Sukses

Pembelian Kembali Saham Perusahaan Jepang Sentuh Rp 467,6 Triliun, Tertinggi dalam 16 Tahun

Hal ini terjadi ketika ekonomi Jepang dan pendapatan perusahaan menuju pemulihan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa perusahaan Jepang berencana untuk membeli kembali dengan total 4,2 triliun yen (Rp 467,6 triliun) saham mereka sendiri pada tahun fiskal ini.

Angka ini hampir dua kali lipat jumlah dari tahun sebelumnya karena bisnis mengalihkan uang tunai yang ditimbun selama pandemi menuju imbalan investor.

Misalnya Hitachi akan membeli kembali 200 miliar yen (Rp 22 triliun) sahamnya sendiri, menandai pembelian kembali pertama dalam delapan tahun dan rekor untuk satu tahap.

Kemudian, operator telepon NTT akan membeli kembali 400 miliar yen (Rp 44,1 triliun), dan pemasok Apple Murata Manufacturing akan membeli kembali hingga 80 miliar yen (RP 8,8 triliun) dalam pembelian kembali pertama yang dilakukan dalam kira-kira satu dekade.

Ini terjadi ketika ekonomi Jepang dan pendapatan perusahaan menuju pemulihan. Dana yang tersedia di antara perusahaan publik yang menutup pembukuan mereka pada Maret mencapai 99 triliun yen (Rp 10.918 triliun) pada 31 Desember, naik 16 persen dari akhir 2019.

Nikkei meninjau rencana pembelian kembali saham untuk tahun keuangan saat ini yang dirilis oleh perusahaan yang terdaftar pada April dan Mei dan menemukan totalnya telah melonjak sebesar 94 persen dari periode yang sama tahun lalu, menyentuh level tertinggi yang tidak terlihat sejak tahun fiskal 2006.

Membeli kembali dan membatalkan saham memiliki efek meningkatkan pendapatan per saham bagi pemegang saham. Mengalokasikan dana surplus untuk pembelian kembali meningkatkan efisiensi modal bagi perusahaan.

"Pembelian kembali saham adalah investasi ke masa depan karena keuntungan dalam efisiensi modal meningkatkan kepercayaan pasar," kata Ketua dan Presiden Sony Group, Kenichiro Yoshida, dikutip dari Nikkei Asia, Minggu (5/6/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nikkei Stock Average Turun

Nikkei Stock Average turun 10 persen dari level tertinggi tahun lalu, sebagian besar karena hambatan dari pengetatan moneter global. Pembelian kembali saham mengirimkan pesan perusahaan percaya saham mereka undervalued.

Di sisi lain, perusahaan Amerika telah bergerak lebih agresif di depan ini. Perusahaan-perusahaan besar AS telah mengumumkan pembelian kembali lebih dari USD 400 miliar tahun ini, kira-kira 20 kali total untuk rekan-rekan Jepang mereka selama periode itu.

Tetapi beberapa perusahaan Amerika, termasuk Starbucks, telah menghentikan pembelian kembali, memprioritaskan pengeluaran lain seperti menaikkan upah.

Perusahaan Jepang menaikkan gaji rata-rata 2,28 persen pada 2022, tertinggi dalam empat tahun, menurut survei Nikkei. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Hitachi

  • starbucks