Sukses

Mengenal Aci Resti, Komika Wanita Pesaing Arafah di SUCA 2

Liputan6.com, Jakarta - Nama Arafah Rianti melesat dari panggung Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA 2) Indosiar. Gadis yang baru berusia 18 tahun ini tengah ramai diperbincangkan banyak orang dalam sebulan terakhir.

Setelah tampil nyeleneh sejak audisi SUCA 2 ditayangkan Indosiar Juli lalu, Arafah makin menunjukan tajinya hingga sampai ke Babak 21 Besar. Gaya bicaranya yang unik, materi stand up-nya yang absurd, dan wajahnya yang cantik, jadi paket lengkap. Syahdan, Arafah jadi magnet SUCA 2 dan diidolakan banyak pecinta stand up comedy.

Arafah Peserta SUCA 2

Namun, banyak orang lupa. Di SUCA 2, ada dua komika wanita lainnya. Mereka adalah Istiqomah (Cianjur) dan Aci Resti (Tangerang). Nama pertama sudah gantung mic pada Babak 35 Besar. Dan yang terakhir masih bertahan, bahkan mengikuti jejak Arafah lolos ke Babak 14 Besar pada Rabu (17/8/2016) malam.

Pada penampilan terakhirnya semalam, Aci Resti sukses mencuri perhatian para juri, mentor, dan penonton. Bagaimana tidak, Aci Resti membawakan materi tentang kegelisahannya melihat Arafah terus diliput media, sementara dirinya tidak. Kerennya, Aci Resti menyampaikannya dengan santai. Juri, mentor, dan penonton pun tak merasa Aci Resti iri atau cemburu pada kesuksesan Arafah. Mereka justru salut pada keberanian Aci.

Seakan makin dramatis, Arief Didu mentor Aci, ternyata menangis menyaksikan penampilannya. Arief mengaku takut anak didiknya close mic, mengingat Grup 3 seperti grup neraka. Disini, bercokol Coki Pardede (Depok) yang sudah mapan sebagai komika, dan Anyun (Bandung), salah satu yang difavoritkan bakal juara SUCA 2.

Aci Resti (Instagram)

Aci Resti sendiri mengatakan ia ingin tampil maksimal, walau hari ini mungkin kesempatan terakhirnya di kompetisi. Aci Resti akhirnya tampil tanpa beban dengan materi fresh, ekspresif, plus logat Betawi yang kental. Aksinya ini mendapat pujian para juri. Ditambah penilaian bagus di battle comic 'rules of three', Aci Resti pun dinyatakan lolos ke Babak 14 Besar.

Lolosnya Aci Resti membuat namanya kini mulai diperhitungkan. Sebelumnya, Aci Resti memang dipandang remeh karena kalah populer dibanding Arafah. Padahal, seperti diungkap salah satu juri, Ernest Prakasa, jika bicara materi dan kualitas stand up, Aci Resti sebenarnya jauh lebih baik dari komika asal Depok tersebut.

Resti Surtika, nama panjang Aci, kelahiran Tangerang, 12 Agustus 1997 (usianya sama dengan Arafah, kelahiran 2 September 1997). Meski cuma lulusan SMK, tak lantas membuat Aci Resti minder. Aci Resti membuktikan bisa bersaing sehat dengan Arafah, bahkan juga dengan komika pria lainnya.

Sementara itu, tiga juri SUCA 2; Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, dan Ernest, menantang Aci bisa terus melaju sampai ke Babak 5 Besar dan menjanjikan akan memberikan sebuah motor. Akankah Aci bisa menjawab tantangan ini? Yuk, kita doakan saja. (Puj/Gie)