Sukses

Mengenal Punthuk Setumbu, Lokasi Syuting AADC dengan Pemandangan Romantik Estetik

Punthuk Setumbu merupakan tempat wisata alam menarik yang terkenal dengan pemandangan indahnya. Tempat ini bahkan pernah menjadi lokasi syuting film AADC 2.

Liputan6.com, Bandung - Punthuk Setumbu dikenal sebagai sebuah bukit yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona dan menjadi spot berburu sunrise.

Selain terkenal karena pemandangan alamnya Punthuk Setumbu juga pernah menjadi lokasi syuting film populer “Ada Apa Dengan Cinta 2” atau dikenal dengan judul AADC 2 yang rilis pada 2016 lalu.

Melalui film tersebut lokasi Punthuk Setumbu menjadi saksi momen romantis antara pemeran utama filmnya. Terutama ketika keduanya menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang Candi Borobudur.

Sejak itu lokasinya juga menjadi spot wisata yang populer di antara wisatawan lokal dan mancanegara. Melansir dari situs Visit Jawa Tengah Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan matahari terbit.

Pasalnya para pengunjung bisa melihat keindahan matahari terbit dengan latar Gunung Merapi Merbabu dan megahnya Candi Borobudur di pagi hari. Diketahui bukit ini mempunyai tinggi kurang lebih 400 meter mdpl dan terletak di gugusan Pegunungan Menoreh.

Sebelum dikenal sebagai spot tempat wisata dulu tempat ini merupakan ladang penduduk. Namun setelah adanya gambar sunrise cantik dari borobudur tempatnya menjadi menarik untuk menyaksikan matahari terbit.

Kemudian tempat ini juga semakin populer di antara wisatawan lokal setelah menjadi tempat romantis dalam film populer AADC 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu berlokasi di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempatnya buka setiap hari mulai dari pukul 04.00 hingga 17.30.

Melansir dari ulasan Google Punthuk Setumbu memiliki rating 4.6 dari total 8.824 pengguna. Fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap mulai dari mushola, parkir, warung makan, hingga toilet umum.

Lokasi Punthuk Setumbu juga berada di belakang Candi Borobudur dengan jarak tempuh sekitar 3,5 km. Sehingga dari pintu gerbang Candi Borobudur para wisatawan bisa belok ke arah kiri menuju jalan Borobudur - Ngadiharjo - Punthuk Setumbu.

Para wisatawan akan melalui perjalanan yang melewati Svargabumi Borobudur hingga menemukan petunjuk arah ke Punthuk Setumbu. Kemudian terdapat pemandangan indah dari pedesaan sekitarnya.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Terdapat banyak hal menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke Punthuk Setumbu pasalnya terdapat banyak daya tarik seperti berikut:

1. Menikmati pemandangan matahari terbit

Hal pertama yang menjadi daya tarik Punthuk Setumbu adalah menikmati pemandangan matahari terbit yang mempesona. Pasalnya bukit Punthuk Setumbu menjadi salah satu spot terbaik menikmati sunrise.

Diketahui wisatawan bisa melihat langsung pemandangan cantik matahari terbit dengan latar belakang Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan megahnya Candi Borobudur yang biasanya dikelilingi oleh pemandangan kabut.

Kemudian terdapat Gereja Ayam yang menjadi lokasi syuting film AADC 2 yang bisa terlihat dari bukit Punthuk Setumbu.

2. Hiking melihat matahari terbit

Para wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit bisa menaiki bukit sejauh 300 meter dalam waktu tempuh sekitar 10 menit dari loket penjualan. Sehingga wisatawan dianjurkan memiliki kondisi fisik yang baik karena medan perjalanannya yang menanjak.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Berikutnya

3. Bersantai sambil menunggu matahari terbit

Biasanya wisatawan dianjurkan untuk datang sebelum pukul 05.00 WIB untuk bisa menikmati matahari terbitnya. Sehingga ketika mencapai puncak wisatawan bisa beristirahat sejenak sambil bersantai menunggu matahari terbit.

Kemudian terdapat rumah panggung, gazebo, hingga kursi-kursi kayu yang bisa digunakan untuk menanti matahari terbit. Kemudian setelah menikmati pemandangan menakjubkan wisatawan bisa bersantai sejenak sambil beristirahat.

4. Berfoto dengan latar pemandangan indah

Selain menikmati pemandangan matahari terbit yang cantik pengunjung juga dianjurkan mengabadikan momen dengan latar pemandangan yang indah. Selain berfoto dengan latar pemandangan tersebut para fotografer bisa mengabadikan pemandangan alam sekitar.

Diketahui pemandangan yang menakjubkan bisa disaksikan ketika kabut yang ada di sekitar Borobudur perlahan terangkat naik dan matahari terbit perlahan dari balik gunung tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.