Sukses

Bakal Jadi Unicorn Pertama Tercatat di BEI, Simak Jadwal IPO Bukalapak

PT Bukalapak.com Tbk akan menawarkan sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 saham dengan nilai nominal Rp 50 dalam rangka IPO.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk yang bergerak di bidang e-commerce, teknologi, platform, online dan offline telah mengumumkan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada Jumat, 9 Juli 2021. Perseroan akan menjadi perusahaan unicorn pertama yang mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

PT Bukalapak.com Tbk akan menawarkan sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 saham dengan nilai nominal Rp 50 dalam rangka IPO.

Jumlah saham yang ditawarkan itu 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO. Harga penawaran berkisar Rp 750-Rp 850 per saham. Dengan demikian, target dana IPO yang akan diperoleh sebanyak-banyaknya dari IPO sebesar Rp 21,90 triliun.

Mengutip prospektus singkat perseroan, rincian penggunaan dana IPO antara lain sekitar 66 persen untuk modal kerja. Sisanya untuk modal kerja entitas anak yaitu sekitar 15 persen dialokasikan kepada PT Buka Mitra Indonesia, sekitar 15 persen kepada PT Buka Usaha Indonesia, sekitar satu persen dialokasikan kepada PT Buka Investasi Bersama, sekitar satu persen dialokasikan kepada PT Buka Pengadaan Indonesia, sekitar persen dialokasikan kepada Bukalapak Pte Ltd, dan sekitar satu persen dialokasikan kepada PT Five Jack.

Dalam pelaksanaan IPO ini, PT Bukalapak.com Tbk telah menunjuk penjamin pelaksana emisi efek antara lain PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas. Sementara itu, penjamin emisi efek antara lain PT UBS Sekuritas Indonesia dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Adapun jadwal sementara IPO yang dikutip dari prospektus perseroan yaitu:

-Masa penawaran awal: 9-19 Juli 2021

-Tanggal efektif: 26 Juli 2021

-Masa penawaran umum perdana saham: 28-30 Juli 2021

-Tanggal penjatahan: 3 Agustus 2021

-Tanggal Distribusi saham secara elektronik

-Tanggal pengembalian uang pemesanan: 5 Agustus 2021

-Tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia (BEI): 6 Agustus 2021

Adapun pemesanan pembelian saham harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang tercantum dalam prospektus dan formulir pemesanan pembelian saham (FPPS). FPPS tersedia pada situs web perseroan http://about.bukalapak.com/id/investor-relations, situs web penjamin pelaksana emisi efek, dan situs web penjamin emisi efek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawarkan ESA

Selain itu, perseroan juga akan mengalokasikan sebanyak-banyaknya sebesar 0,1 persen dari saham yang ditawarkan dalam IPO untuk program alokasi saham kepada karyawan atau employee stock allocation (ESA) sebanyak-banyaknya 25.765.505. Harga pelaksanaan ESA sama dengan harga penawaran.

Selain itu, perseroan juga akan mengalokasikan sebanyak-banyaknya 4,91 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO untuk program management and employee stock option plan (MESOP).

Jumlah itu sebanyak-banyaknya 5.060.345.153 saham dengan harga pelaksanaan MESOP sekurang-kurangnya 90 persen dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama kurun waktu 25 hari bursa berturut-turut di pasar regular.

Dalam prospektus itu juga disebutkan penjamin pelaksana emisi efek yang juga bertindak sebagai penjamin emisi efek menjamin dengan kesanggupan penuh terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam IPO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.