Sukses

IHSG Berpeluang Naik Didorong Sentimen Regional

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan berada di kisaran 5.210-5.270 pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih diprediksikan menguat pada perdagangan saham Selasa (9/9/2014). Gerak IHSG akan didominasi dari sentimen regional.

Analis PT MNC Securities, Reza Nugraha mengatakan, IHSG berpeluang menguat karena adanya berita stimulus dari bank sentral Eropa.

"Poinnya saat ini di indeks mengalami penguatan, berita stimulus Eropa akan berikan US$ 700 miliar  sampai US$ 1 triliun," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Dia menerangkan, adanya stimulus ini memberikan keuntungan pada negara-negara emerging market. Dengan ada stimulus ini berarti peredaran uang semakin banyak. "Akhirnya emerging market seperti Indonesia terkena dampak positif," kata dia.

Sementara itu, menurut Reza belum ada sentimen dalam negeri berarti yang mendorong maupun menekan laju indeks saham. Reza menuturkan, isu harga BBM bersubsidi naik masih akan lama direspons pasar. Reza mengatakan, IHSG bergerak pada level support 5.210 dan resistance pada level 5.270.

Hal senada dikatakan, Analis PT Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul. Ia mengatakan, indeks saham memiliki peluang naik. Pasalnya, pada penutupan kemarin masih terdapat beberapa saham unggulan yang belum terkerek.

"Secara  psikologi dan teknikal tiap kali indeks all time high, ada potensi  2 sampai 3 persen dari harga tertinggi saya pikir akan naik, blue chipnya juga ada yang belum naik," kata dia.

Dia menjelaskan, tenaga pendorong IHSG datang dari regional terkait dengan data neraca perdagangan China yang mencatatkan surplus. Jemmy mengatakan, pada perdagangan saham kali ini indeks berada pada level support 5.217 dan resistance 5.262.

Rekomendasi saham

Pada perdagangan kali ini, Reza merekomendasikan saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Sementara Jemmy memilih saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Tambang Batu Bara Bukit Asam Tbk (PTBA).

IHSG ditutup pada level 5246,48 naik sebanyak 29,14 poin atau 0,56 persen pada perdagangan kemarin (8/9/2014). (Amd/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.