Sukses

Menjamah Hutan dan Sungai Kota, 2 Lokasi Ini Bisa Masuk Lis Libur Panjang di Bandung

Dua lokasi asri di tengah Kota Bandung ini bisa menjadi daftar tujuan mengisi libur panjang di Bandung. Cocok bagi yang ingin menikmati sejuknya alam Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Banyak tujuan wisata yang bisa jadi pilihan saat menikmati libur panjang di Bandung, di antaranya adalah Babakan Siliwangi dan Teras Cikapundung.

Dua lokasi itu amat cocok bagi wisatawan yang sedang ingin lebih menjamah, atau dijamah, oleh suasana sejuk alam yang asri.

Babakan Siliwangi atau Baksil merupakan wilayah hutan kota yang masuk wilayah Kecamatan Coblong. Lokasinya dekat Kawasan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Kebun Binatang Bandung.

Baksil kerap dikunjungi baik pagi, sore atau malam hari. Di sana, ada beberapa spot kafe serta galeri seni. Selain itu, fasilitas lain yang disediakan yakni "forest walk".

Forest walk berupa jembatan kayu khusus pejalan bagi pejalan kaki. Jembatan ini membentang dua kilometer, memutar mengelilingi rindang pohon di Taman Babakan Siliwangi. Forest walk cocok untuk jadi sarana rekreasi sambal olahraga.

 

Teras Cikapundung pun terletak tak jauh dari Baksil. Teras Cikapundung adalah taman kota yang letaknya persis di bantaran Sungai Cikapundung.

Pemerintah Kota Bandung bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) diketahui akan meresmikan reaktivasi kawasan BBWS Teras Cikapundung pada 26 Mei 2024 ini.

Reaktivasi ini untuk mendorong kawasan Teras Cikapundung agar dapat dimaksimalkan menjadi pilihan objek wisata unggulan di Kota Bandung.

Kawasan Teras Cikapundung juga bisa digunakan masyarakat untuk aktivasi kegiatan, mulai dari pertunjukkan seni, olahraga (senam), hingga kegiatan diskusi publik.

Belum lama ini, Pemkot Bandung bersama komunitas dan masyarakat pecinta alam menggelar bersih-bersih sebagai persiapan Gelaran Mengekspresikan Rindu Cikapundung (Gemericik) di Teras Cikapundung pada 16 Mei 2024 lalu. Sekitar 300 peserta ambil bagian dalam aksi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini