Sukses

Soal Insiden Memalukan, Penyelenggara Piala Oscar 2017 Minta Maaf

Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku penyelenggara Piala Oscar 2017, akhinya meminta maaf atas salah sebut pemenang.

Liputan6.com, Los Angeles - Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences baru saja menyampaikan permohonan maaf atas insiden salah sebut pemenang Piala Oscar 2017 kategori Film Terbaik (Best Pictures) di ajang Academy Awards ke-89. Mereka pun menghaturkan permintaan maaf kepada pemain serta kru La La Land dan Moonlight yang sempat tertukar sebagai pemenang.

Disampaikan CBC News, Selasa (28/2/2017), permohonan maaf dari pihak Academy Awards disampaikan setelah perusahaan akuntan PwC yang bertanggung jawab atas integritas Piala Oscar 2017, mengakui kesalahan yang dilakukan staf mereka. Disampaikan bahwa mereka menyesal tidak langsung bergerak cepat untuk memperbaiki kesalahan terbesar dalam sejarah Piala Oscar itu.

Produser La La Land, Jordan Horowitz membacakan pemenang film terbaik Oscar 2017 jatuh pada film Moonlight di Hollywood, California, AS (26/2). Film Moonlight akhirnya dinobatkan sebagai film terbaik di ajang Oscar 2017. (AFP/Mark Ralston)

"Kami sangat menyesali kesalahan yang dibuat selama presentasi kategori film terbaik selama penghargaan Oscar tadi malam. Kami meminta maaf kepada seluruh pemain dan kru La La Land dan Moonlight yang memiliki pengalaman berat akibat kesalahan ini," kata pihak Academy dalam sebuah pernyataan pada Senin (27/2/2017) lalu.

Tak hanya kepada para pemain dan kru kedua film tersebut. Pihak Academy juga meminta maaf kepada Warren Beatty dan Faye Dunaway yang membacakan pengumuman pemenang di depan podium. Pihak Academy juga meminta maaf kepada para penggemar di seluruh dunia yang menonton acaranya.

Produser La La Land, Jordan Horowitz (kiri) berpelukan dengan sutradara Moonlight, Barry Jenkins usai kesalahan pembacaan pemenang film terbaik di ajang Oscar 2017 di Hollywood, California, AS (26/2). (AFP/Getty Images/Kevin Winter)

Insiden salah sebut pemenang di Piala Oscar 2017 itu terjadi ketika Warren Beatty dan Faye Dunaway membacakan pemenang kategori puncak, Film Terbaik. Namun, Warren Beatty tampak kebingungan saat akan menyebutkan judul film pada kartu yang dipegangnya. Alhasil, Faye Dunaway yang hanya melihat sekilas kartunya, langsung menyebut La La Land sebagai pemenangnya.

Ternyata, ada yang tidak beres dengan kartu dalam amplopnya hingga membuat Warren bingung. Di situ tertera tulisan "Emma Stone - La La Land", namun baru diketahui setelahnya. Ketika kru dan para pemain La La Land naik untuk menyampaikan pidatonya, terdapat hiruk pikuk di bagian belakang panggung.

Produser La La Land, Jordan Horowitz lalu mengumumkan pemenang sesungguhnya. "Ada kesalahan. Moonlight, kalian memenangkan Film Terbaik. Ini bukan lelucon," ujarnya kala itu. Alhasil, Moonlight pun memenangkan Piala Oscar 2017 kategori Film Terbaik.

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.