Sukses

4 Aktor Korea yang Alami Gangguan Mental

Liputan6.com, Seoul Drama dengan latar penyakit mental atau psikologis menjadi tema menarik yang diangkat. Salah satunya, drama It's Okay, That's Love. Di drama ini, salah seorang karakternya yaitu Jo In Sung mengalami masalah mental atau psikologis yang cukup berat yaitu schizophrenia.

Skizofrenia merupakan gangguan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Keadaan ini biasanya muncul dalam bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran tidak sesuai dengan dunia nyata. Selain itu, penderita skizofrenia biasanya berpikiran tidak berdasarkan logika, serta disertai dengan disfungsi sosial.

Selain itu, drama yang diperankan Lee Joong--mantan personel MBLAQ--berjudul Gabdongi juga mengangkat masalah gangguan mental hingga menjadi pembunuh berdarah dingin. Di sini, Lee Joon berperan sebagai seseorang dengan dissociative identity disorder atau memiliki kepribadian ganda.



Penderita dengan kepribadian ganda merupakan seseorang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau memiliki dua pribadi sekaligus. Kadang si penderita tidak tahu bahwa ia memiliki kepribadian ganda. Dua pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal satu sama lain. Lebih parah lagi, kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya.

Rupanya beberapa aktor ternama Korea Selatan ini mengalami masalah psikologis dan mental yang cukup berat. Siapa saja mereka?

Baca juga:

6 Artis K-Pop Terseksi di 2015

6 Artis Korea yang Keranjingan Memukul Bokong

Cerita 10 Artis Korea yang Buat Penggemar Jatuh Hati

2 dari 5 halaman

Lee Joon

Lee Joon

Lee Joon mengaku dirinya pernah mengalami ganguan mental. Mantan personel MBLAQ itu menderita insomnia atau kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis, dilansir dari KDramastarz, baru-baru ini.

Menurut Lee Joon, insomnia yang ia derita akibat stres dan juga bipolar. Lee Joon memiliki kondisi psikis yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem, (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) mendadak.



Lee Joon hanya tidur 40 menit dalam 24 jam. Hal itu membuat kegiatannya menjadi terganggu. "Saya sama sekali tak memiliki waktu beristirahat. Saya menderita bipolar. Namun tak banyak yang mengetahui masalah yang saya alami," ujar Lee Joon saat diwawancarai Newsen.


3 dari 5 halaman

Park Hae Jin

Park Hae Jin

Park Hae Jin mengalami depresi hingga membuat kariernya sempat berantakan. Park Hae Jin bahkan sempat mengalami perawatan akibat depresi dan kecemasan yang dialaminya.

Park Hae Jin kala itu berada dalam kondisi di mana perasaannya merosot jauh hingga menjadi muram, sedih, dan tertekan secara berlebihan. Akibatnya, Park Hae Jin bebas tugas dari wajib militer yang harus ia lakukan.



Namun netizen--pengguna internet--menuduh Park Hae Jin sengaja melakukan itu semua untuk menghindari wamil. Menurut hukum militer Korea, setiap orang yang telah dirawat selama enam bulan di pusat rehabilitasi dibebaskan dari wamil.

4 dari 5 halaman

Lee Byung Hun

Lee Byung Hun

Lee Byung Hun saat muncul dalam Healing Camp 2013 silam mengakui dirinya mengalami depresi dan panic attacks. Saat itu, Lee Byung Huh akan kesulitan bernapas disertai jantung yang berdegup kencang saat merasa sangat takut dengan kecemasan yang ada di dalam pikirannya.



"Saat itu, drama Beautiful Days yang saya perankan sangat populer. Alih-alih merasa senang, saya menderita depresi. Itu rasanya seperti terjebak di sebuah ruangan kecil hingga sulit untuk membuka mata. Hal yang paling membahagiakan saat saya tertidur. Saya baru sadar jika saya mengalami depresi," ujar Lee Byung Hun.

Meski depresi yang ia derita telah menghilang, dia masih harus berhadapan dengan panic attacks. Semua itu terjadi jika Lee Byung Hun berada di kerumunan bersama orang-orang yang tak ia kenal.

5 dari 5 halaman

Cha Tae Hyun

Cha Tae Hyun

Cha Tae Hyun mengalami gangguan mental seperti yang diderita Lee Byung Hun yaitu panic attacks atau kecemasan. Biasanya, penderita akan mengalami jantung yang berdegup dengan kencang, pusing hingga sulit bernapas.



"Saya mengalami masalah ini ketika mengetahui seorang aktor memerankan drama yang menjadi saingan beratku. Semua ini mengenai persaingan berat," ujar Cha Tae Hyun.

Cha Tae Hyun mengungkapkan, serana itu bisa sangat parah. Cha Tae Hyun pernah pingsan sebelum terbang dengan pesawat. Ia juga harus dilarikan ke rumah sakit sebelum konser ketika panick attacks menyerang.