Sukses

Bursa Saham Asia Menghijau Setelah Wall Street Lanjutkan Penguatan

Bursa Saham Asia Pasifik menguat pada perdagangan Rabu, 19 Oktober 2022 mengikuti wall street.

Liputan6.com, Singapura - Bursa saham Asia Pasifik lebih tinggi pada Rabu (19/10/2022), usai kenaikan hari kedua di wall street.

Indeks Nikkei 225 di Jepang bertambah 0,42 persen dan Topix naik 0,3 persen. Yen Jepang tetap di atas 149 terhadap dolar AS. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,14 persen lebih tinggi dan indeks Kosdaq naik 0,43 persen.

Di Australia, S&P/ASX 200 naik 0,32 persen. Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang sedikit lebih tinggi.

Bursa dan Kliring Hong Kong akan melaporkan pendapatan hari ini, sementara kepala eksekutif kota, John Lee, akan memberikan pidato kebijakan pertamanya. China akan merilis data harga rumah pada Rabu, tetapi rilis tersebut ditunda.

Bank sentral Indonesia memulai rapat dewan gubernur selama dua hari pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Semalam di AS, laporan pendapatan yang kuat memicu kenaikan saham untuk sesi kedua. Dow Jones Industrial Average bertambah 337,98 poin, atau 1,12 persen, menjadi ditutup pada 30.523,80. S&P 500 naik 1,14 persen menjadi 3.719,98. Nasdaq Composite naik 0,90 persen, berakhir di 10.772,40.

"Saham menguat untuk hari kedua dalam sesi yang agak berombak karena investor menimbang prospek pendapatan terhadap kenaikan suku bunga," tulis analis ANZ Research dalam sebuah catatan, dikutip dari CNBC, Rabu (19/10/2022).

Saham pemasok Apple di Asia tergelincir setelah perusahaan teknologi itu dilaporkan meminta produsen di China untuk menghentikan produksi komponen iPhone 14 Plus karena Apple mengevaluasi kembali permintaan untuk produk tersebut.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diliputi Ketidakpastian

Informasi melaporkan dua pemasok lain yang merakit modul dari komponen itu juga telah memangkas produksi secara dramatis.

LG Innotek dan SK Hynix di Korea Selatan mengalami kerugian sekitar 2 persen, sementara TDK Corporation Jepang dan Murata Manufacturing masing-masing turun lebih dari 1 persen.

Saham Apple sempat kehilangan USD  4 per saham semalam, tetapi menutup sesi perdagangan reguler 0,94 persen lebih tinggi karena indeks utama naik.

“Ini merupakan tahun yang berombak untuk emas, dengan logam mulia terbelah antara risiko pertumbuhan dan inflasi dan tingkat riil yang lebih tinggi dan dolar yang kuat. Dalam pandangan kami, masih ada banyak ketidakpastian di sekitar jalur inflasi AS, pertumbuhan, suku bunga, dan fungsi reaksi bank sentral (CB) di masa depan," tulis analis Goldman.

Goldman Sachs menjalankan empat skenario ekonomi yang berbeda, dan memperkirakan harga emas bisa berakhir dalam setiap kasus.

3 dari 4 halaman

Pertemuan Bank Sentral Selandia Baru

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik sekitar USD 1, atau 1,33 persen dan minyak mentah berjangka Brent naik USD 0,83, atau 0,92 persen karena pemerintahan Biden diperkirakan akan melepaskan lebih banyak minyak dari Cadangan Minyak Strategis AS.

Rencana tersebut dapat diumumkan pada Rabu, menurut sumber yang mengatakan kepada CNBC. Langkah ini bertujuan untuk memperpanjang program pengiriman SPR saat ini, yang dimulai musim semi ini, hingga Desember, menurut sumber tersebut.

Ekonom di ANZ memperkirakan Reserve Bank of New Zealand akan memberikan kenaikan masing-masing 75 basis poin pada pertemuan mendatang pada November dan Februari.

Bank sentral Selandia Baru menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin menjadi 3,5 persen awal bulan ini, membawa suku bunga ke level tertinggi tujuh tahun.

ANZ mengatakan Reserve Bank of Australia kemungkinan akan mengambil jalan yang lebih konservatif daripada RBNZ, yang akan menghasilkan perbedaan kebijakan yang jauh lebih luas ke depan pada 2023. Pertemuan kebijakan moneter RBNZ berikutnya dijadwalkan berlangsung pada 23 November.

4 dari 4 halaman

Saham Apple Turun

Saham Apple turun dan sempat berubah negatif setelah laporan dari The Information bahwa raksasa teknologi itu memangkas produksi iPhone 14 Plus barunya.

Langkah dari Apple, saham Amerika Serikat terbesar, membawa rata-rata utama kembali mendekati posisi terendah hari ini, meskipun sejak itu mereka telah memulihkan sebagian dari penurunan itu.

Sementara itu, bank sentral AS atau the Fed secara luas diperkirakan menaikkan tiga perempat poin persentase bulan depan, tetapi bank sentral mungkin mencapai batasnya untuk mendikte suku bunga jangka panjang, menurut Jim Paulsen dari The Leuthold Group.

"Ada preseden yang cukup besar dalam siklus pengetatan masa lalu bagi Fed untuk ditutup oleh pasar obligasi blink terlebih dahulu. The Fed mungkin akan segera mencoba menaikkan suku bunga menjadi 4 persen, 4,5 persen, atau bahkan 5 persen. Tetapi pada titik tertentu, obligasi jangka panjang mungkin berhenti naik dan menolak untuk mengikuti jejak the Fed," tulis Paulsen dalam sebuah catatan kepada klien pada Selasa.

Imbal hasil obligasi 10-tahun telah diperdagangkan di atas 4 persen dalam beberapa hari terakhir, mencapai level tertinggi dalam lebih dari satu dekade.  Menurut Paulsen, dengan meningkatnya kekhawatiran tentang resesi pada 2023, itu mungkin mendekati batas.

“Setiap kali The Fed semakin memperketat kebijakan moneter, ketakutan resesi meningkat relatif terhadap ketakutan inflasi. Pada akhirnya, ketika The Fed menjadi semakin agresif, resesi menjadi kekhawatiran yang lebih besar daripada inflasi, dan pembeli obligasi mulai melebihi jumlah penjual obligasi yaitu, pasar obligasi blink,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.