Sukses

Keseruan Atraksi 'Animal Edutainment' Taman Satwa Cikembulan Garut Hibur Pemudik Saat Arus Balik

Puncaknya hari Sabtu dan Minggu kemarin ada sekitar 5.000-an pengunjung yang datang ke Taman Satwa Cikembulan Garut.

Liputan6.com, Garut - Momen arus balik mudik lebaran 2024, menjadi berkah bagi pengelola Taman Satwa Cikembulan, Garut, Jawa Barat. Ribuan pemudik terutama yang tengah melaksanakan arus balik, sengaja menepi sejenak melepas lelah dengan bercengkrama bareng satwa di Taman Cikembulan.

“Puncaknya hari Sabtu dan Minggu kemarin ada sekitar 5.000 an pengujung yang datang,” ujar Rudi Arifin, Pengelola Taman Satwa Cikembulan, dalam obrolan hangatnya, Selasa (16/4/2024).

Menurutnya, liburan mudik lebaran setiap tahun memang menjadi berkah bagi pengelola taman satwa, seiring melimpahnya kunjungan, terutama pemudik yang datang ke Kota Intan.

“Kebetulan lokasi kami juga dekat akses jalur mudik, jadi banyak dimanfaatkan pemudik untuk berlibur,” kata dia.

Berada dekat jalur mudik Garut-Bandung di wilayah Kadungora. Hiburan satwa yang menggemaskan menjadi hiburan alternatif bagi pemudik, terutama saat arus balik 2024 berlangsung.

“Untuk liburan lebaran kali ini kami memiliki wahana baru 'Animal Edutainment',” Rudy menarangkan.

Permainan itu memberikan keleluasaan bagi seluruh pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan beberapa satwa jinak nan menggemaskan, yang telah disiapkan pihak pengelola.

“Kami juga siapkan karyawan yang telah paham dan kenal dengan kebiasaan hewan yang telah kami siapkan,” ujar Willy Ariesta, koordinator taman satwa Cikembulan menambahkan.

Dalam permainan itu, pengelola menampilkan beberapa burung pintar seperti burung kakaktua Makau, elang, burung hantu rusa Timor, hingga burung nuri bayan untuk berinteraksi dengan pengunjung liburan lebaran 2024.

“Pengunjung bisa berfoto, puding ternak (ngasi makanan hewan) hingga menyentuh hewan secara langsung,” kata dia.

Sementara bagi pengunjung yang senang memberikan makanan secara langsung, pengelola menyediakan paketan puding makanan ternak dengan harga terjangkau. “Satu paketan seharga Rp5.000,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libur Saat Ramadan

Selain harimau yang mendapatkan jenis makanan daging, puding makanan yang disediakan pengelola diperuntukan bagi rusa, kelinci dan jenis hewan herbivora lainnya.

“Sedikitnya kami sediakan sekitar 150 paket pakan dalam satu jam habis dipesan pengunjung, kami juga tetap pantau untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” papar dia.

Walhasil, seluruh pengunjung liburan lebaran 2024 terutama anak-anak dan kalangan emak-emak nampak terhibur bisa bisa berinteraksi langsung dengan satwa lucu pilihannya. “Ada kepuasan tersendiri dari pengunjung saat mereka memberikan makanan kepada satwa yang mereka pilih,” kata dia.

Rudy menerangkan, selama Ramadan berlangsung pengelola taman satwa memilih "mengistirahatkan" seluruh satwa untuk mendapatkan treatmen kesehatan dan perawatan seluruh kandang.

"Kami sengaja memilih untuk ‘puasa’ dari pengunjung agar hewan lebih sehat," kata dia.

Dampaknya mulai Syawal hingga Ramadan berikutnya tiba, kesehatan satwa lebih terjaga sehingga mampu menampilkan aksi lucu untuk mengibur pengunjung.

“Buat kami perlakuan yang baik terhadap hewan sama dengan menjaga aset berharga kami dengan baik,” ujar dia bangga.

Rudy berharap, di tengah arus balik 2024 yang masih berlangsung di jalur mudik Garut-Bandung, kehadiran Taman Satwa Cikembulan mampu memberikan hiburan menarik, sekaligus pendidikan bagi anak-anak.

“Permainan Animal Edutainment’ mendapatkan apresiasi cukup tinggi dari pengunjung yang datang,” kata dia bangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini