Sukses

Luncurkan Fitur Saham, Buka Investasi Bersama Melalui BMoney Bidik 1 Juta Investor

Aplikasi investasi online milik Buka Investasi Bersama (BIB) melalui BMoney meluncurkan fitur saham dalam platformnya.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi investasi online milik Buka Investasi Bersama (BIB) melalui BMoney meluncurkan fitur saham dalam platformnya. Selain itu, BIB juga membidik pertumbuhan investor sebanyak 1 juta orang yang tercatat sebagai Single Investor Identification (SID).

"Dengan adanya peluncuran investasi saham ini, kami menargetkan 1 juta investor tercatat sebagai SID," kata COO PT Buka Investasi Bersama Dhinda Arisyiya di sela Peluncuran BMoney Saham (16/5/2023).

Dia bilang, BIB melalui BMoney mengincar investor dari kalangan millenial. Hingga saat ini, 60 persen investor berasal dari usia produktif dan juga milenial. Lalu, sisanya sekitar 40 persen dari total investor merupakan investor baru yang memang memiliki akses investasi melalui aplikasi BMoney.

Di sisi lain, ia juga mengaku, peluncuran fitur saham ini menjadi langkah awal bagi perusahaan untuk terus mengembangkan fitur-fitur yang ada.

Tak hanya itu, Dhinda mengatakan, pihaknya membidik pertumbuhan dana kelolaan dua digit baik produk reksa dana atau obligasi.

"Kami selalu menargetkan dana kelola tumbuh minimum double digit baik di produk reksa dana maupun obligasi," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kolaborasi BMoney dan CGS-CIMB Sekuritas Luncurkan Fitur Penjualan Saham dan Program Khusus untuk Pengguna Premium

Sebelumnya, seiring dengan target pertumbuhan investor yang ditargetkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2023 sejumlah 13,5 juta investor, dan dengan semangat yang sama untuk membangun pasar modal Indonesia, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia terus konsisten mengenalkan dan meningkatkan literasi serta inklusi masyarakat akan pasar modal.

Hal ini melakui produk investasi yang cukup dengan generasi muda yang akrab dengan teknologi yaitu investasi saham.  Sebagai wujud komitmen atas hal tersebut,terutama dalam menjangkau investor ritel, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia kembali meluncurkan terobosan baru dalam dunia pasar modal yang selaras dengan program dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu “Synergy for Sustainabillity and Beyond” yang berkolaborasi dengan BMoney.

Sementara itu, BMoney Privilege adalah program investors priority yang dapat dinikmati oleh para pengguna premium BMoney untuk bertransaksi berbagai produk BMoney secara digital dengan dukungan dari para tenaga pemasar yang berpengalaman serta akses ke beragam fitur ekstra yang dapat semakin memenuhi kebutuhan investasi para pengguna layanan ini serta pengalaman investasi yang inklusif dan aman bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan beragam tujuan investasi melalui produk-produk yang sesuai. 

Selaku mitra dari BMoney dalam meluncurkan fitur saham, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia menyambut baik kolaborasi ini karena merupakan kesempatan bagi CGS-CIMB Sekuritas Indonesia untuk mendukung antusiasme investasi saham di Tanah Air sekaligus berkontribusi terhadap dinamika investasi di Indonesia. 

 

3 dari 6 halaman

Fasilitasi Kebutuhan Investasi

Dengan menggabungkan pengalaman dan expertise CGS-CIMB Sekuritas Indonesia dengan ketangguhan platform teknologi BMoney dalam memfasilitasi kebutuhan investasi para penggunanya.

"Kami percaya bahwa ini akan menghasilkan win-win untuk semua dan tentu saja, organisasi dan praktik masalah inklusivitas. Kami juga dapat menambah inisiatif edukasi berkelanjutan bagi pengguna BMoney, karena pengetahuan adalah kunci untuk membuka kemandirian finansial yang sebenarnya," kata CEO Grup CGS-CIMB Sekuritas Carol Fong di acara Konferensi Pers: Peluncuran BMoney Saham (16/5/2023).

Di sisi lain, President Director PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Lim Kim Siah mengatakan, pihaknya melihat kemitraan ini sebagai langkah yang strategis dalam mendorong habit investasi saham yang tepat dan aman di Indonesia. Dari sini, pertumbuhan ekonomi nasional juga bisa terdampak secara positif tentunya.

 

4 dari 6 halaman

Kolaborasi Pertama Platform Teknologi dan Sekuritas

Sementara itu, Buka Investasi Bersama sebagai bagian dari Bukalapak membawa semangat yang sama yang selama ini diusung, yaitu memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang melalui kekuatan teknologi, termasuk kesempatan untuk berinvestasi dengan mudah dan aman. BMoney dari BIB adalah platform untuk mewujudkan semangat dan misi ini. 

"Melalui kehadiran fitur Saham serta BMoney Privilege, BMoney dapat memberikan layanan yang inklusif bagi lebih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki berbagai kebutuhan investasi. Hal ini juga bagian dari tujuan BMoney untuk membantu masyarakat dalam menemukan pilihan produk investasi yang aman dan sesuai kebutuhan mereka”, ujar CEO BukaFinancial & Commerce Victor Lesmana.

Pada kesempatan yang sama, COO PT Buka Investasi Bersama Dhinda Arisyiya, menyampaikan tentang peluncuran fitur Saham dan BMoney Privilege sebagai bentuk komitmen BMoney untuk memperluas dukungannya terhadap para investor dengan kebutuhan yang terus berkembang. 

"Ini merupakan kolaborasi pertama platform teknologi dengan sekuritas, yaitu CGS-CIMB Sekuritas Indonesia," kata Dhinda.

Dia bilang, BMoney telah sukses melayani hampir satu juta investor sejak diluncurkan pada 2020 dengan total dana kelolaan mencapai lebih dari Rp 1 triliun, di mana dana kelolaan ini mengalami peningkatan triple digit sepanjang 2022.

 

5 dari 6 halaman

Perluas Layanan

Berangkat dari pertumbuhan tersebut, Dhinda mengaku, pihaknya ingin memperluas layanan kami dalam memfasilitasi lebih banyak lagi kebutuhan investasi masyarakat. 

Berdasarkan data dari IDX hingga akhir Desember 2022, tercatat jumlah investor dalam negeri di pasar modal Indonesia tumbuh secara signifikan selama 2022 mencapai 10 juta single investor identification (SID) dan jumlah investor saham sebanyak 4 juta SID yang terdaftar di Indonesia.

Mengacu pada data tersebut dan data internal kami, kami melihat ketertarikan yang tinggi terhadap investasi saham terutama dari kalangan non-investor dan potensi yang masih sangat besar dalam meningkatkan penetrasi investor saham di tanah air. 

"Oleh karena itu, fitur transaksi saham pada BMoney kami rancang untuk mengakomodir kebutuhan pengguna dan meningkatkan habit investasi yang sehat bagi para pengguna dalam mencapai tujuan finansialnya ” ujarnya.

Melalui BMoney Privilege, BMoney menyediakan kemudahan pengalaman investasi untuk membantu para investor dalam mengembangkan aset mereka.

BMoney Privilege akan memberikan para penggunanya akses ke portofolio, real-time data insight dan berita-berita terbaru seputar bursa saham, dukungan dari para tenaga pemasar, kesempatan untuk melebarkan jaringan, serta opsi-opsi investasi yang terdiri dari pilihan reksa dana dari beragam kelas aset. 

 

6 dari 6 halaman

Fitur Saham

BMoney, merupakan aplikasi investasi online milik Buka Investasi Bersama yang merupakan perusahaan finansial teknologi hasil kolaborasi Bukalapak dan Ashmore Asset Management Indonesia, bekerjasama dengan perusahaan sekuritas ternama CGS-CIMB Sekuritas Indonesia meluncurkan fitur saham serta program khusus bagi segmen pengguna premium bernama BMoney Privilege. 

Melalui fitur saham, para pengguna BMoney dapat melakukan transaksi jual beli saham berbagai emiten di tanah air dengan mudah dan aman. Kolaborasi ini merupakan kolaborasi pertama antara platform teknologi dengan perusahaan sekuritas di Indonesia.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia sendiri merupakan perusahaan sekuritas yang beroperasi sejak 1990 dan merupakan salah satu broker yang berada di top 3, berdasarkan data pangsa pasar di Indonesia pada Januari 2023.

Tak hanya itu, untuk informasi lengkap seputar fitur Saham di BMoney dan BMoney Privilege, kunjungi bmoney.id. Follow juga instagram BMoney (@bmoney.id) untuk tahu berita terkini tentang BMoney. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini