Sukses

Bursa Saham Global Ambles Imbas Lonjakan Inflasi AS

Bursa saham Asia Pasifik jatuh pada Senin, 13 Juni 2022 seiring indeks Hang Seng Hong Kong, Nikkei 225 Jepang dan Kospi Korea Selatan semuanya anjlok lebih dari 3 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham global ambles setelah angka inflasi Amerika Serikat (AS) pada Mei menghidupkan kembali kekhawatiran bank sentral akan dipaksa untuk melakukan pengetatan kebijakan moneter yang agresif.

Laporan indeks harga konsumen pada Jumat, 10 Juni 2022 yang sangat diantisipasi datang lebih panas dari yang diharapkan di 8,6 persen per tahun, memunculkan kembali kekhawatiran pasar tindakan dari Federal Reserve (the Fed) dan bank sentral lainnya dapat berisiko membawa ekonomi ke dalam resesi.

Mengutip CNBC, Senin (13/6/2022), rata-rata indeks utama di AS menutup penurunan mingguan terbesar sejak Januari pada hari Jumat, dan kontrak berjangka menunjukkan penurunan lebih lanjut di Wall Street ketika bel pembukaan berbunyi pada Senin.

Bursa saham Asia Pasifik jatuh pada Senin, 13 Juni 2022 seiring indeks Hang Seng Hong Kong, Nikkei 225 Jepang dan Kospi Korea Selatan semuanya anjlok lebih dari 3 persen. Saham Eropa juga jatuh di awal perdagangan, dengan pan-European Stoxx 600 turun 2 persen karena lautan merah menyapu aset berisiko global.

Sementara itu, imbal hasil Treasury AS 2 tahun mencapai level tertinggi sejak 2007 pada Senin pagi dan melampaui tingkat 10 tahun untuk pertama kalinya sejak April, sebuah inversi yang sering dilihat sebagai indikasi resesi yang akan datang.

Inti dari reaksi pasar yang merugikan terhadap pembacaan IHK pada Jumat adalah ketakutan ekspektasi inflasi telah meluas dan mengakar, di luar pendorong sesaat yang terdokumentasi dengan baik seperti kemacetan rantai pasokan dan guncangan energi.

"Saya benar-benar berpikir bahwa kemungkinan jatuh ke pasar bearish dan memang resesi tidak dapat disangkal meningkat sebagai akibat dari punch in the gut Jumat, di satu sisi," kata kepala investasi di Kleinwort Hambros, Fahad Kamal, mengatakan kepada CNBC pada Senin.13 Juni 2022.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinyal Inflasi Belum Sentuh Puncak

Kamal menambahkan, ada sangat, sangat sedikit kebaikan dalam laporan inflasi Jumat, yang mengindikasikan inflasi belum mencapai puncaknya dan malah meluas ke seluruh perekonomian.

"Tampaknya ada momentum kenaikan di sana juga, menyiratkan bahwa inflasi akan bersama kita lebih tinggi dan lebih lama dari yang kita harapkan bahkan minggu lalu,” katanya.

Kepala strategi global di TD Securities, Richard Kelly mengatakan kepada CNBC Senin, pasar obligasi dan saham sekarang menandakan resesi akan turun, kemungkinan besar pada kuartal IV  2022 dan kuartal I 2023.

“Secara keseluruhan, jika Anda melihat pasar ekuitas, mereka memberitahu Anda bahwa ISM (indeks aktivitas ekonomi AS) mungkin turun ke 50 atau di bawah 50 selama dua hingga tiga bulan ke depan, dan sebagian inilah yang harus dilakukan Fed dan bank sentral untuk mengendalikan inflasi,” kata Kelly.

Angka 50 memisahkan ekspansi dari kontraksi dalam pembacaan indeks manajer pembelian, ukuran aktivitas ekonomi yang andal.

"Sementara (The Fed) tidak bisa duduk di sana dan mengatakan tugas mereka adalah mengakhiri penciptaan lapangan kerja untuk saat ini, pada dasarnya itulah yang perlu mereka lakukan jika mereka ingin mengendalikan inflasi sekarang," tambah Kelly.

Sementara itu, Minggu mendatang akan menjadi sangat penting dalam pertempuran melawan melonjaknya inflasi untuk bank sentral dan pasar global.

 

3 dari 4 halaman

The Fed Bahas Langkah Kebijakan ke Depan

Pejabat Federal Reserve akan bertemu pada Selasa dan Rabu untuk membahas langkah kebijakan moneter mereka berikutnya. Komite Pasar Terbuka Federal secara luas diperkirakan mengumumkan setidaknya kenaikan 50 basis poin pada Rabu, setelah menaikkan suku bunga dua kali tahun ini, meskipun taruhan pasar untuk kenaikan 75 basis poin telah meningkat mengingat angka CPI Jumat.

Komite Kebijakan Moneter Bank of England akan mengumumkan keputusan suku bunga terbaru pada Kamis, sementara Bank of Japan, Bank Nasional Swiss dan BCB Brasil juga bertemu minggu ini.

Investor juga akan mencerna sejumlah data aktivitas ekonomi, termasuk produksi industri dan penjualan ritel China, produksi industri Inggris, pekerjaan dan penjualan ritel, dan inflasi harga produsen AS, penjualan ritel, dan produksi industri.

PDB Inggris menyusut 0,3 persen month-on-month di April, angka resmi menunjukkan pada Senin, jauh dari ekspektasi ekonom untuk ekspansi 0,1 persen dan melanjutkan kekhawatiran perlambatan ekonomi menjelang keputusan Bank of England, Kamis.

“Secara umum, data akan disisir untuk sinyal resesi, dengan ironi tambahan bahwa tanda-tanda kekuatan aktivitas cenderung menjadi kasus 'kabar baik' menjadi buruk (yaitu memberikan tekanan lebih lanjut pada ekspektasi suku bunga), sementara tekanan pada bank sentral adalah untuk mempertahankan beberapa kemiripan kontrol atas narasi lintasan suku bunga, meskipun telah terbukti salah pada inflasi, ”kata Ekon dan ahli strategi global di ADM Investor Services International, Marc Ostwald.

Sedangkan, Kelly menyarankan, pasar menjadi puas dengan harapan perlambatan inflasi utama akan menandakan bank sentral telah mengejar kenaikan suku bunga. Dia berpendapat data Jumat mengisyaratkan seberapa jauh di belakang kurva Federal Reserve tetap, dan bagaimana kemungkinan inflasi yang persisten.

 

4 dari 4 halaman

Langkah yang Diambil Investor

Dolar AS menguat sekali lagi pada Senin karena investor mencari safe haven tradisional, mengirim greenback melonjak terhadap sebagian besar mata uang global. Kelly menyoroti bahwa TD Securities memegang posisi buy pada dolar terhadap euro dan dolar Kanada.

"Anda melihat ke mana kenaikan suku bunga dan penetapan harga, Anda melihat perbedaan ekuitas dan itu memberitahu Anda untuk menjadi dolar yang panjang," katanya.

“Itu adalah sesuatu yang meluas di sini, dan kemudian itu hanya memberi umpan balik ke lingkaran kondisi keuangan dalam hal pengetatan itu yang kemudian kembali ke sisi pertumbuhan dan sisi risiko dalam hal apa yang pasar ingin hargai ke dalam ekuitas dan kredit,” tambahnya.

Pada awal perdagangan saham, Kamal mengatakan, sementara tidak ada lindung nilai yang sempurna terhadap inflasi dan resesi, ada beberapa langkah yang dapat diambil investor untuk mengatasi badai.

Kleinwort Hambros terus memegang bobot tunai yang signifikan dan berusaha untuk menyebarkannya ke kepemilikan jangka panjang yang kuat secara fundamental ketika mereka mencapai harga yang menarik.

"Tidak dapat disangkal bahwa di seluruh reruntuhan ini, akan ada banyak permata. Kami telah meningkatkan alokasi kami untuk komoditas, kami mungkin ingin menambahkannya karena komoditas jelas merupakan salah satu area yang cukup baik untuk melindungi Anda dari inflasi dalam jangka panjang,” kata Kamal.

“Jika Anda berada di pasar ekuitas, sangat sulit untuk menghindari sektor energi saat ini, karena jelas ada kekurangan pasokan minyak dan gas yang sangat besar secara struktural dan ekuitas energi masih murah, percaya atau tidak, terlepas dari pergerakan menaikkan dan masih ada ruang untuk mencalonkan diri untuk sektor itu,” ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.