Sukses

Pakuwon Masih Inventarisasi Dampak Kebakaran Tunjungan Plaza 5

Manajemen PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) menyatakan Tunjungan Plaza tetap buka kecuali TP 5.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) menyebutkan masih menghitung dampak dari kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5, Surabaya, Jawa Timur.

"Masih sedang dilakukan inventarisasi,” ujar Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, Minarto saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Kamis (14/4/2022).

Minarto menambahkan, penyebab kebakaran juga masih diselidiki.  Sementara itu, Tunjungan Plaza 5 untuk sementara ditutup seiring pengelola memperbaiki bagian gedung yang terdampak kebakaran, dan kepolisian harus melakukan olah tempat kejadian perkara kebakaran, demikian mengutip Antara. Adapun Tunjungan Plaza lainnya pun buka seperti biasa. “Tidak ada masalah,” kata Minarto.

Bagian gedung Tunjungan Plaza 5 yang berlokasi di Jalan Embong Malang, Kota Surabaya, terbakar pada Rabu, 13 April  pukul 17.35 WIB.

Kebakaran itu terjadi saat pusat belanja ramai pengunjung, tetapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Pada Kamis warga sudah kembali mengunjungi Tunjungan Plaza, termasuk di antaranya Benny Irawan.

"Kebetulan saya mau mudik dan harus beli sesuatu di sini. Saya dengar informasi TP tetap buka, makanya saya tetap ke sini," kata warga Sidoarjo itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencari Titik Api Penyebab Pertama Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Sebelumnya, Tim Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan penyelidikan untuk mencari lokasi titik api pertama penyebab kebakaran di Tunjungan Plaza 5 Surabaya pada Rabu petang, 13 April 2022.

"Jadi, pagi ini kami melakukan dua tugas labfor. Yang pertama, menentukan lokasi api pertama kebakaran. Kami akan cari dulu lokasi api pertama kebakaran tersulut itu di mana," kata Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Polisi Sodiq Pratomo di Tunjungan Plaza Surabaya, Kamis, 14 April 2022.

Selanjutnya, tim Labfor Polda Jatim akan mencari barang bukti yang mendukung sebagai penyebab terjadinya kebakaran di TP-5 Surabaya.

Sodiq menjelaskan, pihaknya membawa tujuh orang personel Labfor Polda Jatim yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim. Mereka bertanggung jawab mencari barang bukti dan juga menyusuri lokasi kebakaran TP-5 Surabaya. 

"Dari sisa kebakaran, kita bisa membaca rambatan api dari mana. Nanti ketemu lokasi api pertama kebakarannya dulu, baru kita sama-sama mencari barang buktinya," imbuh Sodiq. 

Mengenai durasi waktu pencarian titik lokasi api pertama kebakaran TP-5, Kombes Sodiq mengatakan belum bisa memastikan karena pihaknya harus menyesuaikan lokasi. 

"Kita tidak tahu, sesuai lokasi, menyesuaikan karena sulit dan tidaknya saya belum lihat secara langsung," ujarnya. 

 

3 dari 3 halaman

Padam

Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) 5 yang berlokasi di Jalan Embong Malang, Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya, Jatim, terbakar pada Rabu sore sekitar pukul 17.35 WIB.

Kobaran api yang membakar sebagian bangunan di TP-5 berhasil dipadamkan total pada sekitar pukul 20.00 WIB.

Kebakaran tersebut mengakibatkan sejumlah ruas jalan di pusat kota sekitar pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza macet, seperti Jalan Basuki Rahmad, Embong Malang, dan Jalan Tunjungan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini