Sukses

Global Digital Niaga Yakin Blibli Bisa Untung, Begini Jurus Manajemen

Dari bisnis e-commerce melalui Blibli, perseroan melihat potensi pertumbuhan yang besar. Apalagi perseroan memiliki empat segmen yang mengakomodir ragam kebutuhan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli optimis perusahaan berada pada jalur yang tepat menuju profitabilitas.

Co-founder PT Global Digital Niaga Tbk, Hendry mengatakan, keyakinan itu merujuk pada kinerja perusahaan sepanjang paruh pertama 2022 yang tumbuh positif, ditopang ekosistem yang saling topang.

Dari bisnis e-commerce melalui Blibli, perseroan melihat potensi pertumbuhan yang besar. Apalagi perseroan memiliki empat segmen yang mengakomodir ragam kebutuhan konsumen.

Pertama segmen 1P retail. Di mana Blibli menawarkan produk sendiri sehingga Blibli punya kontrol penuh atas harga dan margin. Kedua, 3P retail, di mana Blibli menjalin kerja sama dengan brand principal dan menjual ke pihak ketiga dalam menawarkan produk. Keempat, yakni segmen dari physical stores atau toko fisik.

“Jadi e commerce dengan B2C, kita punya 1P, 3P. Kita lihat proksit di luar punya potensi besar. Marketnya pun besar,” kata Hendry dalam Media Briefing Pencatatan Perdana Saham PT Global Digital Niaga Tbk, Selasa (8/11/2022).

Selanjutnya, dari bisnis online travel agency melalui Tiket.com, perusahaan juga melihat potensi pertumbuhan yang sama, Pasalnya, Tiket.com saat ini tidak hanya menyediakan tiket transportasi dan hotel, namun juga ragam kebutuhan lainnya hingga tiket konser.

Sementara untuk bisnis online groceries melalui Ranch Market, Hendry mengatakan penetrasinya masih kecil. Sehingga perseroan melihat potensi besar. Dengan catatan, jika product mix-nya dilakukan dengan benar, maka take rate atau marginnya disebut bisa double digit.

“Jadi sinergi dari tiga model bisnis ini, bisa diambil kesimpulan kira-kira Blibli punya track to profitability ke depannya,” kata Hendry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi

Hendry mengatakan, dari awal perseroan memiliki fokus untuk menyeimbangkan antara pertumbuhan dan profitabilitas.

Dengan ekosistem yang ada saat ini, Blibli mampu mencatatkan pertumbuhan total processing value (TPV) sebesar 89,29 persen secara tahunan atau Rp 24,13 triliun pada semester I 2022.

Bersamaan dengan itu, Hendry mengatakan perusahaan mampu mencatatkan monetisasi dari penjualan menjadi pendapatan menjadi sekitar 30 persen. Pada semester satu 2022, margin EBITDA Blibli menunjukkan perbaikan sebesar 140 bps.

“Jadi melihat indikasi dari semester I ini kami sangat optimis, dan ke depan pasti masih banyak efisiensi yang bisa kami lakukan,” tutup Hendry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.