Sukses

Mars Syuting di Oxford, Anis Baswedan: Indonesia Harus Bangga

Anies Baswedan menyebut pesan-pesan positif yang terkandung di film Mars bisa menjadi motivasi anak-anak Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, merayakan hari ulang tahunnya yang ke 47 tahun tepat di hari ini, Sabtu (7/5/2015). Ia pun mendapat kejutan ulang tahun dari para kru dan pemain film Mimpi Ananda Meraih Semesta (Mars), saat menghadiri acara yang digelar oleh sineas film tersebut di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat. 

Anies Baswedan yang didaulat untuk berbicara, lantas menyatakan kebanggaannya akan film-film di Tanah Air. Anies juga mengajak masyarakat untuk ikut bangga dengan film Mars.

Poster Film Mars

Pasalnya, film Mars menggelar syuting di Oxford University, London, yang juga merupakan lokasi syuting Harry Potter. Padahal, perizinan pengambilan gambar di kampus itu terbilang sangat sulit.

"Harry Potter film pertama, dan ini film kedua yang bisa syuting di situ. Indonesia harusnya bangga. Bukan karena mereka bermurah hati, tapi mereka melihat atas review yang serius, narasi, pengambilan gambarnya sehingga diberikan izin," ujar Anies Baswedan.

Anies sendiri mengaku suka dengan kisah dalam film yang dibintangi Acha Septriasa dan Kinaryosih ini. Ia tersentuh melihat cerita orangtua yang membanting tulang demi mewujudkan mimpi anaknya bersekolah di salah satu sekolah tertua di dunia. Bagi Anies, bukan tidak mungkin di antara masyarakat awam juga akan bernasib sama.

"Film ini tentang seorang anak berasal dari Kabupaten Gunung Kidul yang tandus dan kering, lalu bisa meraih mimpi sekolah di Oxford. Tidak ada salahnya kita punya mimpi, itu gratis. Tapi kerja keras harus kita lakukan," ujarnya.

Film Mars (Twitter, Mars_TheMovie)

Sejalan dengan Bulan Pendidikan Nasional yang jatuh di Mei ini, Anies menghimbau kepada masyarakat untuk mentonton film Mars. Setidaknya, pesan-pesan positif yang terkandung di film ini bisa menjadi motivasi anak-anak negeri ini.

"Pesannya, lokasi lahir boleh di mana saja, tapi lokasi mimpi harus dilahirkan. Dalam cerita ini, bukan hanya meraih mimpi tapi mari kita lampaui mimpi. Anak kita harus kita dorong melampaui mimpi," tutur Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.