Sukses

Direktur Keuangan Jim Bell Mengundurkan Diri, Saham GameStop Melambung 103 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Saham GameStop melonjak lebih dari 100 persen seiring investor masuk ke saham tersebut di tengah perombakan jajaran direksi.

Saham sempat dihentikan kurang dari 30 menit jelang penutupan perdagangan. Saham GameStop menguat 103,9  persen di pasar reguler. Saham GameStop melambung 70 persen setelah jam perdagangan pada Rabu, 24 Februari 2021.

GameStop mengumumkan setelah Direktur Keuangan Jim Bell akan mengundurkan diri pada 26 Maret 2021.

"Pengunduran diri Tuan Bell bukan karena ketidaksepakatan apa pun dengan perusahaan tentang masalah apapun yang berkaitan dengan operasi, kebijakan, dan praktik perusahaan termasuk prinsip dan praktik akuntansi,” tulis perusahaan itu dalam pengajuan ke the Securities and Exchange Commission, dilansir dari CNBC, Kamis (25/2/2021).

Seorang sumber mengatakan, Bell tidak pergi dengan sukarela. Akan tetapi, didorong oleh pendiri Chewy Ryan Cohen yang investasi di GameStop pada 2020. Langkah Cohen sebagai upaya membantu perusahaan untuk mempercepat ekspansi secara online.

 

2 dari 3 halaman

GameStop Bakal Cari Direktur Berlatar Belakang Teknologi

Bloomberg melaporkan, kalau Bell didorong keluar untuk mengeksekusi perputaran lebih cepat di GameStop.  Penunjukan Cohen di dewan petinggi GameStop mendorong lonjakan saham pada Januari. Masuknya Cohen juga mendorong trader ritel untuk masuk GameStop, hingga akhirnya menarik perhatian Kongres.

“Kami mengakui kalau perubahan kepemimpinan sering kali terjadi setelah penyelesaian aktivis dan keluarnya Tuan Bell terjadi bersama-sama, tidak langsung dan menunjukkan tidak ada perselisihan dengan perusahaan dan dewan,” ujar Analis Jefferies Stephanie Wissink.

Ia menambahkan, Bell layak mendapatkan pengakuan atas serangkaian tindakan melindungi ekuitas GameStop di tengah penjualan turun tajam dan akhir siklus perangkat keras.

Jefferies mengatakan, GameStop akan mencari pengganti direktur keuangan dengan latar belakang teknologi, dibandingkan ritel. Hal ini karena GameStop fokus pada pertumbuhan e-commerce.

Selain GameStop, saham AMC melonjak 19 persen dan Koss naik 15 persen.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini