Sukses

Kabar Duka, Anggota DPR Fraksi Nasdem Haerul Amri Meninggal Dunia

Anggota DPR Fraksi NasDem Haerul Amri dikabarkan meninggal dunia. Berikut profil singkat almarhum dan pendidikan yang pernah ditempuhnya.

Liputan6.com, Bandung - Anggota Komisi X DPR RI Haerul Amri atau akrab dikenal dengan nama Gus Aam dikabarkan meninggal dunia pada Senin (6/5/2024). Anggota Komisi X DPR Ri Khadafi menyebutkan Haerul Amri meninggal dunia saat kegiatan kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan.

“Iya benar. Pas lagi kunker ke Sumatera Selatan, setelah makan siang beliau merasa kurang sehat” kata Khadafi mengutip dari Antara.

Kemudian kabar duka tersebut juga dibenarkan oleh anggota DPR RI lainnya yaitu Luluk Nurhamidah. Pihaknya turut menyampaikan belasungkawa atas kepergian rekan kerjanya tersebut.

Luluk menyebutkan bahwa sosok Haerl dikenal sebagai kader muda Nahdhatul Ulama (NU) yang cemerlang dan aktif dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kepergian Haerul Amri tentunya membuat banyak orang kehilangan mengingat bagaimana kebaikannya selama hidup.

“Saya sangat merasa kehilangan dan berduka. Mas Aam kader muda NU yang cemerlang, orang baik, pejuang, legislator, yang menjaga integritas, kritis, dan punya komitmen pada kaderisasi pemimpin muda,” ucapnya.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI Willy Aditya juga membagikan ucapan belasungkawa atas kepergian Gus Aam. Menurutnya almarhum adalah orang yang organisatoris serta memiliki sifat rendah hati dan humanis.

“Kehadiran beliau senantiasa menjadi penyejuk dan pencair suasana dalam pergaulan di NasDem selama ini,” kata Willy Aditya.

Sebagai informasi Haerul Amri atau Gus Aam menjabat sebagai Anggota Komisi X DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur II. Almarhum juga menjabat sebagai Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pemuda dan Olahraga serta Sekretaris Jenderal Garda Pemuda NasDem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Haerul Amri

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber Haerul Amri lahir pada tanggal 13 Oktober 1972 di Karawang, Jawa Barat. Haerul pernah menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD Tanah Baru Karawang sejak 1981 hingga 1987.

Kemudian Haerul juga pernah menempuh pendidikan SMP di MTS Rawamerta karawang pada 1987 hingga 1989. Serta melanjutkan pendidikannya di MAN Babakan Ciwaringin sejak tahun 1989 hingga 1991.

Setelah berhasil lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Haerul Amri melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Tercatat Haerul menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur pada tahun 1991 hingga 1999.

Haerul kemudian melanjutkam pendidikan magisternya yaitu Magister Agama Islam di Universitas yang sama saat Haerul menempuh pendidikan sarjana.

3 dari 3 halaman

Aktif Sejak Menjadi Mahasiswa

Ketika menempuh pendidikan menjadi mahasiswa, Haerul termasuk dalam salah satu murid yang aktif mengikuti organisasi. Haerul pernah bergabung sebagai aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Bersama organisasi tersebut Haerul mulai merintis jenjang kariernya semakin bersinar terutama pada periode 1996 hingga 1997. Tercatat Haerul pernah menjadi Ketua PC PMII Jombang dan di tahun yang sama dipercaya sebagai Ketua PKC PMII Jawa Timur.

Jabatan tersebut berhasil Haerul duduki untuk periode 2000 hingga 2002 dan setelahnya pernah menjabat sebagai Bendahara Umum PP GP Ansor pada tahun 2010 hingga 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini