Sukses

Binance Tarik Pengajuan Layanan Kripto di Singapura

Liputan6.com, Jakarta - - Binance Asia Service Ltd, afiliasi bursa kripto terbesar di dunia telah menarik permohonannya untuk menjalankan layanan kripto di Singapura. Langkah tersebut mengakhiri upaya demi mendapat persetujuan dari regulator setempat sejak tahun lalu.

Platform perdagangan falt to crypto Binance.sg akan setop operasi pada 13 Februari 2022. Keputusan Binance termasuk di antara 170 perusahaan lain yang ajukan permohonan izin atas penyediaan layanan aset kripto kepada Monetary Authority of Singapore.

Langkah ini memungkinkan berakhirnya spekulasi terkait gembar-gembor berita kota atau negara di Asia Tenggara akan menjadi kantor pusat global Binance, perusahaan yang didirikan dan dipimpin Changpeng Zhao.

"Kami (Binance) selalu memprioritaskan pengguna kami sehingga keputusan mengenai penutupan Binance.sg bukanlah perkara enteng. Saya berterima kasih kepada Monetary Authority of Singapore atas bantuan yang berkelanjutan untuk Binance Asia Service. Kami tetap menantikan peluang bekerja sama di masa mendatang,” ujar Chief Executive Binance Singapore Entity Richard Teng, dikutip dari laman Yahoo Finance, Senin (13/12/2021).

Selain itu, ketika memutuskan penarikan di Singapura, Binance menuturkan telah mempertimbangkan strategi, komersial dan pengembangan secara global.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pencarian Lokasi Kantor Pusat

Perusahaan yang berdiri 2017 belum memusatkan basis globalnya. Sebagai gantinya, Zhao memasukkan perusahaan di lokasi tempat Binance beroperasi, salah satunya Singapura.

Zhao merupakan seorang berkewarganegaraan Kanada dan telah menerap di Singapura selama dua tahun terakhir. Dia memberi sinyal terkait tempat-tempat yang berpotensi sebagai kantor pusat Binance. Lokasinya di Eropa atau Timur Tengah yang menawarkan alternatif pro-kripto bersama dengan Singapura.

Bulan lalu Zhao membeli rumah di Dubai demi menunjukkan komitmen secara yuridis. Dimana pemerintah mengindikasikan sangat mendukung kripto. Hal serupa juga Zhao lakukan dengan membeli rumah di Prancis. Binace pun menghidupkan kembali niat untuk listing di Inggris.

Tindakan Binace memperparah penurunan aset kripto. Bitcoin sebagai kripto paling mahal menyusut 3 persen menjadi USD 48.484 atau Rp 696,4 juta (estimasi kurs Rp 14.343 per dolar AS). Sementara, ether anjlok 4,1 persen.

3 dari 3 halaman

Menanti Langkah Selanjutnya

Binance Asia kembali fokus operasi ke arah teknologi blockchain.

"Tidak semua aktivitas aset kripto diatur dan pelaku pasar kripto yang kian besar mungkin menginginkan pertimbangan untuk memiliki entitas terikat regulasi dan tidak terikat. Hal ini guna mengoptimalkan pendapatan dan meningkatkan kemitraan di berbagai yurisdiksi," ujar Co-chairman Blockchain Association Singapore Chia Hock Lai.

Menurut pengajuan ke Accounting and Corporate Regulatory Authority, Zhao adalah pemegang saham mayoritas Binance Asia. Selain itu, Vertex Venture Holdings Ltd dari Temasek Holdings Pte juga sebagai salah satu investor di Binance Asia.

Penarikan Binance dari aplikasi di Singapura lantas menimbulkan pertanyaan tentang masa depan Teng, mantan regulator terkemuka yang bergabung dengan entitas Singapura pada Agustus. Sebelumnya, dia memegang peran sebagai kepala pejabat pengatur Singapore Exchange Ltd., dan menghabiskan 13 tahun di Otoritas Moneter Singapura.

Juru Bicara Binance di Singapura Hazel Watts mengatakan semua karyawan lokal bergabung dengan operasi global perusahaan dan terus berkontribusi pada perusahaan.

Opsi terkuat untuk markas Binance adalah Timur Tengah. Baru. Alasan karena ada dukungan kuat dari pemerintah terkait aset kripto. Baru ini, Bank sentral Uni Emirat Arab meluncurkan kerangka kerja aset digital. Regulator di Abu Dhabi dan Dubai siap untuk memulai lisensi kripto dalam beberapa bulan mendatang.

Setiap poros ke wilayah tersebut harus digiring oleh kepemimpinan baru. Direktur Binance untuk Timur Tengah dan Afrika Utara  Omar Rahim menulis dalam sebuah posting LinkedIn baru-baru ini dia meninggalkan perusahaan untuk memulai usaha kripto baru. Penggantinya belum diumumkan secara publik.

 

Reporter: Ayesha Puri

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.
    Kripto
  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura
  • Binance
  • aset kripto