Sukses

Pasca-Operasi, Ini yang Ingin Dilakukan Jaja Mihardja

Kesehatan Jaja Mihardja usai operasi saluran kemih menunjukkan perkembangan yang memuaskan.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan Jaja Mihardja usai operasi saluran kemih menunjukkan perkembangan yang memuaskan. Bahkan, Renaildi, dokter yang menanganinya sudah memperbolehkan pemilik jargon `apaan tuh?` ini turun dari tempat tidur Rumah Sakit (RS) St Carolus, Jakarta.

"Ayah sudah banyak perkembangan. Pipisnya sudah lancar, sebentar saja sudah dapat 2 liter. Pipisnya terus ngucur. Itu pertanda baik, karena ayah juga sudah banyak minum," ungkap salah satu anak Jaja Mihardja, yang tak mau disebutkan namanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (19/11/2014).
 
Menurut anak kedua dari tiga bersaudara ini, batu yang menghambat saluran urine Jaja Mihardja berhasil diambil. "Operasi batunya sudah berhasil dipecahkan dan disedot. Tadi pagi dokter juga kunjungan lagi, dan ayah sudah diperbolehkan ke kamar mandi. Ayah sudah pengin mandi soalnya," ungkapnya.
 
Jaja Mihardja pun harus menjaga kesehatannya dengan memperhatikan beberapa hal, seperti cara buang air besar, pola makan dan juga menu makanan yang diasupnya.

"Ayah kalau buang air besar tuh nggak boleh ngeden sama dokter. Makanya ayah diharuskan untuk banyak makan pepaya, biar buang air besarnya lancar. Sedangkan buah kesukaan ayah, kayak pisang justru dilarang. Kasihan juga sih, tapi ayah usaha mau sembuh kok," tandas putri Jaja Mihardja.(Cho/Mer)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.