Sukses

WIR Asia Sebut Bisnis Teknologi Masih Prospektif, Ini Alasannya

Mengikuti tren adopsi teknologi XR, WIR akan terus berinovasi dan menyediakan lebih banyak aplikasi di sektor-sektor seperti periklanan.

Liputan6.com, Jakarta WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIR Group menilai prospek industri teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) masih cerah ke depannya. Sebab, prospek bisnis teknologi extended reality (XR) dinilai sangat menarik.

Dengan begitu, Direktur Utama WIR Asia Michael Budi Wirjatmo mengatakan, pihaknya melihat semakin banyak industri yang mengadopsi teknologi tersebut, mulai dari hiburan, olahraga, ritel, otomotif, dan bahkan sektor kesehatan.

Menurut ia, solusi XR juga dimanfaatkan di sektor publik yaitu untuk bantuan atau pemeliharaan jarak jauh, manajemen rantai pasokan, dokumentasi virtual, visualisasi alur kerja, dan membangun infrastruktur cerdas.

"Selama bertahun-tahun, solusi WIR telah diterapkan di banyak sektor industri, yaitu olahraga dan hiburan, permainan, ritel, pendidikan, dan perawatan kesehatan dan lebih banyak lagi yang akan datang," kata Michael dalam paparan publik di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Dia bilang, mengikuti tren adopsi teknologi XR, WIR akan terus berinovasi dan menyediakan lebih banyak aplikasi di sektor-sektor seperti periklanan, 

kesehatan, ritel, dan pendidikan. Dengan total ukuran pasar sebesar USD 5,3 triliun termasuk ukuran pasar kawasan Asia Tenggara sebesar USD 152 miliar. Di sisi lain, perseroan juga optimistis mencapai pertumbuhan pendapatan hingga Rp 4 triliun pada 2023.

"Pendapatan atau hasil dari bottom line-nya pasti akan relatif. So far still on track akan bisa dikejar," kata Chief Business Development Officer & Co-Founder WIR Group Jimmy Halim.

Dalam rangka mencapai mencapai target kinerja, perseroan tengah menyiapkan sejumlah strategi. Salah satunya melalui peningkatan data analytical tools, optimasi fitur dashboard,menjangkau berbagai industri melalui implementasi aplikasi platform yang lebih banyak.

Selain itu, menambahkan produk dan layanan baru, meningkatkan penyebaran perangkat, menambahkan lebih banyak fitur dan pilihan serta meningkatkan efisiensi dan pengembangan talenta.

Kemudian, perseroan juga berupaya meningkatkan manajemen proyek dan program retensi karyawan serta pengembangan terfokus melalui akuisisi teknologi, kekayaan intelektual, dan bisnis yang berhubungan.

Masih dalam upaya meningkatkan kinerja perseroan, WIR Group senantiasa berupaya untuk menawarkan solusi teknologi yang inovatif dan berguna melalui teknologi mutakhir untuk menjawab kebutuhan mitra bisnisnya. Dengan era AI yang saat ini tengah menggeliat, WIR Group juga telah memberikan berbagai solusi bisnis kepada seluruh industri untuk menjawab tantangan pasar terkait teknologi masa depan. 

"Pengembangan teknologi berbasis AI diharapkan mampu menciptakan peluang usaha baru dan menciptakan optimasi performa bisnis yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga dapat bersaing secara global," imbuhnya.

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini