Sukses

Mitra Pinasthika Mustika Tebar Dividen Rp 135 Per Saham, Kapan Waktunya?

Perusahaan konsumer otomotif dan transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), menyetujui untuk membagikan dividen final tunai tahun buku 2022

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan konsumer otomotif dan transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), menyetujui untuk membagikan dividen final tunai tahun buku 2022 sebesar Rp 135 per lembar saham kepada para pemegang saham dari penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.

Jumlah tersebut merupakan 89 persen dari laba bersih perseroan pada 2022 atau setara dengan dividend yield 11 persen terhadap harga saham perseroan pada saat penutupan Selasa, 23 Mei 2023.

Hal itu pun telah sesuai dengan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada 24 Mei 2023.

Sampai dengan 31 Desember 2022, perseroan memberikan hasil keuangan yang kuat pada 2022 didorong oleh keunggulan operasional yang kuat dan inisiatif strategis sehingga mampu meraih laba bersih sebesar Rp 662 miliar atau naik signifikan sebesar 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang dikontribusikan dari pertumbuhan bisnis distribusi, ritel dan aftermarket, transportasi, multi-finance, dan capital gain terkait strategi divestasi 49,9997 persen saham MPMX di bisnis transportasi (MPMRent).

Sebagai hasilnya, neraca keuangan Perseroan menjadi kuat dengan posisi kas yang mencapai Rp1,99 triliun yang memungkinkan perseroan untuk mengapresiasi para pemegang saham melalui distribusi dividen yang konsisten.

Pada kuartal I 2023, MPMX berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 34 persen menjadi Rp 3,8 triliun dibandingkan periode yang sama 2022. Tanda yang menggembirakan ini menunjukkan bahwa MPMX berada dalam posisi yang kuat untuk dapat mengembangkan perseroan melalui berbagai channel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Perseroan

Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati mengatakan, ini adalah bagian dari strategi perseroan untuk menghargai para pemegang saham perseroan melalui kombinasi pertumbuhan bisnis yang kuat dan distribusi dividen.

"Ketika kita melihat laba bersih dan arus kas di akhir tahun, selalu tidak mudah untuk mencari keseimbangan yang tepat antara berinvestasi kembali pada perusahaan atau memberikan penghargaan kepada para pemegang saham. Kami percaya bahwa kedua tujuan ini sama pentingnya dan bagi MPMX, keduanya adalah prioritas utama kami untuk tahun-tahun mendatang," kata Suwito dalam keterangan resminya, Kamis (25/5/2023).

Dia juga mengaku, pihaknya sangat optimis bahwa hasil pendapatan yang positif pada kuartal I 2023 akan terus bertumbuh hingga akhir tahun. Selain berfokus pada optimalisasi bisnis yang sudah ada, kami terus mencari peluang merger dan akuisisi di industri otomotif.

"Kami percaya bahwa investasi ini harus disertai dengan penilaian yang matang, memperhitungkan proposisi bisnis yang sehat, bersinergi dengan platform yang telah ada, dan dengan modal belanja yang ringan. Keseluruhan ini sejalan dengan prioritas utama kami untuk berinvestasi kembali di perusahaan dan tetap memberikan apresiasi kepada para pemegang saham di masa mendatang," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pengurus

Tak hanya itu, RUPST juga melakukan pengangkatan kembali Dewan Komisaris dan Dewan Direksi serta mengangkat Kemal Mawira sebagai Direktur Perseroan, serta rencana pembagian dividen, perseroan menyampaikan susunan Direksi dan Komisaris Perseroan dengan masa jabatan terhitung sejak ditutupnya RUPST 2023 sampai dengan ditutupnya RUPST tahun buku 2027 yang akan diadakan pada tahun 2028, sebagai berikut.

Direktur Utama: Suwito

Direktur: Beatrice Kartika

Direktur: Ivan

Direktur: Kemal Mawira

Komisaris Utama: Edwin Soeryadjaya

Komisaris: Tossin Himawan

Komisaris: Danny Walla

Komisaris Independen: Istama Tatang Siddharta

Komisaris Independen: Benny Redjo Setyono

Jadwal Pembagian Dividen

-Cum dividen di pasar reguler dan negosiasi: 5 Juni 2023

-Ex dividen di pasar reguler dan negosiasi: 6 Juni 2023

-Cum dividen di pasar tunai: 7 Juni 2023

-Ex dividen di pasar tunai: 8 Juni 2023

-Recording date: 7 Juni 2023

-Pembayaran dividen: 23 Juni 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • dividen

Video Terkini