Sukses

Film The Lunchbox Masuk Nominasi BAFTA 2015

The Lunchbox dibintangi Irrfan Khan, Nimrat Kaur dan Nazaruddin Siddiqui.

Liputan6.com, Mumbai Film The Lunchbox yang dirilis pada 20 September 2013 masuk dalam nominasi ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) 2015. Film yang disutradarai Ritesh Batra itu masuk nomasi Film Asing Terbaik.

The Lunchbox akan bersaing dengan film-film berbahasa non Inggris lainnya seperti Ida (Polandia), Leviathan (Rusia), Trash (Inggris/Brasil) dan Two Days, One Night (Belgia). Prestasi tersebut sangat membanggakan bagi sang produser, Guneet Monga. The Lunchbox menjadi film pertama sejak 1990-an setelah Salaam Bombay mendapat nominasi serupa.

"Kami sangat senang bahwa perjuangan kami lewat Ritesh dan The Lunchbox terbayar dengan begitu indah. Film ini sangat membanggakan kita dan mendapatkan nominasi Film Asing Terbaik," kata Guneet Monga, seperti dikutip Bollywoodlife.

Nominasi untuk ajang BAFTA Awards sangat istimewa bagi bintang dan seluruh pendukung film The Lunchbox. Karena sebelummya Federasi Film India (FFI) lebih memilih film Gujarat, The Good Road daripada The Lunchbox untuk bersaing di ajang Academy Awards 2013 untuk kategori Film Asing Terbaik.

The Lunchbox bercerita mengenai kisah Ila (Nimrat Kaur), ibu muda yang mencoba menghangatkan kembali rumah tangganya. Melalui masakan, Ila mencoba merebut kembali hati sang suami. Namun sayang, makanan yang dikirim Ila melalui rantang dan dikirim oleh seorang pengirim ternyata sampai bukan ke suami, namun kepada seorang duda paruh baya bernama Sajaan (Irrfan Khan).

Film The Lunchobx sudah diputar di beberapa ajang festival internasional seperti di Cannes, Zurich, Toronto dan London dan mendapat sambutan yang cukup baik. Film berbiaya US$ 1,6 juta mampu meraup pendapatan sebesar US$ 11 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.