Sukses

Arus Mudik Jalur Nasional Limbangan-Malangbong Garut Berjalan Lancar

Sampai jam 20.40 WIB malam ini, arus lalu lintas bisa dilihat di google map untuk kiriman dari Bandung sudah menyepi.

Liputan6.com, Garut - Arus mudik jalur nasional selatan via jalur Limbangan-Malangbong, Garut, Jawa Barat berlangsung lancar. Puncak arus mudik 2024 telah berlalu dan hanya menyisakan pemudik biasa dengan kondisi arus lalu lintas terkendali.

"Alhamdulillah sampai jam 20.40 WIB malam ini, arus lalu lintas bisa dilihat di Google Map untuk kiriman dari Bandung sudah menyepi," ujar Kasatlantas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi, saat dikonfirmasi, Senin (8/4/2024).

Menurutnya, puncak arus mudik 2024 via Limbangan-Malangbong sudah berlangsung Sabtu-Minggu kemarin. Kiriman arus kendaraan pemudik baik roda dua termasuk roda empat tercatat cukup signifikan.

"Sejak awal memang kami memprediksi puncak (arus mudik 2024) bakal di hari Sabtu-Minggu kemarin, tapi kami sudah siapkan semuanya demi kelancaran pemudik," papar dia.

Dampaknya, dalam 24 jam terakhir hingga malam ini, kondisi arus kendaraan pemudik yang berasal dari barat menuju timur terus berkurang.

"Begitu juga di Limbangan, Lewo, Malangbong juga cukup terkendali tidak ada kemeriahan (kemacetan)," kata dia.

Aang menyatakan, selama musim mudik lebaran 2024 berlangsung, kondisi arus lalu lintas via jalur Limbangan-Malangbong berlangsung nyaris tanpa gangguan berarti.

"Strategi kami juga menguras kendaraan pada siang hari dengan CB One Way berlangsung sukses, sehingga tidak ada ceritanya di jalur limbangan-Malangbong pemudik tertahan berjam-jam," papar dia bangga.

Selain obral CB one way, hal lain yang mendukung lancarnya arus mudik melalui jalur Limbangan-Malangbong yakni minimnya kecelakaan dan tertibnya masyarakat dalam mendukung petugas di sepanjang jalur mudik.

"Dukungan masyarakat juga bagus, sempat ada beberapa pemilik delman yang mencoba masuk jalur, tapi mereka mengakui kesalahannya dan memilih berhenti setelah diberikan dana kompensasi," ujar dia.

Aang berharap selain arus mudik lebaran 2024 berlangsung lancar, para pemudik bisa sampai tempat tujuan dengan kondisi selamat untuk bertemu sanak keluarganya.

"Atas nama Ditlantas Polda Jabar dan Satlantas Polres Garut, kami sampaikan selamat idul fitri 2024 minal aidin walfaidzin," ungkap Aang dengan bangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.