Sukses

Fakta Menarik Saat Bill Gates Bangun Microsoft Jadi Perusahaan Raksasa

Menjadi salah satu orang terkaya di dunia, sosok Bill Gates tentu tak bisa lepas dari perusahaan yang dibangunnya, Microsoft.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali pekan ini, kabar mengejutkan dari pendiri Microsoft dan miliarder Bill Gates dan Melinda Gates. Pasangan yang sudah menikah 27 tahun ini mengumumkan rencana perceraian lewat pernyataan yang diunggah di Twitter.

Adapun pasangan Bill Gates (65) dan Melinda French Gates (56) menikah pada 1994. Namun, pasangan tersebut memutuskan bercerai.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami,” ujar keduanya dalam pernyataan singkat yang diunggah di Twitter.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif,”

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini,”

Sebelumnya, Bill Gates telah melepaskan jabatan di Microsoft, perusahaan yang dia bangun, demikian mengutip Barrons, Selasa (4/5/2021).

Ia mundur dari jabatannya sebagai CEO pada 2000, dan mengakhiri perannya sehari-hari pada Juni 2008. Ia pun mengundurkan diri sebagai Chairman pada Februari 2014, dan melepaskan posisi di dewan Microsoft pada tahun lalu.

Menurut Forbes, Bill Gates termasuk orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan USD 124 miliar atau sekitar Rp 1.788 triliun (asumsi kurs Rp 14.419 per dolar AS). Ia masih memiliki lebih dari satu persen saham Microsoft yang beredar.

Menjadi salah satu orang terkaya di dunia, sosok Bill Gates tentu tak bisa lepas dari perusahaan yang dibangunnya, Microsoft. Tak mudah, terdapat beragam fakta menarik terkait pengalamannya membangun perusahaan teknologi ini.

Liputan6.com telah merangkum lima hal unik terkait pengalaman Bill Gates membangun Microsoft, berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1.Membangun Bersama Teman

Bersama teman masa kecilnya, Paul Allen, Bill Gates resmi membangun Microsoft pada 1975. Di awal kariernya, keduanya berhasil mengubah BASIC atau bahasa program komputer main frame populer untuk komputer atau PC bernama Altair.

3 dari 6 halaman

2. Berhenti dari Universitas Harvard

Membangun Microsoft saat menempuh pendidikan di Universitas Harvard,Bill Gates akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pendidikannya agar lebih fokus pada perusahaan yang dirintisnya tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Arti Nama Microsoft

Menggunakan nama Microsoft, Gates dan Allen terinspirasi dari kata mikrokomputer dan perangkat lunak. Hal ini tak terlepas dari fokus perusahaan untuk mengembangkan teknologi bagi masayarakat global.

5 dari 6 halaman

4. Jadi Salah Satu Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar

Jadi salah satu perusahaan teknologi terbesar, Microsoft memiliki kapitalisasi pasar atau market cap hingga USD 1,9 triliun. Untuk pendapatan, perusahaan melaporkan untuk satu kuartal bisa mengantongi USD 41,7 miliar pada minggu lalu. Angka tersebut turun menjadi USD 321.805 pendapatan per menit.

6 dari 6 halaman

5. Bill Gates Mundur dari Microsoft

Bill Gates memutuskan untuk mundur dari direksi perusahaan sejak Maret 2000. Meski demikian, Ia baru mengakhiri perannya pada Juni 2008, dan mengundurkan diri sebagai Chairman pada Februari 2014. Untuk kursinya di dewan Microsoft, pria berusia 65 tahun ini resmi melepas jabatannya pada 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.