Sukses

Gala Premiere Everest Disesaki Komunitas Pendaki Gunung

Di gala premiere film Everest, para penonton dan komunitas pendaki gunung menyambut hangat adaptasi tragedi Gunung Everest 1996 itu.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari sebelum penayangan perdana film Everest di bioskop Indonesia, acara gala premiere nonton bersama digelar yang berlokasi di IMAX Gandaria XXI pada Kamis (10/9/2015) malam lalu.

Tampak para penonton menyambut hangat film yang diadaptasi dari kejadian nyata tragedi Everest 1996 tersebut. Apalagi, gedung bioskop malam itu dipenuhi oleh para komunitas pendaki gunung, termasuk Mapala Universitas Indonesia.

Gunung Everest (Reuters)

Sebelum penonton menyaksikan akting Jason Clarke, Jake Gyllenhaal, Josh Brolin, John Hawkes, dan Sam Worthington yang sangat memukau, sebuah talkshow digelar sebagai pembuka acara nonton bersama.

Selain membahas filmnya, acara ini turut menjelaskan bagaimana suka duka para pendaki puncak Gunung Everest di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dibahas juga secara singkat bagaimana perjuangan Serka Asmujiono, pendaki pertama asal Indonesia yang berhasil singgah di puncak Gunung Everest.

Pemerintah Nepal sudah mengharuskan pendaki untuk membawa turun sampah mereka. Jika tidak deposit US$ 4.000 dolar terancam melayang.

Anatoli Boukreev yang menjadi salah satu karakter dalam filmnya, menjadi pusat perbincangan. Disebutkan oleh seorang pakar bahwa Boukreev dianggap sebagai salah satu pendaki yang bertanggung jawab atas keselamatan para pendaki yang tewas di tahun 1996 karena terjebak badai.

Ogun, salah satu pendaki gunung asal Indonesia yang pernah dua kali mendaki Gunung Everest tapi belum pernah sampai ke puncak, turut hadir di acara ini. Beragam foto dokumentasi para pendaki Gunung Everest sejak tahun 1960-an pun turut dipajang di layar lebar selama sesi talkshow.

Gunung Everest Pascagempa (Reuters)

Akhirnya, tiba juga sesi menonton film Everest. Beragam adegan menegangkan, mengharukan, dan heroik muncul di sepanjang film. Alhasil, penonton pun ikut terbawa suasana film dengan adegan yang membuat pikiran terngiang-ngiang usai menyaksikannya. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini