Sukses

Dior Tunjuk Jimin BTS Jadi Duta Global, Sahamnya Sentuh Level Tertinggi dalam 31 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Rumah mode mewah Dior mengumumkan Jimin BTS menjadi duta global terbaru Dior pada 16 Januari 2023. Pengumuman Dior (CDI) tersebut memberikan kegembiaran besar bagi fans BTS terutama fans Jimin.

Dari sisi bisnis, Dior dinilai mendapatkan nilai maksimal dari kesepakatan tersebut. Dior telah mempertahankan posisi sebagai rumah mode mewah selama beberapa dekade. Pada 2023, Dior dinobatkan sebagai merek mewah terpopuler kedua di dunia oleh Luxe Digital. Menjadi perwakilan dari merek warisan , hal tersebut merupakan pencapaian besar. Namun, penunjukan Jimin BTS jadi duta global membawa lebih banyak katalis positif.

Berdasarkan data dari investing.com, dikutip dari Koreaboo, ditulis Minggu (22/1/2023), saham Dior mencapai level tertinggi sepanjang masa setelah Jimin diumumkan sebagai duta merek terbarunya.

Dior telah mencatatkan saham di bursa saham sejak 1992. Setelah pengumuman pada 16 Januari 2023, harga saham Dior naik menjadi 775,50 euro atau sekitar Rp 12,69 juta (asumsi rupiah 16.385 per euro). Pada 18 Januari 2023, harga saham DIOR naik menjadi 789 euro atau sekitar Rp 12,92 juta, dan mencapai level tertinggi sepanjang masa dalam 31 tahun.

Namun, saham Dior kembali tertekan pada 19 Januari 2023 dan ditutup ke posisi 765,50 per euro. Selama lima hari, saham Dior susut 0,26 persen.

Demikian juga saat Jisoo Blackpink ditunjuk jadi duta global Dior pada 6 Maret 2021. Saham Dior naik 2,25 persen ke posisi 480,20 euro pada 8 Maret 2021.

Mengutip Koreaaboo, saham Louis Vuitton sempat sentuh level tertinggi sepanjang masa pada 2023. Hal ini setelah seluruh anggota BTS menandatangani kesepakatan sebagai duta pada 2021. 

Ketika anggota tidak termasuk duta, hubungan antara perusahaan dan BTS telah meningkatkan penjualan. Saat ini setiap anggota menerima kesepakatan masing-masing, dan akan menarik untuk melihat seberapa jauh kekuatan bintangnya dapat angkat merek yang diwakili.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jimin BTS Jadi Duta Global Terbaru Rumah Mode Mewah Dior

Sebelumnya, Penyanyi dan anggota boyband BTS Jimin ditunjuk menjadi duta merek global terbaru untuk Dior. Jimin BTS mengikuti sesama artis K-pop Jisoo BLACKPINK, Sehun EXO, dan Cha Eunwoo Astro.

Mengutip Yahoo Finance, hubungan BTS dengan rumah mewah Prancis tersebut dimulai pada 2019. Saat itu desainer pakaian pria Dior Kim Jones merancang pakaian panggung untuk tur dunia “Love Yoursel:Speak Yourself”.

Sebelumnya BTS telah bekerja sama dengan merek-merek termasuk McDonald’s, Coca-Cola, Samsung dan Louis Vuitton pada April 2021. Namun, kontrak BTS dengan Louis Vuitton kini telah berakhir. Baik Vuitton dan Dior milik konglomerat Prancis LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton.

"Penyanyi, penari dan penulis lagu Jimin dari BTS sekarang menjadi duta global Dior. Ikatan khusus ini mengikat lebih dari sebelumnya. Persahabatan dengan Dior dan Kim Jones, yang telah merancang pada 2019, pakaian panggung band BTS,” demikian pernyataan Dior seperti dikutip dari Yahoo, Senin (16/1/2023).

 

3 dari 4 halaman

Jisoo, Duta Global Ambassador

Dior juga menyatakan, artis baru Korea Selatan ini mewujudkan semangat dan keunikan gaya modernitas Dior dengan ciri khas yang tak lekang oleh waktu. Dengan Jimin secara individu menandatangani merek Dior, ini berarti anggota lain dapat melakukan hal sama dengan rumah mode lainnya seperti Blackpink dan NewJeans.

Hingga kini tidak jelas seperti apa kemitraan ini ke depan seiring anggota BTS berencana mendaftar wajib militer di Korea Selatan setelah umumkan hiatus yang tidak terbatas. Namun, perlu dicatat Jimin tidak harus bergabung dengan militer hingga 2025 mengingat usianya. Sejauh ini, Jin satu-satunya anggota yang sudah daftar wajib milider.

Rumah mode Dior tidak asing dengan kekuatan K-pop. Jisoo, anggota Blackpink telah membuat banyak orang heboh sejak bergabung dengan Dior sebagai duta global untuk fashion dan kecantikan pada Maret 2021. Berdasarkan data perusahaan dan Launchmetrics, unggahan Dior dan Jisoo telah beberapa kali cetak nilai tertinggi selama Paris Fashion Week.

4 dari 4 halaman

Dior hingga Louis Vuitton di Tangan Orang Terkaya

Sebelumnya, Christian Dior atau biasa dikenal sebagai Dior merupakan produsen barang mewah asal Prancis yang dikendalikan dan dipimpin oleh pebisnis asal Prancis, Bernard Arnault, yang juga memimpin LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, produsen barang mewah terbesar di dunia. Dior sendiri memegang 42,36 persen saham dan 59,01 persen hak suara LVMH.

Dior kini menuai perhatian setelah mengumumkan anggota boyband BTS Jimin menjadi duta global Dior pada Senin, 16 Januari 2023. Melalui akun Instagram @Dior mengumukan @J.M dari BTS sebagai duta global baru Dior. Jimin BTS mengikuti artis K-Pop lainnya antara lain Jisoo Blackpink, Sehun EXO dan Cha Enwoo Astro yang sudah menjadi duta Dior.

Bicara mengenai Dior, melansir Vogue, Selasa (17/1/2023), Dior didirikan pada 16 Desember 1946 di 30 Avenue Montaigne, Paris, didukung oleh Marcel Boussac, seorang tokoh yang menggarap kain katun saat itu.

Secara resmi, keluarga Dior menganggap 1947 sebagai tahun debutnya karena saat itulah Dior memamerkan koleksi pertamanya. Pada 1949, Dior adalah couturier pertama yang mengatur produksi berlisensi dari desainnya. Dior, bersama dengan mitra bisnis Jacques Rouët, melisensikan namanya untuk berbagai aksesori mewah.

Ini menjadi langkah yang menguntungkan bagi Dior dan pelajaran dalam bidang atelier yang diikuti oleh hampir semua rumah mode pada masa itu.

Pada 1955, Yves Saint Laurent yang berusia 19 tahun menjadi asisten desain Dior. Christian Dior kemudian bertemu dengan ibu Yves Saint Laurent, Lucienne Mathieu-Saint Laurent, pada 1957 untuk memberitahu dia telah memilih Saint Laurent untuk menggantikannya di Dior. Lucienne Mathieu bingung dengan pernyataan tersebut karena Dior baru berusia 52 tahun saat itu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS