Sukses

Rosan Roeslani Jadi Wamen, Saham Emiten BUMN Konstruksi Melesat Hari Ini 17 Juli 2023

Berikut gerak saham emiten BUMN konstruksi usai Rosan Roeslani dilantik jadi Wamen BUMN pada Senin, 17 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah saham emiten konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat penguatan pada perdagangan saham Senin, (17/7/2023). Penguatan saham emiten BUMN konstruksi di tengah reshuffle kabinet, termasuk dilantiknya Rosan Roeslani jadi wakil menteri (Wamen) BUMN.

Dikutip dari data RTI, saham PT PP Tbk (PTPP) melambung 3,2 persen ke posisi Rp 645 per saham. Saham PTPP dibuka naik lima poin ke posisi Rp 630 per saham. Saham PTPP berada di level tertinggi Rp 655 dan terendah Rp 625 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.886 kali dengan volume perdagangan 266.602 lot saham. Nilai transaksi Rp 17, 1 miliar.

Demikian juga saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Saham Wijaya Karya (WIKA) bertambah 3,41 persen ke posisi Rp 515 per saham. Saham WIKA dibuka stagnan di posisi Rp 498 per saham. Saham WIKA berada di level tertinggi Rp 515 dan terendah Rp 498 per saham.Total frekuensi perdagangan 2.424 kali dengan volume perdagangan saham WIKA 323.492 lot saham. Nilai transaksi Rp 16,4 miliar.

Selain itu, saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI) juga melejit pada awal pekan ini. Saham ADHI ditutup melambung 7,58 persen ke posisi Rp 525 per saham.

Saham ADHI dibuka naik dua poin ke posisi Rp 490 per saham. Saham ADHI berada di level tertinggi Rp 525 dan terendah Rp 488 per saham. Total frekuensi perdagangan 7.352 kali dengan volume perdagangan 999.575 lot saham. Nilai transaksi harian Rp 50,6 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja IHSG dan Pelantikan Wamen BUMN Baru Roesan Roslani

Sementara itu, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berbalik arah melemah pada perdagangan saham Senin, 17 Juli 2023. IHSG turun tipis 0,04 persen ke posisi 6.867. Indeks LQ45 bertambah 0,03 persen.

Di sisi lain, sebagian besar indeks acuan kompak tertekan. Pada awal sesi perdagangan, IHSG berada di zona hijau. IHSG sempat berada di level tertinggi 6.931,27. Sementara itu, IHSG berada di level terendah 6.867,14.

Sebanyak 281 saham menguat sehingga tahan koreksi IHSG. 258 saham melemah dan 202 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan 1.268.837 kali dan volume perdagangan 20,5 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 9,7 tirliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik menteri dan sejumlah wakil menteri baru pada Senin, 17 Juli 2023, termasuk Wakil Menteri BUMN II Rosan Perkasa Roeslani.

Ia dilantik sebagai Wamen BUMN berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju pada 2019-2024. Rosan menggantikan Pahala Mansury yang mengemban tugas baru sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, demikian dikutip dari Antara.

3 dari 4 halaman

Tugas Berat Rosan Roeslani, Pastikan 88 Proyek BUMN Rampung 2024

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir target sebanyak 88 proyek yang milik BUMN bisa rampung seluruhnya pada 2024 mendatang. Dari total proyek BUMN tersebut, sekitar 90 persennya akan diselesaikan pada tahun ini.

"Dari 88 proyek BUMN yang ditargetkan, Insya Allah 90 persen akan selesai di akhir tahun. Sisa 10 persen, Insya Allah tahun depan selesai," ujar Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

"Jadi artinya apa, kita coba mendapatkan target sesuai yang kita inginkan," dia menambahkan.

Optimisme itu muncul dengan adanya sokongan bantuan dari Rosan Roeslani, eks Duta Besar RI untuk Amerika Serikat yang berpengalaman di sektor bisnis.

"Peran pak Rosan tadi, bagaimana dengan expertise-nya di dunia internasional sebagai dubes, lalu Kadin juga bisa mendorong percepatan apa yang mau kita dorong di BUMN," ungkapnya.

Tak hanya Rosan Roeslani, Erick juga merasa terbantu dengan adanya support dari Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, yang menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang BUMN. "Dan, pak Tiko itu Wakil Ketua Kadin. Jadi, istilah BUMN ini menara gading, tidak dekat dengan perusahaan swasta, ini terbantahkan," kata Erick Thohir.

 

4 dari 4 halaman

Tugas Khusus Rosan Roeslani dari Erick Thohir: Urus Restrukturisasi BUMN Karya dan Kereta Cepat

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengkonfirmasi bahwa Rosan Perkasa Roeslani akan diberi tugas sebagai Wakil Menteri atau Wamen BUMN II. Rosan Roeslani menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang digeser menjadi Wamen BUMN I.

Erick Thohir mengapresiasi kinerja Tiko, panggilan akrab Kartika yang sudah membantunya mengurusi BUMN di sektor komunikasi hingga perbankan.

"Sekarang pak Tiko saya tugaskan jadi Wamen I berfokus di energi, pangan, pupuk, dan lain-lain. Untuk pak Rosan menggantikan pak Tiko di Wamen II, untuk fokus kepada industri perbankan dan lain-lain," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Sejumlah tugas pun bakal diberikan kepada Rosan Roeslani, termasuk restrukturisasi BUMN karya dan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang berada di bawah koordinasi Wamen BUMN II.

"Ada beberapa kegiatan yang memang harus ditransisikan, seperti kereta cepat, restrukturisasi karya, karena memang ini sudah berjalan. Jangan sampai nanti ada pergantian justru nanti malah terhambat," pinta Erick.

Nanti malam, Erick mengatakan, dirinya bakal mengadakan rapat dengan jajaran Kementerian BUMN, Termasuk di antaranya Rosan dan Tiko.

"Kita marathon, untuk mendorong bahwa waktunya berjalan terus. Jadi bukan berarti ini pelantikan tenang-tenang. Jadi saya dorong, kita pastikan masing-masing Wamen kemudian deputi mengerti apa yang kita dorong untuk percepatan," tegasnya.

Meskipun ada pergeseran posisi, Erick tetap meminta Tiko untuk mendampingi Rosan di posisi barunya sebagai Wamen BUMN II. Sebab, ia tak ingin Rosan kewalahan dengan tuntutan atas tugas barunya.

"Kalau perbankan pak Rosan mah hatam. Proyek-proyek besar yang sekarang sedang restrukturisasi jangan tiba-tiba malah ter-delay karena ada alasan pergantian Wamen BUMN. Jadi pendampingan," kata Erick Thohir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini