Sukses

Pengamat Punya Harapan untuk Film Indonesia

Pengamat film Bowo Leksono berharap penyelenggaran FFI bisa mengangkat film Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini muncul kabar tentang rencana Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) yang berniat untuk mengambil alih penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI). Rencana ini ditanggapi serius oleh pengamat perfilman Nasional, Bowo Leksono.

Bowo menyoroti soal dana APBN yang dipakai untuk penyelenggaraan FFI. Menurut Bowo, siapa pun yang menjadi penyelenggara FFI harus bijak dan mempunyai semangat untuk memajukan film Indonesia.

"Ini duit rakyat. Kalau tidak bisa menyelenggarakan FFI, sebaiknya uang tersebut diberikan saja kepada komunitas film di seluruh Indonesia, yang sudah jelas berjuang untuk film nasional," kata Bowo, saat dihubungi via telpon, Rabu (23/9/2015).

Bowo yang juga Direktur Cinema Lovers Community (CLC) dalam pengamatannya, dengan anggaran sekitar Rp8-9 miliar, yang berasal dari APBN sebenarnya sangat mudah menyelenggarakan FFI. Hanya saja, hajatan besar ini rawan  didomplengi berbagai kepentingan.

"Jadi, siapapun penyelenggaranya silahkan saja. Tapi harus disertai niat yang tulus dan lurus," sambung Bowo.

Kongres PPFI ke-19 yang baru saja belangsung memang memiliki banyak masalah. Hasil dari kongres itu malah membuat dua orang produser ternama, Chand Parwez dan Ody Mulya Hidayat mundur dari keanggotan. (fei/Gul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.