Sukses

Melihat Gaya Yusuf Mansur Pamer Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Investasi saham kini kian populer. Ditambah banyak pesohor yang membeberkan potensi cuan yang dihasilkan dari bisnis ini. Maka tak heran banyak masyarakat yang tergiur untuk mengikuti jejak sang idola.Salah satu tokoh tersebut adalah Ustad Yusuf Mansur.

Ia mengunggah sejumlah saham yang dimilikinya. Pada 6 Januari 2021, Yusuf Mansur mengunggah foto mengenai sejumlah saham emiten BUMN konstruksi dan pemberitaan soal aksi korporasi emiten BUMN kontruksi.

Selanjutnya pada 18 Desember 2020, ia juga mengunggah foto saham dua BUMN konstruksi. Ia juga mengunggah foto saham BUMN dan anak usahanya pada 11 Desember 2020.

Tak hanya itu, ia juga pernah mengungkapkan kalau pernah mendapatkan untung, salah satunya Salah satunya ada saham PT BRI Syariah Tbk (BRIS).  

Melihat laman instagram pribadinya, Ustad Yusuf Mansyur menyebut investasi di saham BRIS telah memberikan cuan berlipat ganda.

Pokoknya 3x lipet," tulis Yusuf Mansur dalam akun instagram tertanggal 7 November 2020. Mengaku sempat menjualnya, Yusuf Mansur menyebut jika ia masih menyisakan saham  BRIS dalam portofolionya.

2 dari 4 halaman

BRI Syariah Bantah Pakai Influencer untuk Umbar Saham

Dalam kesempatan yang berbeda, pihak BRIS mengaku tak pernah memiliki kerja sama dengan pihak manapun untuk mempromosikan saham perseroan. Sehingga bisa dipastikan bahwa ini murni pengalaman pribadi dari tokoh tersebut.

"Dalam 3 bulan terakhir, perseroan tidak memiliki kerjasama dengan media maupun influencer dalam melakukan promosi saham,” ujar Corporate Secretary  BRIS Mulyatno Rachmanto, seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Kamis (7/1/2021).

Bahkan, perseroan juga mengaku tak memiliki program publikasi untuk mempromosikan saham perseroan.

 

3 dari 4 halaman

Pesan BEI kepada Influencer yang Promosi Saham

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan pesan kepada influencer yang mengenalkan soal saham tertentu untuk hati-hati. Baru-baru ini sejumlah tokoh terkenal mengenalkan saham pilihannya seperti Raffi Ahmad dan Ari Lasso.

"Kami akan mengajak para influencer ini untuk diskusi. Di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka kepada para followernya," ujar Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Selasa, 5 Januari 2021.

Ia menambahkan, diskusi tersebut dilakukan dengan tokoh publik untuk mengingatkan ada kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikut influencer jika ada yang merasa dikecewakan. Selain itu, BEI juga akan mengajak tokoh tersebut untuk sekolah pasar modal jika belum mengikuti.

"Kami juga mengajak mereka ikut sekolah pasar modal bagi yang belum pernah mengikuti. Kita ajak diskusi dan sedang cari waktu yang pas,” ujar dia.

BEI juga mengingatkan para pengikut atau follower influencer untuk tetap berhati-hati dalam berinvestasi. “Lakukan due diligence terhadap saham-saham yang akan dibeli dan melakukan cross check ke pihak-pihak yang berkompeten,” kata Laksono.

Selain itu, BEI juga akan meminta penjelasan kepada emiten yang dikenalkan oleh influencer tersebut.

Sebelumnya baru-baru ini, Raffi Ahmad dan Ari Lasso menyampaikan saham pilihan mereka lewat akun media sosial pribadinya. Saham pilihan itu bernama PT M Cash Integrasi Tbk.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini