Sukses

China Bidik Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2022

Kementerian Keuangan China menyebutkan total pengeluaran pemerintah pusat untuk anggaran masyarakat umum akan meningkat 14,3 persen.

Liputan6.com, Jakarta - China mengumumkan target pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sekitar 5,5 persen untuk 2022. Hal itu diungkapkan oleh Perdana Menteri China Li Keqiang dalam pertemuan parlemen tahunan.

Sementara target ekonomi lain yang diumumkan Li, seperti untuk lapangan kerja dan inflasi, sama seperti tahun lalu.

Namun, melansir CNBC, ditulis Minggu (6/3/2022), Li mengatakan rasio defisit terhadap PDB akan menjadi 2,8 persen untuk tahun ini, lebih rendah dari tahun lalu 3,2 persen.Dia mengharapkan pendapatan fiskal tumbuh positif pada 2022, di mana pemerintah dapat menggunakan keuntungan dari perusahaan milik negara.

Sejalan dengan peningkatan pengeluaran lebih dari 2 triliun yuan (USD 316,5 miliar) pada tahun 2022.Dalam kesempatan terpisah, Kementerian Keuangan China menyebutkan total pengeluaran pemerintah pusat untuk anggaran masyarakat umum akan meningkat 14,3 persen menjadi 13,40 triliun yuan tahun ini. Angka itu termasuk rencana peningkatan 7,1 persen untuk anggaran pertahanan.

China akan menargetkan tingkat pengangguran di kota-kota tidak lebih dari 5,5 persen dan indeks harga konsumen sekitar 3 persen. Li menambahkan, China juga berencana untuk menambah lebih dari 11 juta pekerjaan baru, angka yang sama seperti tahun lalu.

"Analisis komprehensif dari dinamika yang berkembang di dalam dan luar negeri menunjukkan bahwa tahun ini negara kita akan menghadapi lebih banyak risiko dan tantangan, dan kita harus terus mendorong untuk mengatasinya," kata Li.

"Semakin sulit, semakin percaya diri kita, dan semakin solid langkah yang harus kita ambil untuk mencapai hasil,” imbuhnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Stimulus

Ekonom secara luas memperkirakan target PDB akan ditetapkan sekitar 5 persen atau sedikit lebih tinggi. Mereka menginginkan rincian tentang rencana stimulus untuk ekonomi yang telah melambat secara signifikan.

Li mengatakan, untuk mencapai target ekonomi tahun ini, China perlu mengejar kebijakan makro yang lebih efektif, dengan kebijakan moneter yang fleksibel dan tepat. Li mengatakan nilai tukar yuan secara umum akan dijaga stabil pada tingkat adaptif dan seimbang.

Yuan telah menguat mendekati level tertinggi empat tahun terhadap dolar AS dalam beberapa minggu terakhir.

Pertumbuhan ekonomi China melemah pada kuartal keempat menjadi 4 persen dari tahun ke tahun, meskipun pertumbuhan setahun penuh sebesar 8,1 persen.

China menjadi satu-satunya ekonomi utama yang tumbuh pada 2020, sementara seluruh dunia berjuang dengan pandemi COVID-19.

Tetapi belanja konsumen yang lamban belum sepenuhnya pulih dari pandemi, dan dampak dari tindakan keras peraturan Beijing terhadap teknologi dan real estat telah menyeret pertumbuhan negara itu. Kebijakan ketat “zero-Covid" China, dengan penguncian mendadak dan pembatasan perjalanan, juga membebani perekonomian.

Dalam dua minggu terakhir, kepala kementerian pemerintah telah berbicara tentang rencana untuk lebih banyak menggelontorkan dukungan ekonomi, terutama untuk usaha kecil dan konsumen.

Mengenai konsumsi, Perdana Menteri Li mengatakan pemerintah akan meningkatkan pendapatan pribadi melalui berbagai saluran, meningkatkan sistem distribusi pendapatan, dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Selain dukungan untuk pembelian kendaraan berbasis energi terbarukan dan peralatan rumah tangga yang lebih hemat energi di daerah pedesaan, Li tidak menyebutkan langkah-langkah spesifik.

Pada kesejahteraan sosial, Li mengatakan subsidi pemerintah untuk asuransi kesehatan dasar bagi penduduk pedesaan dan perkotaan yang menganggur akan meningkat rata-rata 30 yuan per orang (USD 4,76), dan subsidi untuk layanan kesehatan masyarakat dasar akan meningkat rata-rata 5 yuan per orang.

 

3 dari 3 halaman

Penanaman Modal Asing

Li mengatakan secara umum China akan bekerja untuk sepenuhnya menerapkan perubahan pada daftar hitam investasi asing. Versi terbaru dari daftar tersebut memungkinkan bisnis asing memiliki kepemilikan yang lebih besar dalam industri seperti manufaktur mobil penumpang.

Dia mengatakan, China akan mendorong lebih banyak investasi asing di manufaktur kelas atas, penelitian dan pengembangan, layanan modern, dan di wilayah barat tengah dan timur laut China.

Di Taiwan, Li mengatakan bahwa Beijing akan meningkatkan hubungan di seberang Selat Taiwan dan penyatuan kembali China.

“Kami dengan tegas menentang setiap kegiatan separatis yang mencari 'kemerdekaan Taiwan' dan dengan tegas menentang campur tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.