Sukses

Bukit Asam Genjot Angkutan Batu Bara via Kereta Api

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berupaya untuk kapasitas logistik agar monetisasi cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Emiten pertambangan BUMN, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berkomitmen untuk terus mengoptimalkan volume angkutan kereta api guna mendukung target volume penjualan batu bara

SVP Project Management Bukit Asam Setiadi Wicaksono menuturkan, dalam rangka mengoptimalkan volume angkutan kereta api, PTBA berupaya untuk melakukan monetisasi terhadap kapasitas logistik. 

"Upaya pertama kami, untuk kapasitas logistik agar monetisasi cepat. Kami punya dua rute yakni Kertapati dan Tarahan. Kami bangun Keramasan dengan kapasitas 20 juta ton per tahun, running 2024, ke arah Perajen lagi kajian dan selesai 2026," kata dia dalam acara Public Expose 2023, Senin (27/11/2023).

Selain itu, PTBA dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menyepakati kerangka kerja sama pengembangan angkutan batu bara relasi Tanjung Enim Baru – Keramasan pada 12 Oktober 2023 lalu. Hal ini sejalan dengan target Bukit Asam untuk meningkatkan kapasitas angkutan batu bara jalur kereta api menjadi 52 juta ton per tahun pada 2024. 

Sementara itu, angkutan batu bara jalur kereta api yang telah beroperasi ada dua, yakni Tanjung Enim ke Tarahan dan Tanjung Enim ke Kertapati. 

Untuk rute Tanjung Enim ke Tarahan memiliki kapasitas 25 juta ton per tahun dengan jarak 409,52 kilometer (km) dan telah mencapai status Commercial Operation Date (COD) alias beroperasi secara komersial sejak kuartal II 2021.

Sedangkan, untuk rute Tanjung Enim ke Kertapati memiliki kapasitas 7 juta ton per tahun dengan jarak 160,94 km dan beroperasi secara komersial sejak kuartal IV 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Targetkan Produksi Batu Bara 41 Juta Ton pada 2023

Sebelumnya diberitakan, emiten Holding BUMN pertambangan MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menargetkan produksi batu bara menjadi 41 juta ton pada 2023. Ini mengingat, terdapat potensi permintaan batu bara hingga akhir tahun ini. 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Bukit Asam Farida Thamrin menuturkan, PTBA memiliki cadangan batu bara terbesar di Indonesia sekitar 3,02 miliar ton. Angka itu merupakan cadangan tertambang. Sedangkan, total sumber daya mencapai 5,85 miliar ton.

"Cadangan seluruh 5,85 miliar ton. Kalau misalnya produksi 30 juta per tahun, ini cadangan bisa 100 tahun. Berbagai hal kami lakukan untuk produksi lebih cepat,” ujar dia dalam Public Expose 2023, Senin (27/11/2023). 

Sementara itu, PTBA mencatatkan total produksi batu bara sebanyak 31,9 juta ton hingga kuartal III 2023. Angka itu tumbuh 15 persen dibandingkan periode yang sama 2022, yakni sebesar 27,7 juta ton. 

Dia melanjutkan, kenaikan produksi ini sejalan dengan peningkatan volume penjualan batu bara sebesar 15 persen menjadi 27,0 juta ton. Perusahaan pun terus meningkatkan porsi ekspor secara terukur tanpa mengabaikan kebutuhan dalam negeri. 

"Penjualan kami 27 juta ton sampai kuartal III 2023. Harga batu bara lagi turun, rata-rata tahun lalu 1,3 juta per ton, sekarang 1 juta per ton,” kata Farida. 

Hingga kuartal III 2023, Perseroan mencatat penjualan ekspor sebesar 11,2 juta ton atau naik 24 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara realisasi Domestic Market Obligation (DMO) tercatat sebesar 51 persen.

Dengan demikian, PTBA terus mengoptimalkan pencapaian kinerja operasional dan melakukan efisiensi pada seluruh proses bisnis perusahaan, sejalan dengan target hingga akhir 2023. 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Proyek Strategis

Per kuartal III 2023, PTBA mencatatkan laba bersih sebesar Rp 3,8 triliun. Dari sisi pendapatan, PTBA membukukan sebesar Rp 27,7 triliun. Total aset perusahaan per 30 September 2023 sebesar Rp 36,0 triliun.

Proyek-proyek strategis terus berjalan untuk mendukung kinerja Perusahaan. Efektif mulai 7 Oktober 2023, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel-8 (2x660 MW) telah mencapai status Commercial Operation Date (COD) alias beroperasi secara komersial.

Pembangkit ini menerapkan teknologi Supercritical Steam Generator yang efisien dan ramah lingkungan, juga teknologi Flue Gas Desulfurization (FGD) untuk menekan emisi gas buang. Teknologi FGD ini dapat mengurangi sulfur dioksida dari emisi gas buang pembangkit listrik berbahan bakar batu bara.

Selain itu, PTBA dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menyepakati kerangka kerja sama pengembangan angkutan batu bara relasi Tanjung Enim Baru – Keramasan pada 12 Oktober 2023 lalu. Hal ini sejalan dengan target Perusahaan untuk meningkatkan kapasitas angkutan batu bara jalur kereta api menjadi 52 juta ton per tahun pada 2024. 

4 dari 5 halaman

Bukit Asam Sebut PLTU Sumsel-8 Akhirnya Beroperasi Komersial

Sebelumnya diberitakan, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyebut Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel-8 (2x660 MW) telah mencapai status Commercial Operation Date (COD) alias beroperasi secara komersial. Tanggal COD ditetapkan efektif mulai 7 Oktober 2023 oleh PLN. 

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail berharap agar PLTU Tanjung Lalang dapat membawa manfaat bagi ketahanan energi nasional dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap PLTU Tanjung Lalang dapat membantu PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Sumatera, serta menciptakan multiplier effect untuk pertumbuhan ekonomi sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan," kata Arsal dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (3/11/2023). 

Ia menjelaskan, PLTU Tanjung Lalang ini  menggunakan teknologi super critical yang efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, PLTU Tanjung Lalang juga menerapkan teknologi Flue Gas Desulfurization (FGD) untuk menekan emisi gas buang. Teknologi FGD ini dapat mengurangi sulfur dioksida dari emisi gas buang pembangkit listrik berbahan bakar batu bara.

Adapun PLTU MT Sumsel-8 menyuplai listrik ke PLN untuk kepentingan umum dalam Sistem Kelistrikan Sumatera dan membutuhkan batu bara hingga 5,4 juta ton per tahun. Nilai investasi proyek PLTU MT Sumsel-8 mencapai USD 1,68 miliar.  

 

5 dari 5 halaman

Penuhi Kebutuhan Listrik

PLTU MT Sumsel-8 merupakan bagian dari Program Pembangunan Pembangkit Listrik 35.000 MW berlokasi di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. 

Dikenal juga dengan nama PLTU Tanjung Lalang, pembangkit ini dibangun oleh PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP) yang merupakan kerja sama strategis antara PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan China Huadian Hongkong Company Ltd (CHDHK).

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutajulu mengatakan, kelistrikan di Sumatera akan semakin andal dengan adanya PLTU MT Sumsel-8.

"Kebutuhan listrik di Sumatera terus meningkat. Dengan demikian PLTU MT Sumsel-8 ini memiliki peran penting untuk memenuhi peningkatan kebutuhan tersebut,” ujar Jisman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini