Sukses

Bocoran Syuting AADC 2, Geng Cinta Tanpa Alya Setelah 14 Tahun

Liputan6.com, Yogyakarta Menyenangkan melihat langsung mereka berkumpul lagi. Cinta, Karmen, Maura dan Milly duduk bersila di sebuah warung lesehan gudeg di Yogyakarta. Ada momen emosional hari itu. Karmen sedang punya masalah. Tiga sahabatnya menghiburnya.

"Terima kasih kalian sangat perhatian sama gue," ujar Karmen. Keempatnya lalu berpegangan tangan, menundukkan kepala seperti memanjatkan doa.

Suasana syuting Ada Apa dengan Cinta? (AAdC) 2 di Yogyakarta, Sabtu (8/11/2015). (foto: Rommy Ramadhan/Liputan6.com)

Momen tersebut mengingatkan kita pada momen empat belas tahun lalu. Tempatnya di kamar di rumah Cinta. Waktu itu Alya tengah bersedih. Ia bercerita baru dipukul ayahnya pada Cinta, Karmen, Maura dan Milly. Alya lalu dihibur keempat sahabatnya. Sejurus kemudian mereka berjoget.

Salah satu adegan di AADC pertama di kamar Cinta. (foto: courtesy of Youtube)  

Dulu kita melihat mereka di bioskop di Ada Apa dengan Cinta? (AAdC?, 2002). Sekarang saya menyaksikan sendiri Geng Cinta, begitu kita kini akrab menyebutnya, berkumpul lagi untuk sekuelnya, Ada Apa dengan Cinta? (AAdC) 2. Empat belas tahun lalu ada Alya. Sekarang Alya absen. Namun persahabatan geng Cinta tak surut meski ada yang tak hadir.

AAdC sukses menjadi film fenomenal di Tanah Air. Film garapan Rudy Soedjarwo tersebut membuat sosok Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo) begitu melekat di hati penggemar. Hingga kini, peran keduanya sebagai anak SMA masih jelas terbayang di ingatan. Jika generasi 1980-an punya Galih dan Ratna, generasi 2000-an punya Cinta dan Rangga.

Adegan Geng Cinta berjoget menghibur Alya di kamar Cinta. (foto: courtesy of Youtube)

Setelah 14 tahun berlalu, AAdC dibuatkan kisah lanjutannya. Kita akan melihat kembali lelaki pendiam penyuka karya sastra lama, Rangga. Keseruan cerita persahabatan Cinta bersama gengnya, Maura (Titi Kamal), Karmen (Adinia Wirasti), dan juga Milly (Sissy Priscillia) juga bakal terlihat lagi. Kini mereka tengah syuting di Yogyakarta sejak 28 Oktober lalu.

Suasana syuting Ada Apa dengan Cinta? (AAdC) 2 di Yogyakarta, Sabtu (8/11/2015). (foto: Rommy Ramadhan/Liputan6.com)

Tim Liputan6.com mendapat kesempatan mengunjungi lokasi syuting AAdC 2 di Yogyakarta. Kami melihat langsung pengambilan gambar di sebuah warung lesehan. Terlihat Geng Cinta dalam satu frame. Suara Riri Riza yang kini duduk di bangku sutradara terdengar memberikan pengarahan kepada Cinta dan teman-temannya. Seluruh kru sibuk di posisinya masing-masing.

Cinta, Maura, Karmen, dan Milly tampak terlibat obrolan serius di warung lesehan. Di scene itu Karmen terlihat haru sambil berusaha menahan air matanya jatuh. Di adegan itu tak terlihat sosok pengganti Alya (Ladya Cheryl) yang memutuskan untuk tidak terlibat di AAdC 2.

Penampilan Cinta, Maura, Milly, dan Karmen tampak kasual. Sesekali syuting terhambat karena rintik hujan. Namun Riri Riza bersama timnya terlihat bersemangat. “Sejauh ini lancar, semua pemain nggak ada yang rewel. Ya walaupun kadang harus menunggu mereka yang ngacanya berjam-jam,” kata Riri usai syuting, Minggu (8/11/2015).

Selain Geng Cinta, di lokasi yang sama juga ada pengambilan gambar Rangga. Di scene itu, Rangga mengenakan atasan putih polos dipadukan kemeja bernuansa coklat muda. Ia memakai celana dan sepatu dengan warna senada kemejanya. Tatapan dinginnya tampak tergambar di wajahnya.

Para pemain AADC 2 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bocoran scene tersebut memberi sedikit gambaran tentang seperti apa Rangga, Cinta, Karmen, Maura, Milly, dan juga Mamet (Dennis Adhiswara) setelah 14 tahun berlalu. Karakter para pemain hingga alur cerita AAdC 2 terus membuat penonton bertanya-tanya: Seperti apa Rangga sekarang? Atau, apakah Rangga dan Cinta akan bersatu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cerita AADC 2

Alur Cerita AAdC 2

Tentu kita semua masih ingat akhir cerita AAdC pertama. Rangga memutuskan pindah ke New York ikut ayahnya, meninggalkan Cinta. Setelah 14 tahun, setiap karakternya mengalami perubahan namun tetap pada benang merah gambaran peran mereka di AAdC pertama.

Kita ingat dulu Rangga sosok lelaki pendiam dan dingin, sedangkan Cinta digambarkan sebagai gadis cantik yang selalu juara lomba puisi di sekolahnya. Sementara tiga sahabat Cinta yakni Karmen, cewek tomboy yang sangat perhatian kepada sahabatnya. Di sisi lain, ada cewek centil bernama Maura dan Milly sebagai sahabat Cinta yang agak lemot, polos, dan juga lugu.

Para pemain film AADC seolah reunian melalui mini drama di Line. (Liputan6.com/Julian Edward)

“Film AAdC bisa dibilang sudah lintas generasi, semua mengenal ceritanya. Yang menarik di sini, ada cerita yang masih universal. Menceritakan tokoh-tokoh yang sudah bersama, ada kisah cinta yang putus setelah 14 tahun, semua ingin tahu hal itu,” ungkap Mira Lesmana, sang produser.

“Intinya begini, selama 14 tahun tentu ada perubahan dalam diri kita. Bertemu teman yang perjalanan hidupnya tak bisa ditebak, mengejutkan. Empat belas tahun lalu, seberapa banyak perubahan mereka. Orang-orang boleh punya versi mereka, tetapi saya sama Riri bikin versi kami,” lanjutnya.

Mira Lesmana dan Riri Riza. (foto: Rommy Ramadhan/Liputan6.com)

Mira menampilkan jalan cerita berbeda dari film AAdC pertama. Jika sebelumnya bercerita tentang kisah cinta remaja, di sekuel AAdC lebih berkembang disesuaikan dengan usia pemain. Riri Riza pun memberi isyarat seperti apa jadinya alur cerita AAdC 2.

“Ya itu (film trilogi Before Sunrise, Sunset dan Midnight) bisa jadi salah satu clue-nya. Skenarionya cukup kompleks buat para aktor dan saya pribadi. Ada kontras karakter, lebih menyentuh, lebih kontekstual di masa sekarang. Happy ending-kah?” tutur Riri Riza sambil bikin penasaran.

3 dari 3 halaman

AAdC 2 Tanpa Alya

AADC 2 Tanpa Ladya Cheryl

Rasanya ada yang hilang saat Alya tak lagi ikut menjadi bagian dari Geng Cinta. Geng ini identik dengan lima orang cewek yang selalu bersama. Alya pertama kali diketahui absen melalui akun Instagram @filmnasional, beberapa bulan lalu.

Pemeran Alya, Ladya Cheryl memilih tidak bermain di AAdC 2 lantaran melanjutkan pendidikan. Ketidakhadirannya membuat banyak penggemar kecewa lantaran dirasa kurang lengkap tanpa Alya sebagai sahabat Cinta.

Mira Lesmana dan Riri Riza. (foto: Rommy Ramadhan/Liputan6.com)

Bahkan Mira Lesmana tak menyangka sosok Alya absen di sekuel AAdC. “Di awal ceritanya saya tulis lengkap, ketika Ladya memutuskan tidak ikut serta, saya harus mengubah skenario secepatnya, memikirkan kembali. Selama 14 tahun pasti ada yang berubah,” katanya.

Absennya Alya, diakui Nicholas Saputra tidak akan mengurangi jalan cerita AAdC 2. Begitu juga yang disampaikan Dian. “Yang pasti kita tetap sahabatan meski nggak komplit lagi, dan akan menarik banget buat ditonton. Memang tinggal berempat, tetapi kita merasa saling melengkapi satu sama lain,” ujarnya.

Titi Kamal, Adinia Wirasti, Dian Sastrowardoyo, dan Sissy Priscilla di AADC 2. (foto: Liputan6.com/Rommy Ramadhan)

Meski Ladya tak ikut bergabung, Dian Sastrowardoyo, Titi Kamal, Sissy Priscilla, dan juga Adinia Wirasti mendukung yang diinginkan sahabatnya itu. Pertemanan mereka bukan hanya di film AAdC saja, melainkan juga di kehidupan sehari-sehari mereka.

“Kami menghargai keputusannya, apa pun itu kami mendukung. Alya akan tetap ada di dalam hati kami,” tutur Adinia Wirasti. (Fir/Ade)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS