Sukses

Mengenal Indahnya Danau Sentarum, Wisata Alam Memesona di Kalimantan

Danau Sentarum terkenal sebagai wisata alam indah di Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menyimpan kekayaaan alam indah dan memesona. Negara ini memiliki kekayaan alam mulai dari pegunungan megah hingga pantai yang cantik.

Hampir di setiap daerah di Indonesia ada banyak wisata alam yang menarik dan bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Salah satunya adalah wisata danau di Kalimantan Barat yang dikenal dengan nama Danau Sentarum.

Danau Sentarum terkenal sebagai salah satu danau terbesar di Provinsi Kalimantan Barat atau tepatnya berada di Kabupaten Kapuas Hulu. Memiliki luas danau sekitar 132.000 ha menjadikan danau ini secara administrasi masuk dalam 7 wilayah kecamatan.

Kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Batang Lupar, Kecamatan Jongkong, Kecamatan Selimbau, Kecamatan Suhaid, Kecamatan Badau, Kecamatan Nanga Kantuk, hingga Kecamatan Bunut.

Danau ini tidak hanya menampilkan pesona kemegahan danaunya yang luas tetapi juga dikelilingi oleh pemandangan alam indah lainnya. Melansir dari situs resmi KemenLHK, Danau Sentarum mempunyai pemandangan eksotis dengan keteduhan pohon-pohon tua di sekitarnya.

Kemudian Danau Sentarum juga dikelilingi oleh gunung yang berderet indah misalnya Gunung Panggurdulung, Gunung Meliau, Gunung Peninjauan, hingga beberapa perbukitan cantik.

Sebagai informasi, Danau Sentarum dikenal sebagai danau musiman dan ketika musim penghujan danau ini berfungsi sebagai tadah air yang mengisi Sungai Kapuas. Serta menjadi sumber air untuk Sungai Kapuas yang turut mengaliri beberapa kota.

Tempatnya juga terkenal sebagai destinasi wisata alam yang menarik terutama untuk dinikmati dari perbukitan sekitar. Para wisatawan bisa melihat pemandangan danaunya di musim penghujan bagaikan perairan luas seperti lautan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjadi Kawasan Taman Nasional

Mengutip dari Antara, Danau Sentarum ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional sejak tahun 1999. Diketahui sebelumnya, pada tahun 1981 hingga 1982, kawasan Danau Sentarum sempat berstatus menjadi cagar alam.

Kemudian sejak tahun 1983, kawasan ini juga sempat berstatus sebagai kawasan suaka margasatwa. Beberapa tahun kemudian status kawasan Danau Sentarum ditetapkan jadi kawasan Taman Nasional.

Sebagai informasi, setelah ditetapkan sebagai kawasan taman nasional, Danau Sentarum memiliki beberapa bagian dengan zona-zona tertentu. Di antaranya zona inti, zona rimba, zona khusus, zona rehabilitasi, zona tradisional, hingga zona pemanfaatan bidang wisata.

Danau ini juga memiliki lokasi penangkaran ikan arwana yang dikenal sebagai salah satu habitat aslinya. Sehingga, danau ini menjadi bagian penting untuk melestarikan flora hingga faunanya.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Danau Sentarum

Danau Sentarum secara administratif berada dalam 7 kecamatan di antaranya Kecamatan Batang Lupar, Kecamatan Jongkong, Kecamatan Selimbau, Kecamatan Suhaid, Kecamatan Badau, Kecamatan Nanga Kantuk, hingga Kecamatan Bunut.

Lokasi danau ini terletak sekitar 700 km dari Pontianak dan bisa dikunjungi pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Para wisatawan bisa membayar tiket masuk sekitar Rp15 ribu hingga Rp25 ribu per orang.

Untuk mencapai lokasi Danau Sentarum, wisatawan bisa memilih rute perjalanan darat dan air. Perjalanannya bisa memakan waktu sekitar 14 jam dengan rute dari Pontianak, Sintang, hingga Semitau.

Kemudian ketika tiba di Semitau, wisatawan bisa melakukan perjalanan menggunakan perahu motor menuju Lanjak yang lokasinya dekat dengan Danau Sentarum. Diketahui wisatawan juga bisa menggunakan jalur udara.

Perjalanan dimulai dengan terbang dari kota Pontianak ke Putussibau dengan waktu sekitar dua jam. Kemudian di Putussibau, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan longboat dengan perjalanan sekitar tujuh jam untuk mencapai Nanga Suhaid yang dekat dengan Danau Sentarum.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Danau Sentarum

Sebagai tempat wisata alam yang masih asri dan memesona ada banyak daya tarik yang harus diketahui para pencinta alam. Salah satunya adalah pemandangan alamnya yang memesona.

Danau Sentarum menyajikan pemandangan alam indah dengan danau luas bagaikan lautan dan pemandangan gunung yang mengelilingi sekitarnya. Kemudian air di danau ini terkenal jernih dan berpadu satu dengan pepohonan di sekitarnya.

Dikenal sebagai Kawasan Taman Nasional, danau ini juga memiliki perbukitan hijau dan lebat yang menambah pesona alamnya. Bahkan, di sekitar danaunya juga terdapat sungai-sungai yang merupakan bagian penting untuk ekosistem sekitarnya.

Para wisatawan bisa menikmati pemandangan indah Danau Sentarum dengan menggunakan perahu. Kemudian jika beruntung bisa melihat keindahan hayati yang luar biasa di sekitar Danau Sentarum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.