Sukses

Fakta Menarik Francoise Bettencourt Meyers, Bos L’Oreal yang Sandang Predikat Wanita Terkaya di Dunia

Francoise Bettencourt Meyers, cucu pendiri L'Oreal menduduki peringkat ke-10 sebagai orang terkaya di dunia. Nilai kekayaan Francoise setara Rp 1.235 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Francoise Bettencourt Meyers, cucu pendiri L'Oreal, adalah wanita terkaya di dunia. Dia lahir pada 10 Juli 1953 di Neuilly-sur-Seine. Merujuk data real time Forbes, total kekayaan Francoise Bettencourt Meyers saat ini tercatat USD 80,7 miliar atau sekitar Rp 1.235,48 triliun (kurs Rp 15.309,55 per USD). Dengan total kekayaan tersebut, ia menduduki peringkat ke-10 sebagai orang terkaya di dunia.

Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki sekitar 33 persen saham L'Oreal. Dia telah bertugas di dewan direksi L'Oreal sejak 1997 dan merupakan ketua perusahaan induk keluarga, bernama French Personal Care Company. Selain menjadi pewaris bisnis keluarga, Bettencourt Meyers juga dikenal sebagai penulis yang telah menerbitkan beberapa karya.

Melansir berbagai sumber, berikut Liputan6.com telah merangkum fakta-fakta menarik mengenai Bettencourt Meyers sebagai berikut, Sabtu (4/3/2023):

Bettencourt Meyers adalah Penulis Terkenal

Françoise Bettencourt Meyers adalah seorang penulis terkenal yang telah menulis banyak materi. Dia memiliki minat pada mitologi dan spiritualitas. Kecintaannya yang besar pada mitologi Yunani terlihat di sebagian besar karyanya. Françoise Bettencourt Meyers juga tertarik dengan hubungan Yahudi-Kristen yang menjadi tema utama di sebagian besar bukunya.

Françoise Bettencourt Meyers Tumbuh di Tengah Keluarga yang kaya dan terkenal

Françoise Bettencourt Meyers lahir dari keluarga terpandang di Neuilly sur Seine di Prancis. Ayahnya, Andres Bettencourt adalah seorang politikus Prancis yang sangat populer. Ibunya, Liliane Bettencourt dikenal sebagai pemegang saham mayoritas L'Oreal dan sosialita. Keluarga itu tidak hanya sangat populer tetapi juga sangat kaya. Maka tak ayal jika dia mewarisi ketenaran orangtuanya itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asal Usul Kekayaan

Asal Usul Kekayaannya hingga Menjadi Multi-Billionaire Heiress

Françoise Bettencourt Meyers merupakan ahli waris multi-miliarder yang merupakan pemangku kepentingan utama L'Oreal. Perusahaan ini dimulai oleh mendiang neneknya dan kemudian dipindahkan ke ibunya. Setelah ibunya meninggal dunia pada 2017, dia mewarisi semua saham sang ibu.

Pada 2017, ia menjadi L'Oreal Heiress yang berkuasa di Prancis setelah ibunya yang merupakan wanita terkaya di dunia meninggal.

Selain warisan loreal, Françoise Bettencourt Meyers mewarisi Yayasan Bettencourt Schueller dari ibunya, Liliane Bettencourt. Liliane Bettencourt mendirikan yayasan tersebut pada 1987 dan sejak didirikan, yayasan tersebut tidak mencari pendanaan dari luar.

Pernah Berseteru dengan Sang Ibu

Françoise Bettencourt Meyers menjadi sangat terkenal setelah digugat oleh ibunya. Dia dituding melakukan pelecehan berupa kekerasan moral yang dilakukan oleh putrinya. Dia menyebutkan, putrinya itu telah memberikan sejumlah uang kepada seorang fotografer untuk memanfaatkan demensia yang diderita Liliane.

Diduga, tujuan dokumentasi oleh fotografer bayaran itu adlah untuk membuat ibunya dinyatakan tidak sehat secara mental, sehingga tidak kompeten untuk mengelola kekayaannya saat itu.

Seluruh proses hukum tidak berjalan lancar karena Françoise Bettencourt Meyers dan ibunya saling lempar pernyataan di media. Namun, Françoise Bettencourt Meyers akhirnya mencapai penyelesaian di luar pengadilan yang menguntungkan yang penting untuk menyelesaikan masalah keluarga.

 

3 dari 3 halaman

Hindari Sorotan Publik

Françoise Bettencourt Meyers menikah dengan Jean Pierre Meyers

Françoise Bettencourt Meyers menikah dengan Jean Pierre Meyers pada 6 April 1984. Jean Pierre Meyers telah menjadi anggota Dewan L'Oreal sejak 1987 serta Wakil Ketua Dewan Direksi. Dia juga menjabat sebagai Chief Executive Officer dari perusahaan milik keluarga bernama Tethys dan Wakil Ketua Dewan Pengawas. Pasangan itu memiliki dua anak. Salah satunya, Nicholas Meyers, menjabat sebagai salah satu anggota dewan L'Oreal.

Françoise Bettencourt Meyers Menghinari Sorotan Publik

Meskipun Françoise Bettencourt Meyers terkenal karena kekayaannya, dia menjalani kehidupan yang sangat pribadi. Terlepas dari kecintaannya pada piano dan menjadi penulis terbitan, tidak banyak yang diketahui tentang hobinya. Dia suka menjauh dari paparazzi dan terutama menghindari wawancara publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.