Sukses

Anime Berprestasi Tak Masuk Nominasi Golden Globes, Ada Apa?

Daftar nominasi penghargaan Golden Globes ke-73 yang akan digelar awal 2016 tak memasukkan anime sama sekali.

Liputan6.com, Los Angeles - Pada pekan lalu, nominasi ajang tahunan Golden Globes ke-73 telah diumumkan. Nominasi yang disampaikan oleh Hollywood Foreign Press Association itu tentunya mengecewakan para pecinta animasi Jepang di seluruh dunia.

Seperti disampaikan Animation Scoop melalui Anime News Network, Sabtu (12/12/2015), tak ada satupun film anime dari Jepang yang masuk ke dalam nominasi untuk kategori Best Animated Feature Film.

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, daftar film animasi yang menjadi nominasi untuk kategori Best Feature Animated Film di Golden Globes ke-73 adalah sebagai berikut:

Anomaliasa
Inside Out
Shaun the Sheep Movie
The Good Dinosaur
The Peanuts Movie

Golden Globes memang telah mengubah aturan nominasi sejak tahun lalu. Pihak penyelenggara menetapkan bahwa film animasi di luar Hollywood harus bersaing dalam kategori Best Feature Animated. Sehingga, tidak ada lagi film animasi di luar bahasa Inggris dalam kategori Best Foreign Language (Bahasa Asing Terbaik).

Trailer Omoide no Marnie (When Marnie Was There) menampilkan hubungan emosional antara dua orang gadis remaja.

Bahkan, di tahun ini pun film-film animasi garapan Hollywood seperti terpampang di atas, dianggap memiliki kualitas yang layak untuk diganjar penghargaan oleh para juri Golden Globes. Sehingga, sangat berat bagi animasi Jepang untuk bersaing dengan film-film tersebut.

Padahal, kita tahu When Marnie Was There garapan Studio Ghibli dan The Boy and The Beast besutan Mamoru Hosoda menjadi nominator Annie Awards 2016 untuk kategori Best Animated Feature-Independent. Bahkan, When Marnie Was There menang penghargaan Chicago International Children's Film Festival untuk kategori Best Animated Feature Film.

Bakemono no Ko atau The Boy and The Beast menjadi anime terbaru yang layak tonton tahun ini.

Bahkan, kedua film tersebut berpeluang masuk nominasi Piala Oscar bersama film anime relijius The Laws of the Universe Part 0 di kategori Best Animated Feature.

Sementara itu, film drama di luar bahasa Inggris masih memiliki tempat di Golden Globes ke-73 untuk kategori Best Foreign Language. Beberapa judul yang ada antara lain adalah:

The Brand New Testament (Belgia/Perancis/Luksemburg)
The Club (Chile)
The Fencer (Finlandia/Jerman/Estonia)
Mustang (Perancis)
Son of Saul (Hungaria)

Upacara penghargaan Golden Globes ke-73 rencananya akan digelar pada 10 Januari 2016 mendatang. Anime When Marnie Was There dan The Boy and The Beast masing-masing telah tayang di bioskop Jepang pada 2014 dan 2015. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini