Sukses

Beri Edukasi Investor Ritel, Gopay dan BEI Perluas Program FinanSiap

Program FinanSiap ini menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - GoPay, uang elektronik dari GoTo Financial dan Tokopedia sertaGojek, bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi memberikan edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk meningkatkan literasi keuangan melalui perluasan program FinanSiap.

Program FinanSiap ini menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor ritel terbesar di pasar modal Indonesia.

Kolaborasi ini untuk menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dan mempertegas komitmen GoPay, Gojek dan Tokopedia mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. 

Program FinanSiap ini didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengahmasyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi. 

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral EfekIndonesia (KSEI),  jumlah investor pasar modal meningkat dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020. Jumlah investor mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021. 

Per September 2021, tercatat 59,23 persen dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda dibawah usia 31 tahun.

Namun demikian, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK)ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan menunjukkan hanya 38 persen daritotal penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program FinanSiap

Program FinanSiap ini terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dalam bentuk website, artikel, video,webinar, infografis, serta podcast. Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagaipemateri serta narasumber. 

Materi edukasi FinanSiap yang tersedia di gopay.co.id/finansiap disusun ke dalam tiga modul yang mencakup: 1. Perencanaan Keuangan 2. Pengelolaan Keuangan 3. Pengenalan Jenis Investasi 

"GoPay terus memperluas fungsi dan penggunaannya untuk membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan," kata Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria.

Melalui program edukasi FinanSiap yang telah dimulai sejak Juli 2021, Gopay telah menjangkau 56 ribu penonton melalui diskusi virtual yang dengan para pakar keuangan dan investasi.

Melihat antusiasme anak muda yang sangat tinggi, pihaknya memperluas cakupan materi edukasi FinanSiap termasuk tentang investasi saham di pasar modal. 

"Materi edukasi ini juga akan kami perluas kepada para pengguna dan mitra usaha (merchant) GoPay, Gojek, Tokopedia. Harapannya bersama BEI kami dapat mengedukasi calon investor pasar modal agar dapat berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing-masing,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Harapan BEI

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, Gopay,Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian banyak orang yang tidak hanya memilikiketerlibatan serta basis konsumen yang luas, tetapi juga ekosistem layanan yang lengkap.

Program edukasi “FinanSiap” ini sangat positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama inidilakukan oleh BEI. 

Hasan mengatakan, BEI menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusipasar modal sambil memastikan pesan yang disampaikan sejalan dengan misi BEI untuk mencetakinvestor ritel pemula yang cerdas.

BEI berharap, sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatanekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakatIndonesia.

Chief of Public Policy and Government Relations GoTo Shinto Nugroho mengatakan, FinanSiapmerupakan hasil kolaborasi dan dukungan nyata dari GoTo bersama dengan BEI. Tujuannya untuk pencapaian targetpemerintah dalam mendorong tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat. 

"FinanSiap secara khusus ditujukan untuk meningkatkan jumlah investor ritel di pasar modal Indonesia khususnya anak muda. Sehingga mereka dapat menjadi investor yang cerdas dan bertanggung jawab," kata dia. 

 

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Literasi Keuangan

Fintech and Payment Business Head Vira Widiyasari mengatakan, sebagai bagia nGrup GoTo, Tokopedia terus berupaya meningkatkan literasi dan manajemen keuangan masyarakat melalui solusi investasi yang inklusif, mudah, cepat dan terjangkau. Sebagai contohnya Tokopedia Emas danTokopedia Reksa Dana di ekosistem Tokopedia Keuangan. 

Kelas virtual FinanSiap telah dimulai sejak Juli 2021 dan diadakan setiap bulan. Setiap sesi FinanSiap ditayangkan lewat Instagram Live akun resmi @gopayindonesia dengan melibatkanberbagai perencana keuangan serta figur publik, seperti Melvin Mumpuni, Felicia Putri, Rivan Kurniawan,dan masih banyak lainnya. Materi yang dibahas di mulai dari cara mengatur prioritas keuangan selamapandemi hingga tips berinvestasi dengan aman  

 

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.