Sukses

Mengenal Curug Cileat, Air Terjun Memesona di Subang

Curug Cileat merupakan salah satu air terjun tertinggi di Subang. Tempat ini cocok dikunjungi para pecinta alam dan orang yang gemar trekking di alam.

Liputan6.com, Bandung - Air terjun masih menjadi destinasi wisata alam menarik yang mempunyai pesonanya tersendiri. Pasalnya, tempat ini populer sebagai tempat wisata para pecinta petualang yang ingin menikmati keindahan alam.

Beberapa lokasi air terjun biasanya berada di tengah-tengah hutan atau alam yang luas sehingga para pengunjungnya akan menikmati keindahan alam lain selama perjalanannya. Berkunjung ke air terjun juga kerap jadi kegiatan positif bagi para pecinta trekking di alam.

Air terjun tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau tetapi juga pengalaman indah yang bisa dikenang. Sebagai informasi biasanya air terjun terletak di daerah pegunungan atau hutan.

Tempat ini juga biasanya jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang membawa ketenangan bagi para pengunjungnya. Terutama untuk wisatawan yang ingin healing dan menikmati suara gemuruh air dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

Kemudian berwisata ke air terjun juga memiliki kelebihan tersendiri terutama untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Para pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan alam tetapi juga melakukan aktivitas hiking atau trekking.

Aktivitas fisik tersebut bisa memperkuat tubuh seseorang dan membantu tubuh mengalami pengalaman berolahraga yang menyenangkan. Udaranya yang segar juga membawa semangat yang tinggi ketika berolahraga.

Saat ini di Indonesia sendiri ada banyak tempat air terjun menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun Cileat atau dikenal dengan nama Curug Cileat yang ada di daerah Subang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Curug Cileat?

Melansir dari situs Pemda Kabupaten Subang Curug Cileat merupakan air terjun yang berlokasi di Kampung Cibogo, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak. Tempatnya berada di tebing-tebing tinggi dan berada di bawah kaki Gunung Canggah.

Air terjun ini juga termasuk dalam air terjun tertinggi di Subang dan masih mempunyai keasrian yang sangat terjaga. Lokasinya juga berada di area yang belum ramai karena tersembunyi di balik hutan dan persawahan.

Bagi pengunjung yang ingin mendatangi Curug Cileat harus melalui perjalanan panjang dengan mengikuti sungai dan hutan untuk mencapai kawasannya. Lokasinya juga belum bisa dilalui oleh kendaraan sehingga harus melakukan trekking beberapa kilometer.

Sehingga, pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun ini dianjurkan mempunyai daya fisik yang kuat karena perjalanannya yang jauh dengan berjalan kaki.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Curug Cileat

Curug Cileat berlokasi di Kampung Cibogo, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempat ini mempunyai tarif tiket masuk sekitar Rp10 ribu per orang dan terdapat tarif parkir untuk motor Rp 10 ribu dan mobil Rp 20 ribu.

Rute menuju Curug Cielat juga bisa diakses menggunakan kendaraan umum yaitu menggunakan ELF jurusan kota Subang dan turun di Tugu Nanas Cagak. Kemudian dilanjutkan dengan turun di Desa Gardusayang dan menaiki ojek ke Desa Mayang atau Kampung Cibago.

Setelah menaiki ojek pengunjung bisa meneruskan perjalanan jalan kaki melalui jalan setapak kurang lebih sekitar 3 km. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dari kota Subang bisa menempuh perjalanan menuju Parung dan melalui Alun-Alun Cisalak.

Kemudian masuk ke Desa Gardusayang dan melanjutkan perjalanan ke Desa Mayang dan terdapat petunjuk jalan “Curug Cileat”. Sementara bagi pengunjung yang datang dari kota Bandung menempuh jarak sekitar 31,9 km.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Curug Cileat

Curug Cileat mempunyai daya tarik utama berupa kemegahan air terjunnya yang menjulang tinggi. Para pengunjung bisa melihat pemandangan air yang jatuh dari ketinggian dan suasana yang segar di sekitarnya.

Pada momen tertentu air terjun ini juga bisa menampilkan efek pelangi di sekitar air terjunnya jika disinari matahari. Selain keindahan curugnya perjalanan menuju tempat ini juga menempuh proses yang panjang.

Namun, para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam sekitar yang cantik dan bisa melalui beberapa air terjun lain seperti Curug Citorok, Curug Cimuncang, Curug Cimuncang Pasir, hingga Curug Anak Cileat.

Menikmati wisata alam di Curug Cileat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam yang kuat berjalan kaki dengan perjalanan yang panjang. Tempat ini juga menyediakan area berkemah yang bisa disewa untuk bisa lebih menikmati liburan di alam yang tak terlupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini