Sukses

Kenalan dengan Si Caro, Maskot Pilgub Sumbar 2024

Si Caro merupakan singkatan dari 'Cadiak Basuaro'.

Liputan6.com, Padang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan maskot pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat 2024.

Komisioner KPU Sumbar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sumbar, Jons Manedi mengatakan, maskot terpilih untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar yaitu Si Caro, karena identik dengan salah satu ikon Sumbar atau Minangkabau.

"KPU bakal meluncurkan maskot ini pada 18 Mei 2024 mendatang," katanya melalui siaran pers yang dikutip pada Jumat (26/4/2024).

Ia menjelaskan, Si Caro merupakan singkatan dari Cadiak Basuaro. Hal ini diambil dari gambar Carano dan orang Minang yang pandai Basilek layaknya orang Minang yang Cadiak Pandai.

Si Caro adalah karya dari Zikri warga Kelurahan Lolong Balanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

"Filosofinya, karena menjelang pemilu seakan kita menjadi pelayan masyarakat, dan ini kuncinya berada di janang atau manatiang Carano untuk mengimbau orang untuk datang sebagai peserta pemilu dan pemilih di pemilu," kata dia.

Menurutnya, maskot Si Caro tersebut sesuai kriteria yang telah disepakati yaitu memperlihatkan sudut pandang kepemiluan dan demokrasi.

Kemudian budaya lokal dan identitas Sumbar, non-partisan, menarik, imajinatif, inovatif, ramah, modern dan memotivasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada Pilkada Sumbar 2024.

"Kami harap dengan ditetapkan Si Caro, maskot ini dapat membantu untuk jadi bahan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dan menarik minat pemilih untuk hadir di Pilkada Sumbar 2024 mendatang," ia menambahkan.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.