Sukses

Cerita Artis yang Pernah Jadi Tukang Sebelum Terkenal

Dari mulai tukang es dawet, ayam goreng, hingga getuk. Bahkan, di antara mereka juga ada yang pernah berprofesi sebagai tukang tambal ban.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka jika beberapa artis yang kini terkenal, berasal dari orang biasa. Bahkan, mereka dulunya adalah seorang yang mengais rejeki dengan berjualan. Dari mulai tukang es dawet, ayam goreng, hingga getuk. Di antara mereka juga ada yang pernah berprofesi sebagai tukang ojek, serta tukang tambal ban. Berikut beberapa artis yang pernah memiliki pengalaman tersebut.

Baca juga:

Cerita Artis-artis Cantik yang Tiba-tiba Berhijab

4 Artis Cantik yang Pasangannya Digosipkan Hamili Wanita Lain

5 Selebriti Indonesia Ini Mirip dengan Artis Luar Negeri (Part 2)

Cerita Seram 6 Artis yang Rumahnya Berhantu

7 Foto Hot Elvira Devinamira Puteri Indonesia 2014

Cerita Artis-artis Muda Dipelukan Duda

Dari Metrosexual, 5 Selebriti Ini Berubah Jadi Lumbersexual

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Andika Mahesa Tukang Es Dawet

 1. Andika Mahesa Tukang Es Dawet


Bukan hal yang mudah bagi mantan vokalis Kangen Band, Andika Mahesa menjalani hidup setelah tenar menjadi artis. Andika beberapa kali melalui jatuh bangunnya hidup di industri musik tanah air. Namun tak banyak yang tahu jika dirinya sebelum tenar menjadi artis, juga pernah menjadi pedagang es dawet.

"Andika dulu sebelum jadi artis juga pernah kerja di rumah makan, selain itu juga pernah jualan es dawet," kata ibunda Andika, Susilowati. Andika berjualan dawet di kota Bandar Lampung. 

Kehidupan saat Dhika masih kecil, kata Susilowati juga sangat pahit. Usia empat bulan, ia tak diakui oleh orangtua kandungnya, hingga Susilowati memutuskan untuk mengasuhnya.

"Usia dua bulan dia juga sakit-sakitan. Orangtuanya nikah lagi. Satu minggu nggak dikasih makan dan minum," ceritanya.


3 dari 6 halaman

2. Sule Tukang Ayam Goreng


2. Sule Tukang Ayam Goreng

Sebelum menjadi pelawak dan presenter terkenal, Sule mengaku menjalani hidup dengan sederhana bersama sang istri, bahkan bisa dibilang serba kekurangan. Bayangkan saja, kata Sule, dahulu dia tinggal di rumah petak kontrakan, yang kadang dibayar dengan uang pinjaman tetangganya. “Kalau dulu sih, boro-boro buat beli baju, bayar rumah sama makan saja harus meminjam dari tetangga”, ujarnya.

Sule menikah dengan Lina (32), tahun 1997. Karena penghasilan dari melawak tidak tentu, untuk menutupi kebutuhan hidup, Sule bersama sang istri sempat berdagang ayam goreng serta berjualan baju kebaya. “Pendapatannya cuma Rp 20.000 sehari.  Uang digunakan untuk belanja sayur, sebagian lagi beras, sabun dan untuk jajan anak. Itu juga nggak cukup,” paparnya.

Lika liku makan asam garam dalam menempa perjalanan karirnya sudah dirasakan semua oleh ayah dari Rizki (12), Putri (8), dan Rizwan (2). Kini, sudah banyak masyarakat yang mengenal Sule sebagai pelawak sejati. Berkat kerja kerasnya itu, Sule mampu memenuhi kebutuhan keluarganya itu. Kabarnya, Sule disebut-sebut sebagai komedia dengan bayaran termahal. Honornya mencapai puluhan juta rupiah untuk sekali tampil.

4 dari 6 halaman

3. Caesar Tukang Ojeg

3. Caesar Tukang Ojeg

Hal tak jauh berbeda juga dirasakan oleh komedian Caesar Aditya. Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang Caesar menuturkan dia pernah menjalani beberapa profesi, termasuk menjadi tukang ojek.

"Dulu saya mah nggak kuliah karena orangtua kan anaknya banyak. Saya ngojek dapet Rp 40 ribu sehari itu. Buat tambahan uang jajan aja," kata dia.

Caesar mengisahkan awal mula dia masuk ke televisi berkat ajakan kakaknya yang menjadi manajer sejumlah komedian. Dari situ dia beberapa kali menjadi asisten kakaknya hinga sering wara-wiri bekerja di televisi. Akhirnya Caesar diajak menjadi pengisi acara sahur selama bulan Ramadan dan goyangan menjadi terkenal. Honor Caesar untuk berjoget terbilang fantastis. Kabarnya sampai puluhan juta rupiah untuk setiap episodenya.

5 dari 6 halaman

4. Judika Tukang Tambal Ban

4. Judika Tukang Tambal Ban


Judika berjuang keras untuk meraih kesuksesan seperti sekarang. Siapa kira, jebolan ajang pencarian bakat itu dahulu pernah menjadi tukang tambal ban.
Sebelum memutuskan merantau ke Jakarta, Judika menjalani pekerjaan apapun untuk membantu keluarga. Asalkan halal, pelantun Setengah Mati Merindu ini rela melakukannya.

"Apapun asal kerja yang halal. Gue juga pernah tambal ban, teman gue banyak yang jadi kernet angkot. Waktu kecil di Medan pernah menyemir sepatu karena gue ingin bekerja. Gue enggak malu, asalkan halal," kata Judika.

Semua kenangan itu masih diingat betul oleh Judika. Apalagi, ketika menyaksikan Opera Batak yang mengangkat kisah dan sejarah suku Batak. "Gue bangga dengan masa-masa waktu di Medan. Orang Batak itu enggak aneh kalau merantau. Opera Batak membuat gue ingat masa-masa gue merantau ke Jakarta meninggalkan orangtua dan keluarga," tuturnya.

6 dari 6 halaman

5. Ninih Tukang Getuk


5. Ninih Tukang Getuk

Seorang wanita bernama Ninih kini menjadi dikenal banyak orang. Memiliki wajah cantik, Ninih yang seorang tukang getuk ini baru saja mengeluarkan single barunya berjudul Selingkuh 3 Kali.

Persiapannya untuk menjadi seorang bintang tidak tanggung-tanggung, bahkan Ninih sudah punya nama beken atau yang biasa disebut nama panggung. "Ninih sudah disiapkan nama buat di panggung. Namanya Niget, singkatan dari Ninih Getuk," ujar Ninih.

Ninih 'Niget' bukan hanya sudah memiliki sebuah single, namun ia juga telah memiliki pre-videoklip di kanal Youtube. Ide kreatif sangat ditonjolkan di video tersebut dengan menampilkan aktivitasnya saat berjualan getuk.

Namun spesialnya, dalam video itu Ninih 'Niget' berjualan sambil nyanyi dangdut saat Car Free Day di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat. Sontak hal itu membuat para pembelinya pun ikut bergoyang. Tidak terkecuali Ridho Rhoma, anak dari raja dangdut Rhoma Irama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini