Sukses

Deretan Saham Agensi K-Pop di Korea Selatan

Berikut agensi K-pop yang mencatatkan saham perdana di Bursa Saham Korea Selatan antara lain HYBE, SM Entertainment, YG Entertainment, Cube Entertainment dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham di Korea Selatan menjadi salah satu opsi pendanaan untuk perusahaan atau agensi Kpop. Saham-saham agensi ini cukup diminati, mengingat basis fandom yang makin luas.

Berdasarkan kapitalisasi pasar saat ini, agensi yang menaungi grup vokal pria Bangtan Boys atau BTS, Hybe Co Ltd tercatat sebagai agensi idol paling bernilai, yakni mencapai KRW 11,0 triliun. Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, agensi bakat, produksi musik, manajemen acara dan produksi konser, dan sebagai penerbit musik rumahan.

Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk ADOR, Big Hit Music, Source Music, Pledis Entertainment, Belift Lab, dan KOZ Entertainment, yang secara kolektif dikenal sebagai Hybe Labels. Big Hit mengumumkan rebranding menjadi perusahaan platform gaya hidup hiburan dengan nama Hybe Corporation pada 19 Maret 2021.

Perusahaan juga melakukan restrukturisasi organisasi, dan menyatakan Big Hit Entertainment akan menjadi Big Hit Music di bawah divisi Label baru Hybe. Penggantian nama tersebut tunduk pada rapat umum pemegang saham yang diadakan pada 30 Maret 2021.

Sudah rahasia umum, nama perusahaan ini melambung berkat ketenaran salah satu grup Bangtan Boys (BTS). Pada 2010, Bang Si-Hyuk menggelar audisi nasional dan Rap Monster menjadi anggota pertama dari Bangtan Boys (BTS) yang menandatangani kontrak.

Satu tahun kemudian, Suga dikonfirmasi menjadi rapper untuk BTS. J-Hope, Jin, Jimin, V, dan Jungkook pun juga direkrut dan mereka debut pada 2013. Selain BTS, beberapa nama yang bernaung dalam manajemen Hybe di antaranya, Tomorrow x Together, Seventeen, dan Newjeans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

JYP Entertainment-SM Entertainment

JYP Entertainment

JYP Entertainment adalah sebuah konglomerasi usaha meliputi label rekaman dan agensi hiburan multinasional asal Korea Selatan yang didirikan oleh Park Jin-young pada 1997. JYP merupakan salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan, dengan kapitalisasi pasar saat ini senilai KRW 4,81 triliun.

Di bidang bisnis, perusahaan telah memperluas pengaruh K-pop ke industri musik dunia melalui anak perusahaan di luar negeri JYP USA, JYP JAPAN, dan JYP CHINA. Selain itu, perusahaan mendirikan JYP Three Sixty untuk memperluas bisnis IP ke bisnis platform.

Perusahaan ini telah menghasilkan banyak artis global, termasuk god, Rain, Wonder Girls, 2PM, 2AM, miss A, GOT7, TWICE, Stray Kids, ITZY, Xdinary Heroes, dan NMIXX di Korea Selatan; NiziU di Jepang; BOY STORY, dan YAOCHEN di Cina.

 

SM Entertainment

SM Entertainment, didirikan pada 1995 oleh Lee Soo Man, dan menjadi perusahaan pertama di industri ini yang memperkenalkan sistem agensi meliputi casting, pelatihan, produksi, dan manajemen yang sistematis. Pada 1997, SM Entertainment menjadi perusahaan pertama di industri hiburan Korea yang memasuki pasar luar negeri dan membuat prestasi luar biasa sebagai pemimpin Hallyu, atau Gelombang Korea yang merujuk pada melebarnya budaya pop Korea ke seluruh dunia.

SM Entertainment telah berhasil menginjakkan kaki di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa sembari mempertahankan basisnya di Asia. Kapitalisasi pasarnya saat ini tercatat sebesar KRW 2,93 triliun.

Secara garis besar, lini bisnis SM Entertainment dibagi pada tiga bidang. Antara lain, entertainment meliputi; music, management, artist, album, concert, beyond LIVE, drama/variety show/musical. Kemudian bidang new media, meliputi social network service dan mobile application. Untuk bisnis lifestyle meliputi food & beverage, celebrity show, dan travel.

Adapun sejumlah artis yang bernaung di bawah SM Entertainment di antaranya; KANGSTA, BoA, TVXQ!, Super Junior, SHINee, Girls’ Generation, EXO, Red Velvet, NCT, NCT 127, NCT Dream, WayV, SuperM, aespa, GOT the beat, dan banyak lainya.

 

3 dari 4 halaman

YG Entertainment-Cube Entertainment

YG Entertainment

YG Entertainment adalah perusahaan hiburan asal Korea Selatan yang didirikan pada 1996 di Seoul, Korea Selatan. YG merupakan singkatan dari Yang Gun yang diambil dari nama panggilan sang pendiri sekaligus produser eksekutif, Yang hyun-suk.

Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, agen pencari bakat, perusahaan produksi musik dan konser, manajemen acara dan penerbit musik, distribusi musk dan merchandise. Selain itu, perusahaan ini juga mengoperasikan sejumlah perusahaan anak, termasuk lini pakaian, manajemen golf dan merek kosmetik. Kapitalisasi pasarnya saat ini tercatat sebesar KRW 1,37 triliun

YG Entertainment merupakan rumah bagi sejumlah penyanyi K-pop ternama yang telah berhasil menarik perhatian internasional, seperti BIGBANG, AKMU, WINNER, iKON, BLACKPINK, SECHKIES, Jinusean, dan TREASURE, serta aktor dan aktris seperti Kang Dong-won, Choi Ji-woo, dan Cha Seung-won.

Cube Entertainment

Cube Entertainment didirikan pada 29 Agustus 2006 oleh Hong Seung-sung alias Simon Hong, mantan presiden JYP Entertainment bersama Shin Jung-hwa alias Monica Shin dengan nama Playcube Inc.

Pada awal berdirinya, Cube Entertainment sering dikira sebagai anak perusahaan dari JYP Entertainment. Namun, Cube Entertainment adalah sebuah perusahaan independen yang kini memiliki kapitalisasi pasar sebesar KRW 336,83 miliar.

Beberapa musisi yang bernaung di bawah perusahaan, antara lain Jo Kwon, BTOB, PENTAGON, (G)I-DLE, dan LIGHTSUM. Serta bebrapa artis dan entertainer seperti Kim Jin Woo, Na In Woo, Yoo Seonho, Oh Seunghee, Kwon Eunbin, Moon Su Young, Seung You, Park Mi Sun, Sj Lee, Kim Kyung Ah, Lee Eun Ji, Dan Jung Jiwoo.

4 dari 4 halaman

FNC Entertaiment Co Ltd

FNC Entertainment merupakan singkatan dari fish and cake, adalah sebuah agensi dan perusahaan hiburan Korea Selatan yang didirikan pada 2006 oleh produser sekaligus mantan penyanyi Han Seong-ho.

Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, agen bakat, perusahaan produksi musik, manajemen acara dan perusahaan produksi konser, serta penerbit musik.

Kapitalisasi perusahaan saat ini sebesar KRW 125,20 miliar. Perusahaan merupakan rumah bagi artis musik terkemuka seperti band rock F.T. Island, CNBLUE dan N.Flying, serta grup K-pop AOA, SF9, Cherry Bullet, dan P1Harmony. Itu juga mengelola sejumlah penghibur, termasuk Lee Guk-joo dan Lee Se-young, dan sejumlah aktor, termasuk Jung Hae-in, Lee Dong-gun, Park Gwang-hyun, Sung Hyuk, dan Kim Yeon-seo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini