Sukses

Kupon Sukuk Ritel 016 Sudah Bisa Pesan di Aplikasi Bibit

Dalam penawaran SBN Syariah kali ini, masyarakat bisa memesan SR016 mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, dengan nilai nominal per unit adalah Rp1 juta.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Keuangan resmi menerbitkan Sukuk Negara Ritel (SR) Seri SR016 kepada investor individu secara daring (e-SBN) pada 25 Februari 2022 pukul 09.00 WIB hingga penutupan 17 Maret 2022 pukul 10.00 WIB. Investor bisa memesan melalui Bibit yang telah ditunjuk sebagai Mitra Distribusi penjualan SBN oleh Kemenkeu.

SR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel jenis syariah, dikenal juga SBN Syariah dan baru pertama kali ditawarkan pada tahun 2022. Bentuk dari SR016 adalah tanpa warkat dan dapat diperdagangkan kembali di pasar sekunder.  

Pilihan Berharga untuk Semua Generasi

“Dengan membeli SR016, masyarakat bukan hanya berinvestasi untuk menata keuangan pribadi tetapi juga membantu negara. Pasalnya, dana yang diraih dari SR016 akan digunakan oleh pemerintah untuk pembangunan Indonesia di berbagai sektor,” kata Head of Digital Marketing Bibit.id, Angie Anandita. Dengan demikian manfaatnya akan dirasakan semua lapisan masyarakat dan generasi di masa mendatang. 

Dalam penawaran SBN Syariah kali ini, masyarakat bisa memesan SR016 mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, dengan nilai nominal per unit adalah Rp1 juta. Pemerintah juga menetapkan kupon Sukuk Ritel atau imbal hasilnya sebesar 4,95 persen pertahun (fixed rate) dengan tenor tiga tahun dan jatuh tempo pada 10 Maret 2025.

Pembayaran kupon Sukuk Ritel pertama (short coupun) pada 10 April 2022. Setelah tiga kali pembayaran kupon yaitu 11 Juni 2022, SR016 bisa diperdagangkan di pasar sekunder sehingga investor tidak harus menunggu jatuh tempo. “Sekarang, masyarakat sudah mulai transformasi dari yang semula sangat berorientasi menabung, tapi sekarang menjadi masyarakat yang melek investasi,” ujar Angie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi Prinsip Syariah

Dikutip dari laman Bibit, SBN Syariah seperti SR016 ini diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap aset SBSN, baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. Dari pengertian ini, dapat disimpulkan: jika kamu berinvestasi di SBSN, maka dana investasi akan dicatat sebagai surat pernyataan kepemilikan pada suatu aset negara.

Penerbitan SBSN atau sukuk negara ini juga sudah didasari oleh fatwa dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan dinyatakan halal. Investasi syariah sukuk wajib dikelola berdasarkan prinsip syariah, sehingga sukuk tidak boleh mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Oleh karena itu, imbal hasil yang diterima dari sukuk berupa uang sewa (ujrah) yang diterima secara rutin tiap bulannya.

Selain investasi yang aman dan nyaman dengan hukum syariah, SBN Syariah seperti SR016  menawarkan imbal hasil lebih tinggi dari dari rata-rata bunga deposito bank BUMN yaitu 4,95%. Pajaknya pun lebih rendah daripada deposito, dengan perbandingan deposito 20% sedangkan SBN 10%. Hal menarik lain dengan investasi SBN adalah investor bisa mendapatkan passive income syariah karena kupon (bunga) Sukuk Ritel dibayarkan setiap bulannya.

3 dari 3 halaman

Cara Pembelian SBN di Bibit

Kamu bisa melakukan pembelian SBN di Bibit hanya dengan empat langkah:

1. Registrasi

Investor melakukan registrasi melalui Mitra Distribusi untuk mendapatkan SID (Single Investor Identification)

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, investor dapat melakukan pemesanan seri SBN selama masa penawaran berlangsung

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi, investor akan mendapatkan kode pembayaran melalui email.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi pemesanan selesai serta memperoleh alokasi SBN pada tanggal penerbitan.

Sebelum kamu bisa membeli SBN di Bibit, pastikan telah melakukan Registrasi RDN menggunakan Stockbit Sekuritas melalui aplikasi Bibit. Caranya mudah, kamu tinggal klik icon “SBN” di home aplikasi Bibit dan sesampainya di halaman SBN kamu bisa klik button “Registrasi” dan ikuti proses pendaftaran RDN sampai selesai.

Jika kamu sudah memiliki akun Stockbit Sekuritas sebelumnya, kamu bisa tinggal menghubungkan akun Stockbit Sekuritasmu di aplikasi Bibit, untuk sinkronisasi RDN yang sudah kamu miliki di Stockbit Sekuritas sebelumnya.

Buat kamu yang tertarik dengan investasi syariah dan juga SBN Bibit, segera bergabung dengan Bibit. Investasi aman dijamin oleh pemerintah.

Segera download Bibit dan raih passive income setiap bulannya sembari berkontribusi dalam pembangunan negara.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini