Sukses

Tower Bersama Siap Tukar Guling Saham dengan Telkom

Batas akhir Conditional Share Exchange Agreement (CSEA) pada akhir Juni 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) siap untuk menjalankan aksi korporasi tukar guling saham (share swap) dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dalam monetisasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Meskipun mengaku sudah siap, Tower Bersama belum bisa menjelaskan kapan aksi share swap tersebut bisa terealisasikan.

Direktur Keuangan Tower Bersama, Helmy Yusman Santoso menjelaskan, perseroan telah memenuhi semua kewajiban untuk bisa menjalankan aksi korporasi tersebut.

"Kalau Mitratel yang penting kewajiban kami sudah dilakukan. Mulai dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk saham baru, sudah di-approve Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tinggal kesiapan TLKM," ujarnya, Selasa malam (23/6/2015).

Dia mengatakan, untuk langkah itu seyogyanya menunggu kepastian dari pihak TLKM. "Kami tunggu saja, kami hormati proses di sana, karena saya tidak begitu mengerti, yang pasti kalau ini kami siap," paparnya.

Manajemen Telkom tetap yakin aksi korporasi tukar guling saham (share swap) dengan TBIG adalah pilihan tepat. "Kami ingin membesarkan bisnis menara. Metodenya bisa buy atau build. Kita lihat mana yang memberi nilai  tertinggi, ketepatan dan juga kepastian. Sejauh ini kami yakin dengan pola share swap itu pilihan yang tepat,” tegas Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo.

Dia mengungkapkan batas akhir Conditional Share Exchange Agreement (CSEA) pada akhir Juni 2015. Saat ini semua sedang dalam tahap evaluasi. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah permintaan persetujuan dari dewan komisaris. Sehingga pihaknya tidak mau berandai-andai jika ada penolakan.

"Kalau kami fokusnya proses governance-nya diikuti. Nanti soal ada penolakan atau persetujuan itu kewenangan dewan komisaris. Tugas kita memberi usulan berupa disetujui, dikomentari, diubah, apapun itu terserah. Pokoknya kita (manajemen) sudah memberikan yang terbaik,” tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini