Sukses

Ternyata, Gaji Pekerja Lepas RI Lebih Tinggi dari Rata-rata Global

Terkuak jika rata-rata tarif yang dipasang para pekerja lepas di seluruh dunia adalah USD 21 per jam

Liputan6.com, Jakarta Sebuah survei menemukan jika meskipun para pekerja lepas menemukan nilai kebebasan dan fleksibilitas untuk menjadi bos bagi diri sendiri, kebahagiaan sangat berhubungan erat dengan pendapatan yang diperoleh.

Ini terungkap dari laporan Payoneer, perusahaan jasa keuangan asal Amerika Serikat (AS). Perusahaan menerbitkan laporan Penghasilan Pekerja Lepas yang diperoleh berdasarkan survei terhadap lebih dari 7.000 pekerja lepas di 150 negara.

Terkuak jika rata-rata tarif yang dipasang para pekerja lepas di seluruh dunia adalah USD 21 per jam, lebih tinggi dari rata-rata tarif dua tahun lalu (2018) sebesar USD 19; dan lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata gaji di tiap negara yang disurvei.

"Dalam dekade terakhir, ekonomi yang mengandalkan pekerja lepas telah tumbuh pesat. Halangan yang tadinya dapat memperlambat atau menghambat kemampuan para pekerja lepas untuk bertumbuh, terkoneksi dan menjadi sukses telah hilang," kata Scott Galit dalam keterangannya, Kamis (23/4/2020).

Bahkan khusus di Indonesia, hasil survei menunjukkan terjadi peningkatan sebesar USD 17 pada 2019 sehingga gaji rata-rata per jam mencapai USD 35, jauh di atas rata-rata gaji global.

Secara garis besar, pekerja lepas berusia sangat muda, dengan hampir 70 persen pekerja lepas yang disurvei berusia di bawah 35 tahun, dan 21 persen berusia di bawah 25 tahun. Di Indonesia, pekerja lepas berusia di bawah 35 tahun mencapai 72 persen, sedikit di atas rata-rata global.

Temuan global menunjukkan bahwa pekerja di awal dan akhir karir benar-benar merupakan tenaga kerja lepas. Adanya gaji tetap dan rasa aman yang diberikan merupakan hal yang mendorong para pekerja untuk mencari pekerjaan tetap di perusahaan seraya membangun keluarga.

"Meskipun pekerja berpengalaman umumnya bergaji besar, di masa yang akan datang, kesenjangan yang ada dapat ditutup, peluang yang ada bagi para pekerja lepas dengan sedikit pengalaman memberikan mereka kemampuan untuk menajamkan dan mengasah keahlian," jelas Galit.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Pendidikan

Selain itu, tingkat pendidikan juga disebut tidak berkorelasi langsung dengan pendapatan tinggi para pekerja lepas. Mereka yang memiliki gelar sarjana tidak menuntut pembayaran lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak bergelar.

Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan masa depan lebih mengutamakan ulasan, referensi, dan banyaknya portofolio, setara dengan pencapaian pendidikan.

Para individu yang secara eksklusif bekerja sebagai pekerja lepas mendapatkan tarif per jam lebih tinggi dan merasa lebih puas dengan gaya hidupnya dibandingkan dengan mereka yang membagi waktu dengan bekerja di sebuah perusahaan.

Sementara para pekerja lepas mendapatkan pendapatan lebih, para perusahaan juga beruntung karena mendapatkan pekerja terbaik tanpa harus memikirkan lokasi atau biaya operasional, sehingga meningkatkan kepuasan di kedua belah pihak.

Dikatakan jika laporan ini memberikan informasi mendalam baru mengenai dunia pekerja lepas, yang merupakan barisan tenaga kerja ambisius dan berani, yang tidak akan puas dengan keadaan status quo.

Popularitas bekerja lepas sangat dikaitkan dengan potensi peluang kerja yang lebih besar, kebebasan, pendapat yang lebih tinggi, dan langkah maju menuju kesetaraan pendapatan.

Lapangan pekerjaan saat ini, yang didukung oleh media sosial, platform pasar global dan pembayaran daring, melengkapi tenaga kerja global dengan semua peralatan untuk menetapkan jalur karir sendiri, memanfaatkan gaya hidup pekerja lepas baik untuk membangun karir penuh waktu, pekerjaan sampingan, atau bahkan memperpanjang karir setelah masa pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini