Sukses

6 Peran Ikonis Aming di Jagat Hiburan

Peran Aming yang khas di jagat hiburan sulit dilupakan oleh publik. Ini adalah enam di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Aming Supriatna Sugandhi atau lebih dikenal dengan Aming merupakan komedian yang lahir di Jakarta, 35 tahun yang lalu. Namanya mulai terkenal sejak ia bermain dalam acara komedi di salah satu stasiun televisi swasta.

Baru-baru ini, nama Aming kembali menjadi perbincangan hangat lantaran pernikahannya yang berlangsung pada Sabtu (4/6/2016) di Bandung. Lepas dari kabar yang meluas mengenai pernikahan tersebut, mari kita bahas kehebatan Aming di dunia akting yang membesarkan namanya.

Kehebatan Aming dalam industri hiburan patut diperhitungkan lantaran perannya yang sangat khas. Hampir di setiap judul film atau acara TV, ia berperan sebagai wanita pria (waria). Peran tersebut pun menjadi sulit dilupakan dan begitu melekat pada diri Aming.

Sejenak melupakan isu hangat mengenai pernikahan dirinya dengan Evelyn Nada Anjani atau Kevin, ini merupakan enam peran ikonis yang dilakukan Aming dalam jagat hiburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Variety Show Extravaganza

1. Variety Show Extravaganza

Extravaganza merupakan variety show yang ditayangkan pada salah satu stasiun televisi swasta, 2004 - 2009 lalu. Berkat acara ini, nama Aming mulai dikenal oleh publik dan rekan sesama pekerja industri hiburan.

Melalui acara itu pula, Aming terbiasa berperan sebagai wanita pria atau waria. Berbagai kostum khas waria pun sudah pernah dikenakan oleh pria kelahiran Jakarta ini. Mulai dari syal bulu hingga bulu mata palsu warna warni, sudah ia kenakan secara bergilir.

Aming dalam program komedi Extravaganza. (Youtube)

Bersama sejumlah bintang ternama, seperti Indra Birowo, Virnie Ismail, Rony Dozer, Tike Priatnakusumah, Ronal Surapradja, dan Sogi Indra Dhuaja, dan Tora Sudiro, Aming berhasil membuat acara komedi tersebut diterima oleh publik dan menjadi salah satu ikon di industri hiburan.

3 dari 7 halaman

2. Video Klip Jangan Ganggu Banci

2. Video Klip Jangan Ganggu Banci

Lagu karya Project Pop ini dirilis pada 2005 dengan Aming sebagai bintang video klip. Seperti lagu-lagu Project Pop yang lain, lagu ini juga sarat dengan kesan komedi. Video itu pun dibawakan dengan ciamik oleh Aming.

Aming dalam video klip

Dalam video tersebut, Aming berperan sebagai seorang waria yang bersikap galak. Dengan pakaian mini, aksesori kepala, dan syal bulu bernuansa merah, riasan wajah dempul, dan rambut pendek ikal, Aming tampak mengerahkan seluruh tenaganya agar dapat tampil maksimal dalam video tersebut.

Video berdurasi kurang lebih tiga menit tersebut berhasil membuat publik jatuh cinta dengan lagu tersebut. Penampilan Aming dalam video itu pun berhasil melekat erat dalam ingatan penonton.

4 dari 7 halaman

3. Quickie Express

3. Quickie Express

Quickie Express merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Dimas Djayaningrat dan dirilis pada 2007. Aming membintangi film ini bersama dua pemeran utama lainnya, yaitu Tora Sudiro dan Lukman Sardi.

Dalam film bergenre komedi dewasa tersebut, Aming, Tora, dan Lukman berperan sebagai gigolo atau pekerja seks komersial yang berjenis kelamin laki-laki. Dalam film tersebut, Aming berambut gimbal dan mengenakan topi ala pemusik reggae.

 Aming dalam film Quickie Express. (Youtube)

Dengan badan kurus kering dan ekspresi polos, Aming berhasil membuat film tersebut semakin diwarnai oleh gelak tawa penonton. Meski bukan peran utama satu-satunya dalam film ini, Aming sukses menyempurnakan kesan jenaka dalam film tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Doa yang Mengancam

4. Doa yang Mengancam

Doa yang Mengancam merupakan film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dirilis pada 2008. Aming mendapat peran utama dalam film ini. Berbeda dari perannya di sejumlah judul film, video klip, dan acara televisi, kali ini Aming berperan sebagai pria tulen, bukan waria.

Aming dalam film Doa yang Mengancam. (Youtube)

Aming berperan sebagai Madrim, seorang kuli angkut pasar yang sengsara hidupnya tiba-tiba berubah 180 derajat karena keajaiban. Rambut ikal khas Aming pun tidak terlihat dalam film ini. Yang ada justru rambut lurus berantakan. Bukan pula riasan tebal yang melekat pada wajah Aming seperti biasanya, melainkan tampilan lusuh dan kumal.

Dalam film yang skenarionya ditulis oleh Jujur Prananto tersebut, Aming berakting dengan sejumlah bintang terkenal Tanah Air, seperti Titi Kamal, Ramzi, dan Nani Widjaja. Totalitas Aming dalam film ini seakan membuat kesan waria yang melekat pada dirinya terlepas sementara.

6 dari 7 halaman

5. Madame X

5. Madame X

Madame X disutradarai oleh Lucky Kuswandi dan dirilis pada tahun 2010. Dalam film ini, Aming kembali menjadi seorang waria, seperti biasanya. Kali ini, Aming berperan sebagai seorang superhero.

Dengan pakaian ketat berwarna hitam yang mirip dengan kostum Cat Woman, Aming menunjukkan kemampuan bela dirinya di depan kamera. Lengkap dengan wig panjang berwarna putih dan riasan wajah tebal, Aming kembali dengan ciri khasnya selama ini.

 Aming dalam film Madame X. (Youtube)

Sejumlah bintang terkenal lain juga terlibat dalam film ini, seperti Marcell Siahaan, Shanty, Sarah Sechan, dan Fitri Tropica. Sebelum menjadi seorang superhero, sejatinya Aming berperan sebagai seorang penata rambut yang kemayu atau tampil seperti wanita.

7 dari 7 halaman

6. The Wedding & Bebek Betutu

6. The Wedding & Bebek Betutu

The Wedding & Bebek Betutu adalah sebuah film komedi Tanah Air yang disutradarai oleh Hilman Mutasi dan ditulis oleh Tantri Arinta dan S Tomo. Film yang merupakan proyek pertama para pemain Extravaganza ini dirilis pada akhir 2015.

Dalam film ini, Aming berperan sebagai seorang wedding organizer bernama Tingtong. Aming terlihat bergaya nyentrik dalam film tersebut. Dengan kacamata bulat unik, pakaian dan gaya rambut yang unik, akting Aming tampak menakjubkan seperti biasanya.

 Aming dalam film The Wedding and Bebek Betutu. (Youtube)

Film ini merupakan ajang reuni para pemain variety show Extravaganza. Hampir seluruh pemain variety show tersebut tampil dalam film ini. Tora Sudiro, Sogi Indra Dhuaja, Tike Priatnakusuma, dan Ronal Surapraja merupakan sebagian pemeran yang turut tampil dalam film tersebut. (Rin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.