Sukses

Mengenal Arti 'YGY', Istilah Viral yang Sering Digunakan di Media Sosial

Saat ini, media sosial banyak memiliki istilah gaul yang viral. Salah satunya istilah 'YGY' yang kerap digunakan oleh pengguna TikTok dan platform lainnya.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki era digital seperti saat ini mempermudah banyaknya istilah gaul yang menarik. Salah satunya istilah “YGY” yang sering ditemukan di berbagai platform media sosial terutama TikTok.

Sebagai informasi, istilah “YGY” merupakan istilah gaul atau slang yang berasal dari singkatan “Ya Ges Ya”. Diketahui istilah tersebut sering digunakan oleh anak muda di media sosial dan bahasa sehari-hari.

Istilahnya digunakan dalam percakapan informal atau bahasa sehari-hari di antara anak muda Indonesia. Sebagai istilah gaul “YGY” ternyata memiliki arti yang sama dengan arti “Iya” atau “Iya deh”.

Singkatnya, kata YGY merupakan singkatan dari perpaduan beberapa kata yaitu kata “Ya” atau “Iya” dan kata “Ges” yang berasal dari kata “Guys” atau merujuk kepada teman-teman atau banyak orang di sekitarnya.

Penggunaan istilah ini menjadi tren di antara anak muda karena dinilai lebih fleksibel dan ringkas untuk digunakan. Kemudian istilah “YGY” biasanya digunakan dalam kalimat sederhana biasa yang mempunyai tujuan untuk meyakinkan seseorang.

Misalnya, ketika seseorang memberikan pernyataan tentang sesuatu dan mengakhiri kalimatnya dengan kata “YGY”. Kemudian, bisa juga digunakan untuk banyak hal yang merujuk pada banyak orang.

Salah satu contoh penggunaan istilah ini adalah “Hidup itu tidak selamanya di atas tetapi juga bisa di bawah ygy (ya ges ya)”. Kemudian contoh lainnya “Sebentar aku mau makan dulu ygy (ya ges ya)”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Istilah Gaul Lainnya di TikTok

Selain istilah “YGY” saat ini di media sosial terutama TikTok memiliki banyak istilah gaul yang kerap digunakan para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa istilah gaul yang biasanya digunakan di platform TikTok.

1. TBL

Istilah gaul “TBL” sudah lama viral di media sosial dan pertama kali ramai setelah banyak digunakan di platform TikTok. Diketahui “TBL” berasal dari singkatan yang berarti “Takut Banget Loh”.

Istilah ini menjadi sorotan publik usai salah satu influencer TikTok bernama Bondol kerap menggunakan istilah “TBL”. Sejak itu istilahnya sering digunakan oleh warganet lain sebagai arti untuk mengungkapkan rasa ketakutan dengan bahasa gaul.

2. POV

Istilah “POV” ramai digunakan di media sosial TikTok karena banyak para kreator yang sering membuat konten parodi hingga konten ilustrasi. Istilah “POV” berasal dari singkatan bahasa Inggris yaitu “Point of View”.

Biasanya istilah POV digunakan pada konten video yang memiliki gaya pengambilan angle video dari sudut pandang tertentu. Contohnya, “POV menjadi semut” atau “POV menjadi pegawai SPBU” dan lain-lain.

Istilah ini digunakan sebagai informasi bahwa konten tersebut menampilkan sudut pandang tertentu.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. NT

“NT” merupakan istilah gaul yang tidak hanya viral di media sosial TikTok tetapi kerap digunakan di antara para gamers. “NT” merupakan singkatan dari kalimat “Nice Try” yang merujuk untuk seseorang yang gagal pada sesuatu.

Misalnya seseorang yang gagal menyatakan cintanya atau ditolak oleh orang yang disukainya sehingga orang lain menyebutkan kegagalan tersebut dengan istilah “nice try” karena sudah mau mencoba.

Sama halnya dalam dunia permainan atau gamers istilah “NT” kerap digunakan ketika orang tersebut mati atau gagal menang dalam permainannya.

4. IB

Istilah “IB” merupakan salah satu istilah gaul yang sering berseliweran di media sosial TikTok. Pasalnya, istilah ini sering digunakan oleh para konten kreator yang membuat konten serupa dari beberapa kreator lainnya.

Diketahui istilah “IB” berasal dari singkatan “Inspired By” yang artinya “terinspirasi oleh”. Biasanya digunakan untuk orang yang membuat konten dan terinspirasi dari konten kreator lainnya.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Pick Me Girl

Baru-baru ini kamu mungkin sering mendengar istilah “Pick Me Girl” di platform media sosial terutama TikTok. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan seorang perempuan yang selalu bertingkah seolah dia adalah sosok yang berbeda dari perempuan lain.

Biasanya tingkah berbeda tersebut untuk mendapat perhatian atau pujian dari pria lain agar memilihnya sebagai sosok yang berbeda dari perempuan kebanyakan.

6. Spill

Istilah “Spill” tidak hanya populer digunakan dalam platform TikTok tetapi juga platform media sosial lainnya seperti X (Sebelumnya Twitter). Secara umum arti “Spill” sendiri adalah “Menumpahkan”.

Namun, dalam media sosial istilah ini digunakan untuk meminta seseorang menumpahkan berita atau menceritakan sesuatu seperti gosip hangat terbaru. Istilah “spill” juga sering digunakan untuk meminta seseorang memberitahu barang yang mereka beli.

Contoh penggunaan spill seperti berikut “spill ceritanya”, “spill beli bajunya dong”, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini