Sukses

Serunya Naik Batmobile, Tunggangan di Film Batman

Liputan6.com, Los Angeles - Aksi Batman sebagai superhero kota Gotham, tak lepas dari kendaraan andalannya, Batmobile. Kemunculan mobil canggih tersebut memang sudah lama ada di dalam komik klasik tahun 1940-an. Desainnya masih berupa mobil bergaya era tersebut dengan cat berwarna merah.

Nama Batmobile baru diresmikan pada tahun 1941 dalam Detective Comics. Setelahnya, diperkenalkanlah kendaraan  Batman lainnya seperti Batcycle, Batboat, hingga Redbird milik Robin selaku partner Batman. Seiring berjalannya waktu, Batmobile terus mengalami perubahan hingga akhirnya ditetapkan berwarna hitam.

Batmobile lalu hadir di film layar lebar Batman pada tahun 1966. Desainnya cukup keren dengan corak khas Batman, tetapi masih ada unsur klasik yang tak bisa dilepaskan. Pada kisah komik era 1980-an, desain Batmobile lebih modern dan sangat futuristik. Bahkan, mobil tersebut dilengkapi persenjataan yang lebih canggih dengan kecepatan tinggi.

Batmobile dalam Batman v Superman: Dawn of Justice. (Ace Showbiz)

Tahun berganti, perubahan Batmobile semakin kentara. Beberapa serial animasi dan film selalu menampilkan Batmobile dengan desain yang berbeda-beda. Perubahan semakin mencolok tatkala film Batman Begins dibuat. Desainnya sudah berbeda jauh dari bentuk awal. Sampai-sampai, film Batman v Superman yang baru tayang pun memiliki desain jauh berbeda dengan versi sebelum-sebelumnya.

Menilik kemunculan Batmobile di layar lebar, tentunya tak hanya menjadi pajangan semata. Setiap film Batman dipastikan melibatkan penggunaan Batmobile. Namun cukup menarik jika kita menggali lagi adegan-adegan seperti apa yang di dalamnya menggunakan tunggangan Batman ini.

Adegan dari Batman V Superman: Dawn of Justice. (Warner Bros)

Oke, mari kita telusuri seperti apa aksi Batman di seluruh film layar lebar saat sedang menggunakan Batmobile. Selengkapnya bisa disimak di halaman berikut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Batman: The Movie

Batman: The Movie (1966)

Bicara soal Batman: The Movie, film layar lebar pertama sang Manusia Kelelawar ini merupakan bagian dari serial TV klasik Batman yang mengudara sejak 1966-1968. Aktor Adam West melakoni sang manusia Kelelawar.

Seperti disampaikan dalam pengantar, desain Batmobile di film ini masih kentara tampilan klasiknya. Namun, kendaraan berkecepatan tinggi ini cukup untuk menampung Batman dan Robin. Uniknya, adegan awal memperlihatkan bagaimana Batman nyaris hilang kendali saat mengerem Batmobile.

Batman dan Robin juga menggunakan Batmobile untuk mengejar para penjahat. Dari situ terlihat kalau Batmobile versi ini tahan oleh terjangan peluru. Kendaraan ini juga bisa beroperasi tanpa pengemudi hanya dengan memanggilnya lewat sinyal khusus. Satu momen, Batman dan Robin diselamatkan oleh Batmobile saat dilempar ke udara oleh musuh mereka.

3 dari 6 halaman

Batman dan Batman Returns

Batman (1989)

Lebih dari dua dekade, sang Manusia Kelelawar kembali terlihat beraksi di layar lebar lewat film bertajuk Batman arahan sutradara Tim Burton. Michael Keaton yang menjadi aktor, cukup digemari oleh pecinta komik Batman di era itu.

Di film ini, Batmobile terlihat sangat canggih dan cocok dengan nuansa gelap di dalamnya. Sama seperti film sebelumnya, Batmobile juga bisa bergerak sendiri berdasarkan sinyal khusus dari Batman. Adegan Batmobile terlihat ketika Batman sedang menyelamatkan seorang wanita bernama Vicki Vale.

 

Adegan Batmobile di film Batman Returns yang rilis 1992. (batman-online.com)

Batman Returns (1992)

Sekuel film Batman berjudul Batman Returns, mengawali kemunculan Batman dengan Batmobile yang dikendarainya. Kelompok badut dan sirkus yang mengacau kota, berhasil ditundukkan oleh Batman bersama kendaraannya itu.

Selain itu, Batmobile yang desainnya sama seperti film sebelumnya, tampak dibajak oleh musuh utama Batman di film ini, Penguin. Tingkah jahat Penguin tersebut membuat Batman lepas kendali dan Batmobile terlihat menabrak mobil-mobil yang ada di depannya.

Batman yang secara tidak langsung difitnah itu, langsung menjadi incaran para polisi. Kejar-kejaran seru pun terjadi. Akan tetapi, Batman berhasil lolos dengan mengecilkan ukuran Batmobile di sebuah gang sempit.

4 dari 6 halaman

Batman Forever dan Batman & Robin

Batman Forever (1995)

Batmobile menjadi pembuka film Batman Forever yang dibintangi oleh Val Kilmer. Di sebuah adegan, Batmobile tampak menjadi mainan Dick Grayson alias Robin untuk memikat perempuan. Ciri khas Batmobile versi ini adalah logo Batman pada velg rodanya.

Sayangnya, di film ini kita melihat Batmobile dihancurkan oleh salah satu penjahatnya, The Riddler. Pada akhirnya, Batman dan Robin terpaksa menggunakan Batwing sebagai kendaraan mereka untuk menuntaskan masalah dengan para penjahat.

 

Batmobile dalam Batman and Robin yang rilis 1997. (nwatkins.co.uk)

Batman & Robin (1997)

Film Batman & Robin memang tak diterima secara baik oleh para pengamat maupun penggemar. Bahkan, George Clooney selaku bintang utama pun merasa kurang puas dengan hasil film ini. Namun, justru di sini kita bisa melihat Batmobile bergaya futuristik yang bisa berjalan mulus di atas patung terjal. Kemampuannya itu bahkan melebihi kendaraan off-road.

Sayangnya, lagi-lagi Batmobile dihancurkan. Namun begitu, dalam film ini Batmobile hancur dengan cara heroik. Usai mengorbankan kendaraan kesayangannya, Batman berhasil meringkus Mr. Freeze yang menjadi penjahat utamanya.

5 dari 6 halaman

Trilogi The Dark Knight

Batman Begins (2005)

Film yang mengawali trilogi The Dark Knight ini, menyuguhkan asal usul Batman dengan penuturan yang masuk akal. Tak hanya Batman, bahkan awal mula dibuatnya Batmobile pun lebih bisa dinalar dengan melibatkan teknologi militer. Mobil Batman kali ini terlihat mirip dengan sebuah tank.

Dua roda yang ada di depan body Batmobile membuatnya berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Bahkan pada akhirnya, kendaraan ini lebih sering disebut sebagai Bat-Tumbler ketimbang Batmobile.

Adegan Batmobile di film ini ditampilkan ketika Batman hendak menyelamatkan teman wanitanya, Rachel Dawes. Terlihat kendaraan Batman ini menghancurkan tembok sambil dikejar-kejar polisi demi bisa membawa Rachel ke markasnya segera untuk diobati. Bahkan, Batmobile versi ini mampu merayap di atap gedung dan menggilas mobi yang sedang diparkirl.

 

Batmobile Tumbler di film Batman The Dark Knight yang rilis 2008. (gadgetshowprizes.co.uk)

The Dark Knight (2008)

Menggunakan desain yang sama, Batmobile muncul kembali di sekuel Batman Begins, The Dark Knight. Kendaraan canggih ini muncul dua kali. Pertama di awal film saat Batman meringkus sindikat milik Scarecrow. Batman tampak menggunakan mobilnya untuk menggertak lawan.

Adegan selanjutnya lebih dramatis. Batmobile menjadi kendaraan Batman saat mengejar Joker. Namun setelah Joker berhasil merusaknya, Batmobile hancur. Batman lalu menggunakan kendaraan baru, Batpod atau yang lebih dikenal dengan Batcycle.

 

Penampakan Batmobile di film Batman The Dark Knight Rises. (wallsauce.com)

The Dark Knight Rises (2012)

Kehadiran Batmobile di film ketiga trilogi The Dark Knight ini, sekaligus mengakhiri Christian Bale sebagai sang Manusia Kelelawar. Di sini, Batmobile tidak bertindak sebagai kendaraan milik Batman. Namun, Batmobile digunakan oleh anak buah Bane, karakter yang menjadi antagonis utama.

Film ini juga memperlihatkan Batmobile dihancurkan sendiri oleh Batman dengan menggunakan Batwing. Beberapa kendaraan tersebut juga sempat dihancurkan oleh Catwoman yang menggunakan Batpod.

6 dari 6 halaman

Batman v Superman

Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Tentunya, aksi Batman menggunakan Batmobile di film Batman v Superman: Dawn of Justice masih segar dalam ingatan. Aksinya ini menjadi yang terbaik ketimbang adegan-adegan Batmobile sebelumnya.

Selain peralatan berat dan kecepatan tinggi, Batmobile versi ini juga lebih lincah dan mampu beradaptasi dengan jalanan apapun. Bahkan persenjataan yang digunakan lebih berat. Sebuah senapan mesin dipasang di depan mobil ini.

Aksi Batman ketika menggunakan Batmobile dalam film ini juga terkesan sangat keras. Batman tak ragu untuk menghancurkan kendaraan para penjahat ala karakter film laga Hollywood, tak peduli lawannya sudah tewas atau masih hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.